"Apa aja sih?"

Guys, gak bisa dipungkiri para pria memang cenderung lebih cuek terhadap masalah perawatan wajah dibanding perempuan. Lebih buruknya lagi, para cowok suka melakukan kebiasaan-kebiasaan yang justru memperburuk kondisi kulit wajah mereka. Supaya kamu terhindar dari hal tersebut, yuk simak apa saja kebiasaan yang harus dihindari!

1. Memencet Jerawat

https://media.gqindia.com/wp-content/uploads/2016/05/Pimples.jpg

Ini dia nih, yang kadang luput dari perhatian dan dianggap sepele oleh banyak orang: Sembarangan memencet jerawat. Meski rasanya sulit menahan hasrat untuk memecahkan jerawat yang sudah ‘matang’, ada baiknya kamu tahan deh. Memencet jerawat bisa menyebabkan infeksi, pendarahan, kemunculan jerawat yang tambah banyak, hingga bekas luka yang tak bisa hilang. Nah, gak mau ‘kan kulit wajah kamu tambah jerawatan?

2. Jarang Olahraga

http://cdn-mf0.heartyhosting.com/sites/mensfitness.com/files/asian-man-running-1280.jpg

Tidak hanya berpengaruh pada wajah kamu, pada dasarnya jarang berolahraga juga akan berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan. Tapi paling tidak, dengan berolahraga kamu akan meningkatkan aliran darah dan menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih sehat dan cerah.

3. Kurang Minum Air Putih

https://fthmb.tqn.com/Q7Yv8uDJwMjA1lLlOnrnM2iJmZI=/1500x1000/filters:no_upscale():fill(FFCC00,1)/about/WaterBottle-58dd39845f9b584683cbd554.jpg

Tahukah kamu, membiasakan diri untuk rutin minum air putih tidak hanya dapat mencegah penuaan, tapi juga membuat kulit wajah kamu terlihat lebih bersinar, lho. Sebaliknya, jika kamu jarang minum air putih, kamu rentan terkena dehidrasi yang bisa membuat kulit kamu kering dan kasar

Gak Menggunakan Masker Saat Naik Motor

https://static.pexels.com/photos/242829/pexels-photo-242829.jpeg

Cuaca yang panas ditambah debu asap kendaraan adalah musuh utama di jalanan, terutama buat kamu yang naik motor. Mengingat tingkat kelembaban di Indonesia cukup tinggi, hal itu bisa menyebabkan kulit wajah memproduksi minyak berlebih. Ditambah asap knalpot yang gak ada abisnya, gak kebayang deh seperti apa kondisi wajah kamu kalau gak memakai masker.

Untuk mengatasi kulit wajah berminyak akibat panas dan polusi, Garnier Men siapkan solusi baru nih, yakni Turbo Light Oil Control Matcha Gel. Sabun pembersih wajah pria ini hadir dalam format gel yang berfungsi untuk membersihkan wajah kamu dari minyak berlebih serta debu akibat polusi. Selain menjaga kelembaban kulit, gelnya juga bekerja tanpa membuat kulit kamu kering. Dijamin wajah kamu jadi lebih segar!

5. Jarang​ ​Cuci​ ​Muka,​ ​Terlalu​ ​Sering​ ​Cuci​ ​Muka,​ ​Hingga​ ​Salah​ ​Produk​ ​Sabun

https://static.independent.co.uk/s3fs-public/thumbnails/image/2016/05/16/16/man-washing-face _1.jpg

Jika kamu termasuk orang yang memiliki aktivitas padat dan sering berpergian, jarang cuci muka bisa membuat wajah kamu makin berminyak dan kotor. Hal yang sama juga terjadi jika kamu terlalu sering cuci muka. Akibat terlalu sering diusap, permukaan kulit yang paling atas akan terangkat dan menyebabkan kulit wajah memproduksi minyak lebih banyak. Itu juga yang menjadi alasan kenapa kamu harus mengusap wajah dengan lembut. Disarankan juga buat kamu, nih supaya cuci muka maksimal dua kali setiap hari.

Lalu buat kamu yang selama ini suka menggunakan sabun cuci muka khusus cewek dan menganggap semua produk sabun sama saja, sebaiknya pikir-pikir lagi deh. Karena tekstur wajah cewek dan cowok memiliki perbedaan, di mana tekstur kulit wajah cowok cenderung lebih kasar dan keras. Jadi, pertama-tama pilihlah pembersih muka khusus pria yang #PastiMatch sama kondisi kulit wajah kamu.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah Turbo Light Oil Control Matcha Gel dari Garnier Men. Ia bekerja pada kulit wajah secara menyeluruh dan menghilangkan kotoran hingga ke pori-pori. Tak hanya itu, Turbo Light Oil Control Matcha Gel juga terbuat dari bahan alami yang mengandung ekstrak matcha. Ekstrak matcha ini mengandung seratus kali kandungan antioksidan lebih banyak dibanding teh hijau biasa. Karena terbuat dari bahan alami, #PastiMatch dong sama jenis kulit mana pun.

6. Kurang Waktu Tidur Alias Sering Begadang

http://img.theepochtimes.com/n3/eet-content/uploads/2015/11/01/iStock_000061994356_Large. jpg

Waktu tidur kamu sebenarnya adalah waktu di mana kulit tumbuh dan menyembuhkan dirinya sendiri, lho. Jadi, jika kamu kurang tidur berarti kamu memiliki waktu yang lebih sedikit untuk membiarkan kulit kamu tumbuh. Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam ya sehari.

Itu tadi enam kebiasaan yang bikin kulit wajah kamu cepet bermasalah. Setelah kamu mengetahuinya, IDN Times harap sih kamu bisa mulai lebih peduli sama kulit wajah kamu. Karena selain meningkatkan penampilan, kulit wajah yang bersih juga pastinya meningkatkan rasa percaya diri kamu!

Sumber: IDN Times