Mewarnai rambut memang bisa membuat penampilan terlihat lebih menarik. Apalagi jika mampu memilih shades/warna yang tepat, gaya sehari-hari bisa terlihat makin stunning/memesona. Tapi, ada yang bilang kalau mewarnai rambut bisa membuatnya jadi rusak. Mitos atau fakta sih?


Kondisi Rambut Mempengaruhi Ketahanannya

Faktanya, kerusakan rambut akibat pewarnaan bisa diminimalisir kalau rambut berada dalam kondisi prima sebelum diwarnai. Rambut yang rapuh tentu saja memiliki ketahanan yang rendah, sehingga kondisinya menjadi lebih rentan rusak saat mengalami proses pewarnaan. Jadi, penting juga untuk melakukan perawatan rambut sebelum diwarnai agar kondisi rambut selalu prima.


Pilih Produk Pewarna Rambut dengan Bahan Alami

Kerusakan rambut yang diwarnai juga bisa dipengaruhi oleh pemilihan produk pewarna rambut yang kurang tepat. Untuk menjaga mahkota tetap indah, gunakan cat rambut yang diperkaya dengan bahan-bahan alami, misalnya almond oil, olive oil dan coconut oil.

Olive oil atau minyak zaitun telah lama digunakan oleh wanita bangsa Mesir dan Romawi kuno untuk perawatan rambutnya. Minyak ini berperan untuk merawat kesehatan rambut, melembapkan rambut yang kering, bercabang, dan rusak, mengembalikan kilau, kelembutan, dan menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah patah.

Coconut oil atau minyak kelapa memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan alami rambut. Minyak ini juga dapat membuat rambut terasa kuat dan elastis, serta memiliki peran sebagai kondisioner alami rambut.

Nah, almond oil juga punya manfaat yang nggak kalah penting. Minyak alami ini dapat menjaga kilau alami rambut, melembapkan kulit kepala, dan mengandung berbagai vitamin yang dapat menjaga kekuatan rambut.

Ketiga bahan yang memiliki kandungan nutrisi ini bisa membantu merawat rambut pada saat diwarnai, seperti yang diberikan oleh Garnier Color Naturals. Pewarna rambut ini membantu merawat rambut selama proses pewarnaan sekaligus menutup uban dengan sempurna.


Lakukan Perawatan Pasca Pewarnaan

Perawatan rambut pasca pewarnaan juga harus dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Gunakan sampo dan kondisioner khusus rambut diwarnai yang bisa merawat dan menjaga warna rambut agar tidak cepat pudar. Kamu juga bisa melakukan perawatan dengan berbagai bahan alami di rumah, misalnya membuat hair mask atau deep conditioning dengan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan rambut berwarna secara maksimal.

Kini kamu bisa mendapatkan rambut diwarnai yang cantik tanpa perlu takut mengalami kerusakan. Sudah punya pilihan warna rambut terbaikmu?