Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit wajah kita stres. Meski terkesan sepele, namun ternyata hal-hal di bawah ini bisa mengancam kesehatan kulit wajah kita:

  1. Terlalu lama di depan layar laptop atau televisi

Sebaiknya kita mengurangi kebiasaan menatap layar laptop atau televisi dalam jangka waktu yang lama. Selain membuat mata lelah, semakin banyak terpapar radiasi yang dipancarkan dari layar bisa mengakibatkan penurunan kekencangan kulit.

  1. Menggunakan ponsel di tempat tidur

Seperti pada layar laptop dan televisi, menatap layar ponsel terlalu lama juga membuat mata menjadi lelah. Dilansir dari who.int, medan elektromagnetik yang diproduksi oleh ponsel diklasifikasikan oleh International Agency for Research on Cancer karena kemungkinan bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) bagi manusia. Selain itu, energi panas yang terserap oleh kulit saat memegang ponsel akan mengakibatkan peningkatan suhu di otak dan organ lainnya.

  1. Kurang tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu proses regenerasi sel-sel kulit sehingga bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Jika kita kurang tidur, tubuh kita akan mengalami stres dan reaksinya adalah menghasilkan hormon kortisol atau hormon stres yang dapat menghambat pembentukan kolagen sehingga dapat terjadi penipisan kulit serta timbulnya keriput dan garis halus.

  1. Tidak mengganti sarung bantal

Sarung bantal yang jarang diganti akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Jadi, menjaga kebersihan barang-barang di sekitar kita juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

  1. Malas membersihkan wajah sebelum tidur

Jika kita malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, debu dan kotoran bekas make up yang tertinggal di wajah akan menyebabkan alergi, jerawat, minyak berlebih, dan berkurangnya kelembapan kulit wajah.

Sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk membersihkan wajah, cukup gunakan Garnier Micellar Water hanya dalam 1 kali usap dengan lembut dan tidak perlu dibilas. Tuang, tekan, dan tarik. Dalam #1LangkahBersih, sisa make up dan kotoran di wajah akan terangkat dengan mudah tanpa khawatir kulit kering dan iritasi serta sisa pembersih yang tertinggal.

Stres dapat membuat kulit terasa tidak nyaman. Hal itu merupakan sinyal bahwa kondisi kulit wajah kita tidak dalam keadaan baik. Untuk itu, diperlukan perawatan yang tepat untuk menghindari risiko tersebut, dimulai dari hal-hal paling sederhana sekalipun seperti rutin membersihkan wajah.

Sumber: IDNTimes