Jerawat adalah musuh terbesar wanita. Apalagi bagi pemilik jenis kulit berminyak, yang dikenal rentan akan jerawat. Namun tahukah kamu bahwa letak munculnya jerawat ternyata ada hubungannya dengan kesehatan tubuh?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Michael Shapiro dari Vanguard Dermatology menyatakan adanya hubungan yang cukup kuat di antara keduanya. Pasalnya, letak jerawat kita bisa memberikan indikasi yang cukup jelas mengenai apa yang sebenarnya tubuhmu alami saat ini:

1.       Kening

Jerawat di kening menandakan adanya masalah pencernaan. Untuk itu, cobalah perbaiki pola makan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

2.       Sekitar mata

Apabila kulit di sekitar mata mulai ditumbuhi jerawat, berarti ada yang tidak beres dengan kerja ginjalmu. Hal ini biasanya terjadi jika tubuhmu mengalami dehidrasi.

 

3.       Zona T

Zona T adalah bagian wajah di antara dua mata, hidung, dan area sekitar bibir. Di area inilah jerawat sering sekali muncul. Ternyata ini berhubungan dengan fungsi liver, yang berfungsi menawar racun dan mencerna lemak. Jadi, berhati-hatilah ya!

 

4.       Pipi

Pipi adalah bagian wajah yang sering ditumbuhi jerawat. Munculnya jerawat di pipi bagian atas disinyalir menunjukkan adanya gangguan sistem pernapasan. Sedangkan jerawat yang muncul pada pipi bagian bawah menandakan tingginya asupan gula ke dalam tubuh.

 

5.       Dagu

Wajah bagian bawah ini juga tidak luput dari serangan jerawat. Jika jerawat muncul di sekitar dagu, menandakan ada gangguan hormonal. Saat menjelang menstruasi atau ketika dilanda stres biasanya memengaruhi munculnya jerawat di area ini.

 

6.       Telinga

Pernah menemukan jerawat muncul di telinga? Jerawat telinga biasanya lebih keras dibandingkan jerawat di permukaan wajah. Meski jarang ditemukan, tapi jerawat telinga justru memberi isyarat penting dari tubuhmu. Hal ini menunjukkan ada yang tidak beres dengan kerja ginjal, serta tingginya kadar garam yang diterima tubuh.

 

Membasmi jerawat memang membutuhkan ketelatenan tinggi. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Jalani gaya hidup seimbang antara perawatan internal dan eksternal. Perawatan internal bisa dimulai dengan rajin mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk kulit, serta berolahraga untuk menjaga elastistas dan membebaskan kulit dari stres.

Untuk perawatan eksternal, gunakanlah produk perawatan yang dapat mengatasi jerawat, tanpa menimbulkan masalah kulit lainnya. Salah satu yang bisa jadi pilihan ialah rangkaian Garnier Pure-Active Anti Acne White. Mengandung bahan anti bakteri serta ekstra blueberry, formulanya ampuh untuk membasmi masalah kulit yang disebabkan oleh jerawat dan minyak, sejak hari pertama. Kalau perawatan ini sudah dilakukan, maka jerawat pun tak akan datang lagi!

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan bahwa terdapat kaitan antara letak jerawat dengan kondisi kesehatanmu. Yuk, mulai sekarang belajarlah untuk lebih mendengarkan ‘sinyal’ yang dikirimkan oleh tubuhmu!

Sumber: IDNTimes