Mewarnai rambut sendiri di rumah memanglah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Kita bisa bereksperimen dengan warna-warna baru, sesuai keinginan atau tren saat ini. Namun jangan sampai kurang informasi dan persiapan membuat rambut kita jadi korban. Untuk itu, perhatikan hal-hal di bawah ini yang wajib dietahui sebelum memutuskan mewarnai rambut sendiri:

1.       Cek terlebih dahulu kondisi rambut dan kulit kepala

Sebelum mengewarnai rambut, perhatikan dulu apakah rambut dan kulit kepalamu dalam keadaan siap menerima zat perwarna. Sebaiknya jangan lakukan proses pewarnaan jika rambut sedang bermasalah seperti rambut kering atau bercabang, dan kulit kepala yang berketombe.

 

Beberapa kandungan bahan kimia dalam pewarna rambut akan bereaksi langsung dengan permukaan rambut dan kulit kepala. Kalau tidak cocok, bisa-bisa masalah pada rambut dan kulit kepala justru bertambah parah.

 

2.       Pelajari bahan yang terkandung dalam produk pewarna rambut pilihanmu

Jangan mudah tergoda dengan produk pewarna rambut yang menawarkan harga murah, tapi tak terjamin keamanan dan kualitasnya. Pelajari terlebih dahulu bahan yang terkandung dalam pewarna rambut. Pastikan tidak ada bahan berbahaya seperti para-fenilendiamina (PPD), yang berimbas menimbulkan efek nyeri di sekitar garis batas rambut dengan kulit wajah dan leher. Ketahui bahanya, pelajari dampaknya!

 

Supaya terjamin, pilih saja pewarna rambut yang mengandung bahan-bahan alami. Contohnya seperti ekstrak olive, almond, dan coconut oil yang terkandung dalam Garnier Color Naturals. Kandungan tiga ekstrak minyak alami itu mampu merawat rambut secara menyeluruh  pada saat proses pewarnaan. Warna berkilau lebih indah alami, terawat dan tahan lama, tanpa merusak rambut dan kulit kepalamu.

 

3.       Membaca instruksi pada kemasan dengan cermat

Penting sekali untuk membaca instruksi yang tertera pada kemasan sebelum melakukan proses pewarnaan rambut. Pastikan peralatan yang dibutuhkan tersedia lengkap, dan tahap-tahap pewarnaan dilakukan sesuai anjuran.

 

Perhatikan juga instruksi khusus seperti cara penyimpanan sisa pewarna yang belum digunakan, dan cara perawatan rambut setelah proses pewarnaan. Lebih baiknya lagi, pilihlah pewarna rambut yang mudah dalam penggunaannya. Jadi kamu bisa menikmati proses mewarnai rambut sendiri yang menyenangkan.

 

4.       Lakukan riset

Untuk hasil yang maksimal dan memuaskan, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan warna cat rambut. Sesuaikan dengan warna kulit dan lingkungan sekitar. Apabila ingin mengikuti tren warna rambut yang sedang banyak digandrungi, pastikan warna itu tidak bertentangan dengan kepribadianmu, dan tetap membuatmu nyaman tampil dalam berbagai suasana.

Mewarnai rambut sendiri memang jauh lebih mudah dan menyenangkan.  Namun, pastikan kamu benar-benar tahu apa yang harus dilakukan, untuk menghindari kerusakan pada mahkota kepalamu. Be careful, girls!

Sumber: IDNTimes