Jenis kulit memang tidak bisa dipilih, namun selalu ada cara untuk melakukan perawatan. Buat kamu yang punya tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat, yuk simak tips untuk menekan kadar minyak di wajah:

Mengontrol pola makan

Kurangi makan makanan yang mengandung lemak jahat atau makanan yang mengandung minyak. Hal tersebut akan meningkatkan kadar minyak dalam tubuh. Perbanyak makan sayur dan buah agar tubuh tidak kekurangan nutrisi dan vitamin.

Perbaiki pola hidup

Pola hidup yang sehat merupakan kunci dari tubuh yang sehat. Caranya adalah dengan rutin berolahraga, tidak mengonsumsi alkohol, dan selalu berpikir positif supaya tubuh tidak stres. Saat stres, produksi minyak di wajah akan semakin meningkat.

Rajin minum air putih

Kulit yang kekurangan cairan akan terasa kering. Kondisi tersebut membuat kulit butuh lebih banyak minyak sehingga produksi sebum pun meningkat yang menyebabkan kulit jadi semakin berminyak. Rajin minum air putih 6-8 gelas sehari mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehinggga kulit tidak mengalami dehidrasi.

Rutin menggunakan masker wajah

Untuk kulit berminyak, kamu bisa mencoba masker dari bahan-bahan alami seperti putih telur, bengkuang, pisang, madu, avokad, dan timun.

Tepat memilih produk perawatan wajah sesuai jenis kulit

Pemilihan produk perawatan wajah tidak boleh asal agar hasil yang didapatkan bisa optimal. Seperti dilansir dari aad.org (American Academy of Dermatology), untuk tipe kulit berminyak, produk perawatan yang disarankan mengandung salicylic acid yang sangat penting untuk mencegah timbulnya jerawat.

Selalu gunakan tabir surya atau pelembap

Saat beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya (sunblock) atau pelembap agar terhindar dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

Rajin membersihkan wajah

Setelah beraktivitas seharian terutama di luar rumah, debu polusi akan menempel pada wajah dan mengakibatkan pori-pori tersumbat. Dengan mencuci muka minimal dua kali sehari dan membersihkan wajah dengan make up remover akan membantu menjaga kebersihan dan kelembapan wajah.

Nah, untuk hasil lebih maksimal kamu bisa mencoba Garnier Pure Active Matcha Deep Clean Facial Foam. Sabun cuci muka ini mengandung 100x antioksidan dari ekstrak alami Teh Hijau Matcha yang mampu membersihkan debu polusi secara menyeluruh, mencegah timbulnya jerawat, serta mengurangi minyak berlebih dan kekusaman pada wajah.

Selain itu, kandungan L-theanine dalam matcha bisa membuat kulit wajahmu jadi terasa lebih segar. Jadi, jangan jadikan debu polusi sebagai penghalang kamu beraktivitas. Tetap semangat dan jadi bagian dari #GenMatchaKini bersama Pure Active Matcha Foam.

Sumber: IDNTimes