Banyak mitos seputar kulit berminyak yang masih menjadi pertanyaan, salah satunya tentang penggunaan pelembab wajah. Kulit yang berminyak selalu terkesan mengkilat. Sementara fungsi pelembab adalah untuk menjaga kulit tetap lembab atau tidak terkesan kering.

Apa jadinya jika menggunakan pelembab pada kulit berminyak? Apakah tidak membuat wajah semakin oily? Sebagian besar pemilik kulit berminyak merasa tidak perlu lagi menggunakan pelembab wajah. Padahal itu salah besar, lho. Berikut beberaa fakta yang bisa jadi panduanmu:

1.    Mencegah kulit dehidrasi

Membersihkan wajah adalah cara termudah mengurangi minyak berlebih pada kulit. Tapi saat melakukannya, senyawa aktif pada sabun akan mengikat minyak dan melarutkannya dengan air. Hal ini justru membuat kulit kehilangan kelembapannya. Mengaplikasikan pelembab setelah cuci muka bisa menjadi solusi agar kulit tidak mengalami dehidrasi.

2.    Mencerahkan kulit

Umumnya, produk pelembab yang beredar di pasaran dilengkapi dengan SPF dan ekstrak bahan alami yang berfungsi mencerahkan kulit. Kandungan bahan alami dan manfaat mencerahkan kulit ini salah satunya bisa ditemukan dalam rangkaian Garnier Pure-Active Anti Acne White. Terdiri dari pembersih dan pelembap, kamu akan mendapatkan perawatan wajah yang menyeluruh untuk kesehatan kulitmu.

Pertama-tama, awali dengan membersihkan wajah menggunakan Garnier Pure-Active Anti Acne White Foam untuk mengatasi 12 masalah kulit yang disebabkan oleh minyak dan jerawat, mulai dari masalah kulit kusam hingga komedo. Setelah itu, aplikasikan Garnier Pure-Active Acne Care Whitening Cream untuk menyempurnakan kebutuhan nutrisi kulitmu.

3.    Memberi nutrisi pada kulit

Pelembab digolongkan dalam dua jenis, yakni humektan dan emolien. Humektan bersifat menarik air dari dalam kulit dan lingkungan sekitar menuju ke lapisan luar (epidermis). Sedangkan emolien berfungsi melembutkan dan menghaluskan kulit.

Untuk kulit wajah berminyak, pilihlah pelembab yang bersifat emolien. Hindari pelembab yang bersifat humektan, sebab hanya akan membuat wajahmu terkesan makin ‘basah’.

4.    Menghasilkan riasan yang sempurna

Untuk mendapatkan hasil riasan yang sempurna, kondisi kulit wajah tidak boleh kering. Maka sebelum berias, aplikasikan dulu pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu, tunggu hingga meresap ke dalam pori. Dengan kondisi kulit yang cukup kelembabannya, riasan akan melekat lebih lama di kulit wajah.

5.    Mencegah iritasi dan menjaga elastisitas kulit

Umumnya, berbagai faktor internal dan eskternal dapat membuat kulit mudah iritasi dan kehilangan elastisitasnya. Di sinilah fungsi penting pelembab untuk mengembalikan kelembapan kulit.

Sekarang, sudah tidak bingung lagi ‘kan akan manfaat pelembap untuk kulit berminyakmu? Jangan malas untuk mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kulit, ya. Semoga berhasil!

Sumber: IDNTimes