Mewarnai rambut sendiri di rumah bukanlah hal yang menakutkan!

Mewarnai rambutmu sendiri di rumah untuk pertama kalinya bisa menjadi aktivitas yang mengerikan. Dengan panduan mewarnai rambut berikut ini, rambutmu akan terlihat seperti dikerjakan oleh profesional dengan hasil yang trendi!

Sederhana dan mudah!

1. Jadilah realistis
Ketika memilih warna rambut untuk pertama kalinya, pastikan kamu memilih warna yang sesuai dengan warna kulit kamu. Warna rambut hitam mungkin bukan pilihan terbaik kalau kamu memiliki kulit putih dan berambut terang. Sebagai gantinya, kamu bisa coba warna tembaga madu (honey copper).

2. Beli lebih banyak
Seringkali, kita meremehkan jumlah pewarna rambut yang dibutuhkan. Kalau kamu punya rambut panjang dan tebal, selalu beli pewarna lebih banyak untuk memastikan kamu mendapatkan coverage warna yang sempurna. Kamu pasti gak mau kecewa dengan hasil akhirnya kan?

3. Lindungi kulitmu
Cat rambut yang mengenai kulit akan terasa perih dan perlu beberapa hari untuk memudar. Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa oles Vaseline sepanjang garis rambut dan ujung telinga. Untuk melindungi tangan dan kuku, gunakan sarung tangan yang tersedia dalam paket perlengkapan cat rambut kamu.

4. Uji coba pada ujung rambut
Kalau kamu akan mewarnai rambut untuk pertama kalinya, jangan lupa lakukan uji coba cat pada ujung rambutmu. Hal ini penting untuk memastikan kamu mendapatkan warna yang sesuai dan melihat apakah ada efek samping pada rambut.  Lihat hasil uji coba ini selama 24 jam sebelum melakukan pewarnaan menyeluruh pada rambutmu.

5. Cegah kerusakan rambut
Semua pewarna rambut mengandung peroksida yang berpotensi menghilangkan kelembaban alami rambut, sehingga rambut menjadi kering dan rapuh. Pastikan kamu memakai conditioner yang tersedia dalam paket cat rambut dan lakukan perawatan conditioner yang sesuai setidaknya sekali dalam sminggu.

6. Jangan cuci rambutmu
Rambut yang baru diwarnai sebaiknya tidak dicuci selama 48 jam. Ini adalah waktu yang cukup agar minyak alami rambut kamu mengunci warna sepenuhnya. Kuncir saja rambut kamu selama beberapa hari dan tunggu hasil terbaik dari warna rambutmu keluar.