cara merawat rambut rontok cara merawat rambut rontok

Mulai Concern dengan Penipisan Rambut? Ini Cara Terbaik Merawat Rambut Rontok untuk Pria

Pernah nggak, lo bercermin lalu menyadari, “Kok, rambut gue nggak setebal dulu, ya?” Semakin bertambah usia, rambut memang cenderung menipis.

Ditambah dengan faktor gaya hidup yang tidak sehat, kekurangan nutrisi, cara perawatan rambut yang salah, serta penataan rambut yang kurang baik, rambut jadi banyak yang rontok dan, seramnya nih Men, tidak tumbuh lagi! Butuh cara merawat rambut rontok yang tepat agar rambut bisa kembali tumbuh kemudian menjaganya agar sehat dan kuat.

 

Berbagai Jenis Rambut Rontok dan Penyebabnya

Rambut rontok bisa terjadi pada pria dan wanita pada usia berapa pun, namun kecenderungannya lebih besar terjadi pada pria, terutama setelah pubertas. Ada bermacam-macam jenis kerontokan rambut dan penyebabnya, dari kerontokan yang rambutnya tumbuh kembali sampai yang tidak sehingga berakibat kebotakan.

Lo perlu tau, Men, kalau penyebab rambut rontok pada pria dan wanita yang paling utama adalah faktor genetis. Jenis kerontokan ini disebut dengan androgenetic alopecia, dan kalau rambut sudah rontok, biasanya rambut jadi sulit tumbuh lagi walau bisa diusahakan dengan perawatan khusus.

Pada pria, kebotakan yang disebabkan rambut rontok ini akan membentuk pola (male pattern baldness), biasanya dimulai dari area kepala depan atau atas. Cara merawat rambut rontok nggak sembarangan karena harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

Jenis kerontokan rambut lainnya yang juga banyak terjadi disebut telogen effluvium. Kerontokan rambut ini jumlahnya melebihi jumlah rambut rontok normal per hari (maksimal 100 helai rambut) yaitu mencapai 300-500 helai rambut! Nggak heran kalau kerontokan ini bikin rambut lo instan menipis.

Kerontokan ini merupakan bagian dari siklus pertumbuhan rambut, di mana setelah rambut rontok, folikel rambut akan masuk masa istirahat baru kemudian tumbuh rambut yang baru.

Namun lo harus waspada juga, Men, karena kadang kerontokan rambut jenis ini bisa bikin rambut nggak tumbuh lagi. Lo baru akan sadar setelah 1-2 bulan karena rambut lo terlihat tipis.

Cara merawat rambut rontok jenis ini adalah dengan pola makan sehat dan bernutrisi, gaya hidup sehat, dan rutin menggunakan produk perawatan rambut rontok.

 

Cara Merawat Rambut Rontok agar Tumbuh Lagi

Menggunakan shampo dan tonik jadi cara merawat rambut rontok yang banyak direkomendasikan. Tentu saja, rambut rontok nggak berhenti total, Men, tapi jadi berkurang dan yang penting, rambut bisa tumbuh kembali sehingga rambut lo nggak terus-terusan terlihat tipis.

Kalau bermasalah dengan rambut menipis karena rontok, lo bisa coba produk perawatan rambut rontok terbaru Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment. Terdiri dari shampo dan tonik, rangkaian perawatan rambut pria ini merupakan hasil kolaborasi Garnier Men sebagai brand perawatan kulit pria nomor 1 di Indonesia, dengan Neril, brand perawatan rambut legendaris dan terpercaya di Indonesia, untuk membantu masalah rambut rontok pria Indonesia.

Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment membantu merawat kulit kepala dan rambut dengan kandungan bahan-bahan alami berupa menthol concentrate dan plant concentrate.

Gunakan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang terlindung dari kerontokan, tampak keren, serta sehat dan kuat.

Lakukan cara merawat rambut rontok menggunakan rangkaian Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment dengan langkah-langkah berikut:

Awali dengan keramas menggunakan Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment Shampoo yang membantu membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh untuk membantu merawat rambut rontok.

Ingat, jangan keramas terlalu sering karena dapat membuat rambut semakin rontok. Jadi, gunakan shampo perawatan ini saat keramas minimal dua hari sekali.

Setelah mandi, saat rambut masih setengah basah, gunakan Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment Tonic untuk menutrisi merawat kekuatan rambut dan kulit kepala.

Cara pakainya, tuangkan hair tonic untuk rambut rontok ini secukupnya ke telapak tangan, lalu usapkan di kulit kepala sambil dipijat lembut agar cepat meresap. Pijatan di kulit kepala juga membantu darah mengalir lancar ke folikel rambut untuk mendorong rambut cepat tumbuh.

 

Dos & Don’ts Rambut Tipis

Sambil merawat rambut rontok menggunakan shampo dan tonik Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment, tips berupa dos & don’ts ini bisa lo terapkan untuk mengurangi kerontokan rambut dan mendorongnya tumbuh kembali sehingga rambut nggak terlihat tipis.

Do: Gaya hidup sehat

Agar hasil perawatan rambut efektif, bantu dengan mengubah pola makan jadi lebih sehat dan kaya nutrisi, rutin berolahraga, berhenti merokok, cukup tidur, dan hindari stres. Cara merawat rambut rontok ini nggak hanya bikin rambut lo tumbuh lagi, tapi secara keseluruhan, kondisinya juga jadi lebih sehat.

Don’t: Pakai produk styling berlebihan

Pakai produk styling memang bisa bantu rambut lo jadi terlihat lebih rapi dan gaya. Namun hindari pakai yang berlebihan dan terlalu sering, terutama saat rambut rontok, karena bahan-bahan di produk styling berpotensi membuat folikel rambut jadi kering dan rapuh.

Nggak hanya itu, jika nggak cepat dibersihkan, residu produk styling juga bisa menghambat penyerapan nutrisi di helai rambut dan kulit kepala.

Do: Seimbangkan potongan rambut

Minta tukang cukur rambut untuk meratakan ketebalan rambut supaya area kepala dengan rambut yang menipis nggak terlalu terlihat. Kalau rambut yang menipis di area kepala depan, berarti potongan rambut bagian samping dan belakang kepala dibuat tipis dulu agar terlihat seimbang.

Kalau malah bikin ribet, lo bisa pilih opsi potong rambut super pendek (crew cut) karena paling pas buat menyamarkan rambut tipis.

Don’t: Membuat man bun

Men, gaya rambut dengan man bun memang kelihatan trendi dan bisa membantu menutupi penipisan rambut di puncak kepala. Namun sebenarnya, gaya rambut ini malah bikin folikel rambut stres karena rambut tertarik untuk diikat menjadi man bun.

Akhirnya rambut malah makin banyak yang rontok. Jadi, kalau lo punya rambut gondrong, mending hindari dulu gaya rambut ini.

Gimana Men, sudah nggak ragu lagi kan, pakai rangkaian Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment sebagai cara merawat rambut rontok lo? Langsung aja beli Garnier Men Neril Shampoo dan Tonic di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.