cara merawat kulit berjerawat dan sensitif yang aman dan tepat

Mari diakui, namanya kotoran menumpuk di muka saja sudah bikin penampilan berasa kurang belum ditambah dilema wajah sensitif. Tidak heran cara merawat kulit berjerawat dan sensitif menjadi dua kombo yang tidak bisa dilakukan secara serampangan. Bayangkan saja, salah sedikit bisa buat kondisi kian parah, namun kalau dibiarkan bisa berabe kondisi muka.

Pengetahuan adalah senjata utama kalau kamu ingin muka terlihat mulus, cerah, bebas dari jerawat secara aman dan tepat. Nah, sebelum melangkah ke pembahasan solusi mengatasi jerawat pada kulit sensitif, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab masalah kulit muka satu ini.

Darimana datangnya jerawat?

Kamu yang tinggal di kota besar maupun kecil rasanya tak lepas dari namanya kendaraan roda empat sampai dua. Tidak heran polusi sangat gampang menghinggapi muka tanpa permisi. Sayangnya, kotoran yang menempel di pori-pori wajah bukan ‘tamu’ sopan, melainkan penjajah kecil untuk jadi penghuni tetap. Ya, akibat kotoran tidak mau pergi ditambah dengan tumpukan kulit mati, terbentuklah gumpalan kecil menjijikkan yang biasa kamu sebut jerawat.

Umumnya kondisi muka berjerawat dijumpai pada remaja tanggung yang sedang berjuang melalui masa pubertas. Kendati demikian, orang dewasa yang punya kulit sensitif juga tak lepas dari yang namanya wajah berjerawat. Inilah mengapa melakukan perawatan kulit sensitif menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh semua orang dari beragam usia.

Tips merawat kulit sensitif dan penuh jerawat

1. Rajin mencuci wajah 

Bukan rahasia lagi kalau kotoran bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun. Rutinitas mencuci muka adalah hal mendasar yang dilakukan semua orang. Tapi jangan salah, meski rasanya mencuci wajah cukup efektif mengusir segala macam problematika kecantikan bukan berarti tidak ada aturan.

Ingat, salah satu penyebab kulit berjerawat adalah kesalahan saat mencuci muka. Misalkan saja terburu-buru melakukan rutinitas perawatan wajah dan lupa membilas sabun secara total. Tahukah kamu sisa sabun pada muka sangat mungkin memperparah kondisi wajah. 

2. Cari produk yang khusus untuk kulit sensitif 

Kamu membeli suatu beauty product tentunya dengan tujuan mendapat hasil wajah cerah merona, minimal kualitas kulit tidak jauh berbeda dengan yang dijanjikan. Sayangnya banyak orang tidak cermat dalam memilih, membaca kandungan produk saja tidak banyak yang berkenan apalagi mencari lebih lanjut. 

Bagaimana cara memilih produk yang tepat?

Produk yang tepat akan membawa kamu pada hasil sesuai keinginan dengan lebih efektif. Misalkan saja efek memakai kandungan serum wajah untuk kulit sensitif berjerawat [HN1] tentu tidak sama dengan produk lain yang hanya berfokus pada kulit kering. Nah, berikut ini kriteria produk yang tepat untuk jenis kulit sensitif:

1. Tidak mengandung terlalu banyak bahan aktif

Sesuai namanya, kulit sensitif tidak menyukai produk yang terlalu aktif. Mengapa? Jawabannya simple saja, produk yang kaya akan bahan aktif cenderung punya efek samping yang cukup beragam.

2. Hypoallergenic

Dalam dunia kecantikan ada satu bahan yang dikenal dengan hypoallergenic. Bahan satu ini terbukti pemicu alergi yang cukup minim sehingga aman untuk kulit yang sedikit rewel. Usahakan semua rangkaian produk yang dipakai telah klaim memiliki kandungan hypoallergenic untuk lebih aman.

3. Kandungan zinc 

Diantara semua kandungan pelembab, sabun cuci muka, atau produk khusus kulit yang sensitif zinc adalah yang terbaik. Lain dengan kebanyakan zat perawatan wajah, zinc berasal dari mineral alami dengan fungsi membantu tubuh lindungi kulit dari sinar matahari. Sehingga tidak hanya wajah tetap cantik, dengan zinc efek samping yang tak diinginkan bisa diminimalisir.

Sumber: Beautynesia