Tampil cantik dan fresh adalah dambaan setiap perempuan. Kini, penggunaan produk kosmetik pun menjadi pilihan wajib yang tak boleh ketinggalan. Namun, sudah cermatkah kita memilih produk kosmetik yang aman untuk kulit wajah? Kira-kira kandungan apa saja yang harus dihindari agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah?

Merkuri

Dalam produk perawatan wajah, merkuri dikenal sebagai kandungan yang mampu membuat wajah putih dan cerah seketika. Namun, penggunaannya dapat menyebabkan ruam, serta meninggalkan bekas luka dan warna tak merata pada kulit. Merkuri bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik (mengakibatkan cacat pada janin). Merkuri hanya diperbolehkan sebagai bahan pengawet untuk produk di area mata, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil.

Rhodamin B

Rhodamin B yang merupakan bahan pewarna dalam industri tekstil dan kertas, ternyata banyak ditemukan dalam kandungan kosmetik. Dikutip dari profetik.farmasi.ugm.ac.id, Rhodamin B biasanya ditemukan pada lipstik yang berwarna merah, lipstik yang waterproof, atau blush on. Walaupun tidak langsung dikonsumsi, penggunaan Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat mengakibatkan kerusakan hati.

Asam Retinoat

Asam retinoat dikenal juga dengan sebutan tretinoin. Jika digunakan akan menyebabkan kulit kering dan sensitif terhadap paparan sinar matahari. Efek yang ditimbulkan di antaranya kulit merah, gatal-gatal, terasa seperti terbakar, hingga terjadi penipisan pada kulit. Oleh karena itu, kandungan ini sering disalahgunakan sebagai pengelupas kulit kimiawi (peeling). Asam retinoat berbahaya untuk digunakan, karena bersifat karsinogenik dan teratogenik.

SLS

SLS (Sodium Lauryl Sulfate) banyak terdapat pada produk pembersih, krim, dan lotion. Berdasarkan tinjauan Cosmetic Ingredient Review (CIR) Expert Panel pada tahun 2005, SLS sebenarnya masih aman dalam kondisi penggunaan yang tepat, walaupun pada beberapa orang bisa terjadi reaksi iritasi kulit.

Penggunaan produk kosmetik secara rutin tanpa dibatasi dosis inilah yang membuat tubuh kita rentan terhadap efek samping dari produk tersebut. Oleh karena itu, kita harus lebih cermat membaca informasi yang tercantum pada label atau kemasan produk kosmetik serta bijak dalam penggunaannya. Memilih produk yang halal dengan natural ingredients juga menjadi hal yang penting untuk dicermati agar tetap aman digunakan bagi semua kalangan.

Seperti pada produk perawatan wajah Garnier yang mengandung ekstrak Lemon untuk membantu mencerahkan kulit wajah, ekstrak alami Sakura untuk menghaluskan pori-pori wajah agar kulit lebih mulus cerah merona, ekstrak alami Blueberry untuk membantu melawan masalah jerawat dan minyak, serta tentunya ekstrak Matcha Green Tea untuk membersihkan debu polusi secara menyeluruh dan mengurangi minyak berlebih.

Yuk, #SayangiDirimu dengan tidak asal memilih produk kosmetil. Gunakanlah produk perawatan wajah yang terpecaya dan bersahabat untuk kulit indahmu!

Sumber: IDNTimes