Bagi pria, penyebab utama timbulnya jerawat adalah paparan polusi udara yang mengintai setiap hari. Berkendara dengan sepeda motor dan bekerja di lingkungan terbuka misalnya, menjadikan wajah kita sering berkontak langsung dengan udara kotor. Akibatnya, kulit wajah nampak kusam, berminyak, dan ditumbuhi jerawat.

Namun selain polusi, kelima hal di bawah ini juga berpotensi besar menjadi penyebab timbulnya jerawat pada pria:

1.    Perubahan hormon

Ternyata, perubahan hormon juga bisa menimbulkan jerawat pada wajah pria. Hal ini bisa dipicu oleh perubahan pola hidup seperti jam kerja, pola makan, atau stres. Perubahan hormon ditandai dengan lonjakan atau penurunan produksinya dalam tubuh. Ketika aktivitas organ tubuh mengalami perubahan secara mendadak atau drastis, maka sistem regulasi hormon ikut menyesuaikan.

.

2.    Kulit terkena benda kotor

Ternyata, benda-benda tak terduga di sekitarmu bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Layar ponsel dan tanganmu sendiri, misalnya. Bayangkan berapa kali dalam sehari kamu mengusap wajah dengan telapak tangan yang kotor atau bertelepon dalam waktu lama? Selain kotor, radiasi dari layar ponsel juga tidak baik untuk kesehatan kulit wajah.

3.    Asap rokok

Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam asap rokok bisa membahayakan kesehatan tubuh, termasuk kulit wajah. Udara kotor yang dihasilkan pembakaran rokok dinilai sama jahatnya dengan polusi udara di jalanan. Semakin sering terpapar asap rokok, semakin besar potensi memiliki kulit wajah yang kusam, berminyak, dan berjerawat.

4.    Stres

Hidup memang tidak pernah lepas dari masalah. Tapi cara kita mengelola stres itu berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dan norepineprin dalam jumlah tinggi. Kedua hormon itu akan memengaruhi regulasi cairan dan pencernaan dalam tubuh, serta menimbulkan peradangan di kulit wajah atau jerawat.

5.    Asupan makanan tak sehat

Selain faktor dari luar, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa memicu timbulnya jerawat. Terlalu banyak konsumsi gula, misalnya, beresiko menumbuhkan jerawat. Kelebihan gula yang tidak tercerna nantinya akan diubah menjadi lemak. Timbunan lemak berlebih dalam tubuh akan disimpan di semua tempat yang memungkinkan, termasuk kelenjar kulit wajah.

Hal-hal yang berpotensi menimbulkan jerawat bisa diminimalisir dengan memperbaiki pola hidup ke arah yang lebih baik. Untuk menyempurnakannya, gunakan juga pembersih wajah yang tepat untuk memerangi jerawat dan gejala-gejala penyebabnya. Untuk itu, Garnier Men AcnoFight 12-in-1 bisa jadi jawaban tepat. Pembersih wajah ini diperkaya dengan Herba Repair dan Purifying Salicylic Acid untuk mengurangi 12 tanda kulit berminyak dan berjerawat, mulai dari minyak berlebih hingga komedo. Cocok nih, untuk pria aktif sepertimu yang butuh solusi perawatan wajah simpel dan praktis!

Sumber: IDNTimes