Ada berbagai cara untuk mengubah penampilan, salah satunya dengan mengganti gaya rambut. Terkadang, memotong rambut dengan model yang super beda dari biasanya jadi cara paling jitu untuk membuat seseorang tampak lebih segar.

Namun, jika kurang pede memotong rambut secara drastis, Anda dapat mencoba cara lain, yaitu mewarnai rambut. Mengubah warna rambut bisa dibilang lebih minim risiko, sebab hasilnya tidak akan terlalu menciptakan perubahan ekstrem pada wajah, tetapi tetap membuat seseorang tampil beda. Dengan catatan, hasil yang tidak terlalu ekstrem bisa didapat jika warna yang Anda pilih hanya maksimal dua tingkat lebih terang atau lebih gelap dari warna rambut asli.

Jika ingin mencoba-coba mewarnai rambut, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba, mungkin ini akan sedikit menegangkan, tetapi percayalah, proses mewarnai rambut sendiri di rumah akan lebih simpel dilakukan. Untuk percobaan pertama, Anda bisa pilih warna-warna natural, seperti coklat (gelap atau terang), hitam alami, atau merah burgundy.

Yang perlu diingat, pewarnaan rambut di rumah biasanya hasilnya tidak akan jauh berbeda dari warna rambut asli. Justru hal ini menguntungkan untuk Anda yang baru pertama kali mencoba mewarnai rambut. Sebab, hasil akhirnya nanti akan tetap terlihat natural.

Lalu, apa langkah yang harus dilakukan untuk mulai mewarnai rambut di rumah? Pertama, lakukan tes sebelum mewarnai rambut, untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi terhadap pewarna atau tidak.

Kompas.com pernah menulis pada 26 Agustus 2016 lalu, seorang dermatolog dr Gloria Novelita, SpKK mengatakan, tes tersebut dapat dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit pewarna rambut ke bagian kulit yang tidak terlihat, misalnya bagian belakang telinga.

Setelah dioles, biarkan sampai 24 atau 48 jam. Kemudian perhatikan reaksi kulit terhadap pewarna. Jika tidak terlihat kemerahan atau tanda-tanda iritasi lainnya, Anda bisa mempergunakan produk tersebut.

Saat mulai menggunakan produk, ada beberapa yang wajib Anda perhatikan. Pertama, siapkan produk pewarna dalam jumlah yang cukup untuk rambut Anda. Sesuaikan dengan panjang-pendeknya rambut Anda.

Kedua, pengaplikasian terhadap rambut harus merata, supaya semua bagian terwarnai. Saat mewarnai, jangan aplikasikan cat rambut ke kulit kepala, melainkan cukup dari bagian pangkal sampai ujung rambut saja.

Masih takut rambut rusak karena diwarnai?

Beberapa dari Anda mungkin masih ragu-ragu apakah akan segera melakukan ini atau tidak. Sebab, zat kimia dalam produk pewarna rambut dikhawatirkan dapat merusak rambut, membuatnya jadi kering dan rontok. Memang sih, bakal kecewa rasanya bila warna rambut Anda kece, tetapi terlihat tidak sehat.

Sebenarnya kerusakan akibat mewarnai rambut itu dapat dihindari. Caranya, pilih produk pewarna rambut dengan cermat. Usahakan memilih produk pewarna rambut yang mengandung minyak alami atau natural oils.

Produk pewarna rambut Garnier Color Naturals misalnya, mengandung 3 bahan alami, yaitu minyak zaitun, kelapa, dan almond. Ketiga kandungan ini menjadikan Garnier Color Naturals sebagai pewarna rambut yang dapat menutrisi dan menghasilkan warna lebih indah yang tahan lama, sampai 8 minggu.

Minyak zaitun kaya akan asam lemak. Jika diaplikasikan ke seluruh batang rambut, maka struktur rambut akan membaik dan terjaga kelembapannya. Bagaimana dengan minyak almond? Minyak ini  diketahui dapat mengurangi risiko rambut rontok.

Sementara minyak kelapa sendiri punya kandungan protein tinggi yang mampu melembapkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin E-nya mudah meresap ke batang rambut sehingga dapat melindungi dari kerusakan, seperti patah dan bercabang.

Garnier Color Naturals berformula krim ini sangat mudah diaplikasikan ke rambut. Krimnya tidak menetes saat digunakan, sehingga pemakaian di rumah tak akan terasa merepotkan.

Garnier Color Naturals memiliki memiliki 5 warna alami yang cocok dengan warna kulit orang Indonesia, di antaranya hitam alami, coklat gelap, merah burgundy, coklat, dan coklat terang.

Memilih produk pewarna rambut harus benar-benar cermat. Jangan asal pilih yang harganya murah, tetapi perhatikanlah kandungan dalam produk. Pastikan produk tersebut mampu memberikan hasil warna yang cantik dan tetap merawat keindahan rambut Anda.

Garnier Color Naturals, #PilihanCermat untuk rambut cantik dan terawat.


Sumber : kompas.com