cara merawat rambut pria cara merawat rambut pria

Berminyak dan Rontok? Ini Cara Merawat Rambut Pria yang Perlu Dilakukan

Punya rambut dan kulit kepala yang berminyak kadang bisa jadi mengesalkan.

Baru saja pagi tadi keramas karena rambut sudah terlihat berminyak dan kotor, siangnya sudah kembali berminyak dan rambut jadi lepek.

Tak hanya mengganggu penampilan, rambut berminyak juga bisa menimbulkan masalah lain berupa rambut rontok.

Kalau terus dibiarkan, maka rambut rontok lo bisa jadi tambah parah, Men. Biar nggak terus bermasalah, lo bisa ikuti tips cara merawat rambut pria yang berminyak dan rontok di bawah ini.

 

Dari Rambut Berminyak Jadi Rambut Rontok

Sama seperti kulit tubuh, kulit kepala juga memiliki kelenjar sebum yang memproduksi sebum untuk menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut.

Nah, karena berbagai faktor, kelenjar ini bisa jadi terlalu aktif, misalnya saja karena pengaruh hormon, keturunan, penyakit, cara merawat rambut pria yang kurang tepat, serta stres.

Kelenjar yang terlalu aktif akan memproduksi sebum berlebih, membuat kulit kepala dan rambut lo dengan cepat jadi berminyak.

Mungkin lo pikir ini kondisi yang biasa saja dan tak perlu dikhawatirkan. Padahal, Men, kalau masalah rambut berminyak lo nggak diatasi, bisa-bisa berbagai masalah baru akan timbul.

Salah satunya adalah rambut rontok. Minyak berlebih ini menjadi seperti magnet bagi debu dan kotoran, membuat rambut dan kulit kepala lo cepat kotor.

Paduan kotoran dan minyak berlebih ini akan menumpuk di kulit kepala, sehingga secara keseluruhan akan mengganggu kondisi kulit kepala.

Kotoran dan minyak ini juga dapat menyumbat pori-pori, padahal di dalam pori-pori terdapat folikel tempat tumbuhnya rambut.

Pori-pori yang tersumbat bisa membuat folikel rambut meradang, berakibat rambut rontok dan terganggu pertumbuhannya. Lo perlu menerapkan cara merawat rambut pria yang tepat, Men.

Soalnya, kalau lo nggak cari solusinya, jangan heran kalau lama-lama rambut lo jadi terus-terusan rontok dan semakin menipis.

 

Cara Merawat Rambut Pria untuk Cegah Rontok

Untuk mengatasi rambut rontok yang disebabkan kulit kepala berminyak, lo harus cari solusi untuk rambut rontok dan kulit kepala berminyak, nggak bisa sendiri-sendiri.

Coba lo ikuti tips cara merawat rambut pria berikut ini untuk mengatasi keduanya.

Perbaiki cara lo keramas

Saat ini yang lo butuhkan adalah keramas 1-2 hari sekali untuk membersihkan kulit kepala lo dari kotoran dan minyak berlebih. Hindari keramas menggunakan air panas dan hangat karena malah akan memicu kulit kepala jadi tambah berminyak dan rambut semakin rontok nantinya.

Jika biasanya saat keramas lo menggaruk kulit kepala menggunakan kuku, sekarang stop kebiasaan itu karena bisa memicu rambut bertambah rontok. Cukup gosok kulit kepala dengan lembut menggunakan ujung-ujung jari.

Pilih shampo untuk perawatan kulit kepala

Shampo perawatan rambut pria yang seperti ini akan membersihkan dan merawat kulit kepala sehingga dua masalah lo akan langsung teratasi dalam sekali keramas.

Lo boleh coba shampo hasil kolaborasi Garnier Men dan Neril yang dapat membantu merawat kulit kepala dan rambut serta melindunginya dari kerontokan, yaitu Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment Shampoo.

Shampo ini mengandung plant concentrate untuk membantu rambut terlindung dari kerontokan, tampak keren, serta sehat dan kuat.

Tambahkan penggunaan hair tonic

Setelah keramas, gunakan hair tonic yang efektif untuk menutrisi kulit kepala dan merawat kekuatan rambut.

Seperti Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment Tonic, yang formulanya mengandung bahan-bahan alami berupa menthol concentrate dan plant concentrate yang membantu menutrisi dan merawat kekuatan rambut juga kulit kepala, sekaligus untuk menumbuhkan rambut baru.

Pijatkan Garnier Men X Neril Tonic ke kulit kepala saat masih setengah basah agar cepat meresap.

Hindari pemakaian produk styling berlebihan

Tampil dengan rambut rapi memang harus, tapi gunakan produk styling secukupnya saja, Men. Soalnya, produk-produk ini bisa dengan mudah berpindah dari rambut ke kulit kepala lo, lalu menumpuk di permukaannya.

Belum lagi kebanyakan produk styling ini cenderung lengket dan dapat menarik kotoran untuk menempel, sehingga kulit kepala jadi gampang kotor. Tumpukan residu produk styling, kotoran, dan minyak berlebih bisa jadi bencana buat kulit kepala lo.

Perbaiki pola makan jadi lebih sehat

Cara merawat rambut pria ini penting untuk membantu menstabilkan hormon sehingga terhindar dari masalah kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

Untuk merawat kulit kepala dan rambut agar sehat, lo disarankan untuk konsumsi makanan yang tinggi protein (ikan, daging sapi, telur, daging unggas, dan kacang-kacangan), zat besi (hati, daging sapi, daging ayam, bayam, brokoli), Vitamin C (jambu biji, papaya, jeruk, brokoli, kembang kol), dan omega-3 (ikan berlemak, alpukat, walnut, dan biji-bijian).

Jangan lupa minum air putih yang cukup setiap harinya sebanyak dua liter.

 

Kalau Rambut Rontok Tak Berhenti

Lo sudah menerapkan cara merawat rambut pria yang perlu dilakukan, tapi rambut rontok tetap nggak berhenti?

Kalau begini, bisa jadi lo menderita telogen effluvium, yaitu kondisi rambut rontok dalam jumlah besar secara mendadak, sehari bisa mencapai 300-500 helai, jauh lebih banyak dari rontok normal yang mencapai 100 helai.

Biasanya kondisi ini terjadi saat lo menderita penyakit, sedang dalam pengobatan, atau sedang diet sehingga kekurangan nutrisi yang penting untuk rambut.

Akibatnya tak hanya rambut rontok, tapi folikel rambut masuk fase istirahat sehingga tidak ada pertumbuhan rambut baru.

Untungnya, begitu penyebabnya berhenti, misalnya pengobatan lo sudah selesai atau lo berhenti diet, maka rambut akan kembali tumbuh. Untuk mendorong pertumbuhannya, lo bisa terapkan cara merawat rambut pria yang disarankan di atas.

Jika kerontokan rambut nggak berhenti sampai enam bulan atau lebih, maka kerontokan ini sudah tergolong kronis. Kalau sudah begini, sebaiknya lo berkonsultasi dengan dokter kulit, Men, untuk mencari penyebab sekaligus solusinya.

Dengan penerapan cara merawat rambut pria yang benar, masalah kulit kepala berminyak dan rambut rontok lo dapat teratasi dan rambut lo bisa tumbuh kembali.

Lo bisa dapatkan Garnier Men Neril Loss Guard Hair Fall Treatment Shampoo dan Tonic di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.