Jerawat memang selalu jadi masalah nomor satu buat remaja seperti kita. Tapi, kenapa ya remaja rentan jerawatan? Nah, ini dia jawabannya!

Hormon

Perubahan hormon yang masih labil jadi salah satu penyebab kenapa jerawat tiba-tiba muncul di wajah kita. Tidak usah khawatir, ini normal di usia puber. Setelah melewati masa puber, hormon kita akan stabil kok.

Minyak berlebih

Buat yang jenis kulitnya berminyak, resiko jerawat bisa menjadi dua kali lebih besar, karena produksi minyak berlebih membuat kolikel rambut pada wajah dan pori-pori kita tersumbat dan menghasilkan jerawat.

Kosmetik

Bedak dan foundation yang tebal dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, tidak bisa bernapas dan akhirnya menimbulkan jerawat. Apalagi jika sebelum tidur kita tidak membersihkan muka yang masih penuh make-up. Nah ini juga bikin remaja rentan jerawatan.

Sel kulit mati

Campuran sel kulit mati dan minyak berlebih juga bikin kita rentan jerawatan, karena akan menyumbat pori-pori dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Genetik

Kalau orangtua kita punya wajah yang cenderung berjerawat, besar kemungkinan “bakat” tersebut akan diturunkan ke kita.

Lingkungan

Sinar matahari yang terik, asap knalpot dan polusi udara yang bercampur keringat dan make-up menjadi penyebab kulit remaja rentan berjerawat.

Stres

Kalau kita stres menghadapi ujian atau lagi berantem dengan pacar, jerawat dapat muncul karena kadar androgen penghasil komedo dalam tubuh meningkat, yang pada akhirnya menyebabkan jerawatan.

Bakteri

Bakteri acne adalah penyebab utama munculnya jerawat, dan berkembang biak dalam kelenjar minyak yang tersumbat. Jika tidak segera ditangani, bakteri dapat berkembang biak dan menyebar ke wilayah kulit lainnya.

Selalu menyentuh wajah

Terlalu sering menyentuh kulit wajah dengan tangan yang tidak kita sadari kotor oleh kuman juga merupakan penyebab kita rentan jerawatan.