Muka oily saja sudah cukup bikin pusing, belum lagi kalau gampang ‘rewel’. Mulai dari jerawat, kusam, sampai dengan terbakar atau penuh kilap bikin kepala pusing. Hal inilah yang menyebabkan kantong gampang kering kalau sampai masalah kulit muka tidak segera ditangani. Padahal dengan cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak yang tepat harusnya sebagian besar komplikasi kulit bisa dicegah.

Penasaran? Ini dia 5 tips merawat wajah berminyak dan sensitif yang semua orang wajib coba:

1. Hindari sinar UV

cara-merawat-kulit-wajah-1

Paparan sinar matahari di atas jam sepuluh bisa mengancam kecantikan kulit wajah kamu. Sinar UV yang siap merusak lapisan kulit sehingga munculkan keriput, kering, dan berjerawat bisa bikin kecantikan kamu makin menurun. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kulit tetap cantik meski aktivitas di luar yaitu memakai krim spf atau pakai topi guna minimalisir ‘serangan’ sinar surya.

2. Ubah pola makan

cara-merawat-kulit-wajah-2

Tidak banyak orang betah makan sayur mentah, tempe rebus, ataupun kacang-kacangan yang tidak digoreng. Padahal, asal tahu saja, tubuh jauh lebih bersahabat dengan bahan makanan dari tanaman dibanding hewani. Inilah mengapa ada pepatah mengatakan ‘kamu adalah apa yang kamu makan’. 

3. Rajin cuci muka

cara-merawat-kulit-wajah-3

Usai beraktivitas seharian sudah dapat dipastikan ada berlapis-lapis kotoran menempel di kulit muka. Alasan itulah yang mendasari kewajiban mencuci wajah minimal dua kali dalam sehari, menggunakan produk yang tepat. 

Sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat[HN1]  tentu berbeda dengan jenis kulit muka lainnya. Tekstur sabun haruslah lembut bagai gel, dan tidak mengandung zat iritatif. Usahakan pula untuk hindari scrub karena mampu mengikis lapisan pelindung kulit wajah. 

4. Pelembab

cara-merawat-kulit-wajah-4

Tipe kulit normal, kering, atau berminyak, sudah pasti membutuhkan yang namanya pelembab. Hanya saja, pada tipe kulit sensitif, ada sedikit perlakuan yang berbeda dengan jenis kulit wajah lainnya. Kadar minyak pada pelembab haruslah imbang alias tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit.

Kandungan pelembab juga menentukan, lho. Asam lipoat, asam glikolat, dan asam alfa hidroksi adalah tiga kandungan terbesar yang harus dihindari karena gampang memicu iritasi dan jerawat pada tipe kulit yang sensitif[HN2] . 

5. Utamakan label hypoallergenic

cara-merawat-kulit-wajah-5

Tidak banyak orang tahu kalau ada label-label tertentu yang akan sangat membantu dalam memilih produk yang tepat. Salah satu dari sekian banyak label adalah hypoallergenic. Apabila kamu menemukan kata tersebut pada suatu produk, dan kebetulan kulit kamu super sensitif, segera masukkan dalam daftar pertimbangan.

Apa sih hypoallergenic itu?
Hypoallergenic adalah istilah untuk menyatakan bahwa kandungan produk minim timbulkan alergi. Sehingga bagi kulit sensitif, bahan satu ini lebih terjamin. Tidak hanya produk perawatan wajah, bahkan make up sekalipun  bisa saja berlaber hypoallergenic.

Kini kamu sudah tahu bagaimana menjaga kecantikan wajah kamu. Sekarang, kamu juga harus tahu apa saja beberapa kondisi yang sebisa mungkin dihindari:

  • -    Serangan tabir surya atau sinar matahari
  • -    Suhu yang ekstrem seperti terlalu panas atau dingin
  • -    Stress berlebih
  • -    Perubahan hormon

Kalau kamu sudah berhasil minimalisir perjumpaan dengan kondisi tersebut ditambah dengan rutin melakukan saran perawatan diatas, maka tenang saja. Wajah cerah, berkilau sehat, dan tidak berjerawat sangat mungkin dicapai. Selamat mencoba cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak!

Sumber: Beautynesia