Letak Indonesia yang berada tepat di garis khatulistiwa membuat kita mendapat pancaran sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini membuat kita harus melakukan perawatan ekstra terhadap kulit, terutama perawatan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang terkandung di dalam sinar matahari.

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari di atas jam 9 pagi hingga 4 sore sangat berbahaya karena mengandung radiasi sinar UV A dan B yang dapat merusak kulit. Apa sajakah bahaya yang bisa ditimbulkan oleh sinar matahari pada kulitmu, berikut ini penjelasannya.

Kulit Terbakar

Jika di siang hari kulitmu terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, kulitmu akan mengalami gejala terbakar berupa kemerahan, bengkak, perih, bahkan melepuh. Biasanya jika kulitmu lebih terang dan juga kamu yang memiliki lapisan kulit tipis akan lebih mudah terkena gejala kulit terbakar.

Kulit Menggelap

Berbeda dengan orang-orang Eropa maupun Amerika yang justru sangat senang berjemur di bawah sinar matahari demi mendapatkan kulit yang lebih gelap eksotis, orang Indonesia dan sebagian besar orang Asia justru menghindari berjemur di bawah sinar matahari karena takut kulitnya menggelap. Saat kulit kita terpapar sinar matahari, sel-sel kulit pada tubuh akan rusak dan mengakibatkan sel penghasil pigmen memproduksi lebih banyak melanin sehingga kulit kita lebih gelap dan dapat memicu timbulnya noda hitam

Penuaan Dini

Sinar UV bisa mengakibatkan penuaan dini karena sinar UV dapat menembus hingga ke lapisan kulit bagian dalam sehingga menyebabkan kolagen rusak. Jika kolagen rusak, kulit kita akan terasa kering dan kasar serta kehilangan keelastisitasannya. Akibatnya kulitmu pun akan lebih mudah keriput dan kerutan juga tidak dapat dihindari. Sinar UV juga meninggalkan bintik-bintik hitam yang membuat penampilan kita terlihat tua.

Kanker Kulit

Bahaya paling parah yang bisa terjadi akibat radiasi sinar UV adalah kanker kulit. Penyerapan sinar matahari terus menerus dapat memicu munculnya sel kanker pada kulit. Sel kanker ini biasanya sering terjadi di area hidung, pipi, dan area tubuh yang sering terkena sinar matahari secara langsung.

Jika kamu tidak ingin mengalami dampak negatif sinar matahari seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya mulai sejak dini gunakan produk dengan kandungan UV protection atau sun protection formula (SPF). Gunakan Garnier Light Complete Serum Cream

dengan SPF 19/PA+++ setiap hari sebelum kamu bepergian untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari sekaligus mencerahkan kulitmu.