Masa remaja adalah saatnya untuk tampil jadi diri sendiri dan bereksplorasi.  Namun, terkadang kita lupa memperhatikan kebersihan badan dan kesehatan kulit wajah kita. Saat kita sadar, ternyata sudah timbul jerawat di wajah. Kalau sudah begitu, apa saja sih yang sebenarnya boleh dan tidak boleh kita lakukan untuk perawatannya? Yuk simak faktanya:

Jerawat bisa menular?

Jerawat sebenarnya tidak menular, tetapi bakteri penyebab jerawat bisa menyebar ke kulit wajah lewat tangan atau barang-barang seperti topi, headband, dan handphone.

Makeup bisa bikin jerawatan?

Penggunaan makeup tidak serta merta menyebabkan jerawat. Jerawat muncul karena sisa makeup yang tertinggal di wajah sehingga menyumbat pori-pori. Karenanya, bersihkan wajah sesudah menggunakan makeup untuk mengembalikan kondisi kulit.

Sering pegang wajah bisa bikin jerawatan?

Yup, sebaiknya kita jangan terlalu sering memegang wajah karena tangan yang kotor bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Apalagi jika sampai memencet jerawat yang muncul di wajah. Hal ini bisa menyebabkan infeksi dan menyebarkan bakteri, sehingga menimbulkan jerawat yang baru.

Pasta gigi bisa hilangkan jerawat?

Walaupun pasta gigi merupakan antiseptik yang dapat membunuh kuman, tetapi zat kimia lain yang terkandung dalam pasta gigi dapat mengakibatkan iritasi kulit dan membuat jerawat semakin meradang.

Mengonsumsi gorengan dan cokelat bisa menimbulkan jerawat?

Dilansir dari aad.org (American Academy of Dermatology), makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat memicu timbulnya jerawat. Sebaiknya kita lebih mewaspadai makanan yang tinggi gula seperti pada cokelat atau mengandung lemak jahat seperti pada gorengan, karena dapat memicu bertambahnya lemak dan minyak dalam tubuh.

Kacang tidak baik bagi yang sedang berjerawat?

Justru kacang mengandung Omega 3, lemak baik yang bisa memerangi lemak jahat sehingga bagus untuk mengatasi masalah akibat lemak seperti jerawat.

Sering cuci muka bisa menyembuhkan jerawat?

Terlalu sering mencuci muka membuat hilangnya kandungan minyak pada wajah sehingga kelenjar minyak justru semakin banyak memproduksi minyak. Hal tersebut yang memicu timbulnya jerawat.

Namun, sekarang tidak usah khawatir lagi. Untuk masalah kulit berjerawat percayakan saja pada rangkaian  Garnier Pure-Active. Hadir dengan dua varian, yaitu ekstrak alami Blueberry untuk membantu melawan masalah jerawat dan minyak, serta ekstrak Matcha Green Tea untuk membersihkan debu polusi secara menyeluruh dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Rangkaian ini cocok untuk semua jenis kulit, sehingga aman digunakan oleh kamu yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Nah sekarang jadi lebih tahu ‘kan, seperti apa cara penanganan jerawat yang baik dan benar? Yuk, lengkapi dirimu dengan pengetahuan yang memadai untuk kesehatan wajah yang lebih terjaga!

Sumber: IDNTimes