Di masa pubertas, umumnya para pria mengalami masalah jerawat karena perubahan hormon. Ada yang jerawatnya wajar hanya tumbuh di beberapa area wajah, namun ada juga yang cukup parah. Ketika beranjak dewasa, biasanya jerawat akan mulai berkurang.

Tapi ternyata tidak hanya pada remaja pria, ada sebagian pria dewasa yang masih mengalami masalah jerawat pada kulit wajahnya. Ada beberapa faktor penyebab munculnya jerawat pada pria dewasa.

Stress

Pekerjaan yang menumpuk, masalah keuangan, dan masalah lainnya bisa menyebabkan kamu stress. Ketika stress, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon stress kortisol dan menempatkannya keluar dari dalam tubuh dalam bentuk jerawat untuk membantu tubuh mengatasi stress.

Kurang Menjaga Kebersihan

Jika kamu malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, wajar jika jerawat muncul pada wajahmu. Kotoran, debu, dan minyak yang menumpuk di wajah akan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga jerawat akan muncul.

Pengaruh Obat

Beberapa jenis obat bisa mempengaruhi munculnya jerawat pada pria dewasa. Obat-obatan yang mengandung yodium biasanya sering memicu munculnya jerawat.

Makanan Manis

Makanan yang banyak mengandung gula dapat memicu insulin dalam tubuh. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa insulin dapat meningkatkan hormon pria yang memicu produksi banyak minyak.

Untuk mencegah munculnya jerawat, gunakan Garnier Men Acno Fight 12 in 1 yang membantu mengurangi 12 tanda masalah jerawat dan minyak pada wajah.