5 Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan dan Aman untuk Remaja 5 Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan dan Aman untuk Remaja

5 Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan dan Aman untuk Remaja

Kalau kamu sudah biasa merawat wajah memakai produk-produk skincare, mungkin nggak asing dengan istilah bahan aktif. Kandungan bahan ini bikin produk skincare yang kamu pakai bisa efektif merawat kulit wajahmu. Nah, kandungan bahan ini nggak bisa dipakai sembarangan lho, ada yang bisa dipakai bersama bahan aktif lain dan ada yang tidak. Kamu bisa dapatkan info tentang kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan dan yang tidak di bawah ini. 

5 Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan dan Aman untuk Remaja

Apa Itu Bahan Aktif dalam Produk Skincare?

Kalau secara sederhana, bahan aktif bisa diartikan sebagai zat atau senyawa yang memastikan agar produk skincare bisa mengatasi masalah di kulit wajahmu sesuai dengan tujuannya. Misalnya, kalau kulit wajahmu berjerawat, maka produk skincare untuk kulit berjerawat yang kamu pakai akan mengandung bahan-bahan aktif yang membantu mengatasi masalah jerawat, misalnya salicylic acid dan niacinamide

Walau telah teruji aman, tapi bahan aktif juga butuh persetujuan BPOM untuk dijadikan kandungan bahan dalam skincare. Soalnya, bahan aktif memang berbeda jika dibandingkan dengan kandungan bahan yang umum ada di dalam produk skincare. Bahkan FDA, semacam BPOM di Amerika Serikat, menggolongkan beberapa jenis bahan aktif sebagai obat. Jika dinilai aman, baru deh, boleh dipasarkan dan digunakan dalam produk-produk skincare.

Apa berarti produk skincare yang nggak punya bahan aktif tidak bisa dipakai untuk merawat kulit wajah? Tentu saja tetap bisa. Kalau kulit wajahmu nggak bermasalah atau nggak butuh perawatan yang khusus, maka produk-produk skincare tanpa bahan aktif bisa digunakan. Kamu juga perlu memperhatikan bahan-bahan tidak aktif ini lho, karena ada beberapa yang tidak cocok digunakan untuk merawat kulit wajah yang sensitif. 

Bahan Aktif Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan

Nah, salah satu aturan tentang bahan aktif yang kamu perlu tahu adalah tentang bahan aktif skincare yang boleh digunakan bersamaan dan yang tidak. Soalnya, ada bahan-bahan aktif yang nggak bisa bersinergi dengan baik dengan bahan aktif lainnya. Jadi jika kamu me-layer produk-produk skincare dengan bahan-bahan aktif tersebut, malah akan mengganggu kondisi kulit wajahmu atau memperparah masalah yang sudah ada. 

Sebaliknya, ada juga bahan-bahan aktif kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan

dan memberi manfaat yang bagus untuk kulit wajahmu, karena saling mendukung saat bekerja mengatasi masalah kulit wajah. Pemakaian yang bersamaan akan membuat masalah kulit wajahmu akan teratasi dengan lebih cepat dan hasilnya juga optimal. Beberapa bahan aktif kandungan skincare yang bagus dipakai bersamaan itu di antaranya adalah: 

1. Salicylic acid dan niacinamide

Paduan dua bahan aktif ini pas banget untuk membantu merawat kulit wajah yang jenisnya berminyak dan rentan berjerawat, sehingga dapat mengatasi masalah jerawat, pori-pori besar, dan kulit yang bertekstur. Jika dipadukan, salicylic acid dan niacinamide bisa membantu meredakan jerawat yang sedang meradang, kemerahan, dan mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Keduanya juga cocok untuk dijadikan kandungan skincare yang dapat menghilangkan bruntusan. 

2. Vitamin C dan Vitamin E

Kedua vitamin ini sama-sama merupakan antioksidan sehingga andal dalam melindungi sel-sel kulit wajah dari efek buruk agresor lingkungan macam sinar UV dari matahari, polusi, dan asap rokok. Selain itu, Vitamin C merupakan bahan aktif yang biasa digunakan untuk perawatan anti-aging. Jika dipakai bersama Vitamin E, maka manfaat ini akan berlipat ganda bagi kulit wajah. 

3. Niacinamide dan bahan aktif apa saja

Niacinamide punya sifat anti-peradangan, jadi reaksi kulit yang muncul terhadap pemakaian bahan aktif ini biasanya sangat kecil. Karena itu juga, niacinamide merupakan kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan dengan bahan apa saja. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah jumlahnya agar bisa memberi hasil yang optimal.

4. Hyaluronic acid dan bahan aktif apa saja

Selain niacinamide, hyaluronic acid juga merupakan bahan aktif yang cocok untuk dipasangkan dengan bahan aktif lainnya. Soalnya, hyaluronic acid merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh, sehingga digunakan sebagai kandungan bahan skincare dapat diterima oleh tubuh dengan baik. Untuk bahan aktif yang cenderung keras, misalnya retinol, benzoyl peroxide, dan beberapa jenis asam, hyaluronic acid dapat membantu mengurangi efek sampingnya saat digunakan di kulit sensitif. 

5. Vitamin C dan niacinamide

Vitamin C dan niacinamide merupakan dua bahan aktif yang punya begitu banyak manfaat untuk kulit wajah. Keduanya akan efektif dalam mencerahkan kulit dan mengatasi noda hitam. Karena itu, serum Vitamin C dan niacinamide merupakan dua bahan aktif skincare yang boleh dipakai bersamaan, tapi untuk pemilik kulit sensitif harus lebih hati-hati agar tidak iritasi. 

Produk Serum dari Garnier yang Cocok dan Aman untuk Remaja

Nah, buat yang terbiasa pakai serum dari Garnier, ada lho, produk serum yang kandungan bahan aktifnya disebutkan di atas. Kamu jadi tahu deh, paduan bahan aktif kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan dengan serum-serum ini.

  • Garnier Bright Complete Vitamin C Ampoule Serum

Ampoule serum dengan kandungan 3% kombinasi dari Vitamin C dan niacinamide ini telah teruji klinis dapat menyamarkan tanda hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Hanya dalam 6 hari, tanda hiperpigmentasi berupa kulit kusam, warna kulit tidak merata, noda hitam, dan lingkaran hitam di area mata tampak tersamarkan. 

  • Garnier Bright Complete Anti Acne Booster Serum

Serum ini punya kandungan bahan aktif kombinasi sejumlah 4% berupa Vitamin C, salicylic acid, niacinamide, dan AHA, yang dapat mengurangi 90% tanda jerawat juga melawan jerawat serta noda bekas jerawat. Setelah tiga hari pemakaian, kulit wajahmu akan terasa lembut serta tampak bersih dan cerah.

  • Garnier Sakura Glow 30x Hyaluron Booster Serum

Serum dengan kandungan 30x hyaluron dan ekstrak sakura dari Jepang ini akan membantumu mendapatkan kulit wajah yang terasa halus, lembap dan tampak bening seketika dari sekali pemakaian. Setelah dua minggu, kulit wajahmu akan menjadi glowing sehat merona!

  • Garnier Bright Complete 30x Vitamin C Booster Serum

Kandungan 30x Vitamin C murni dari Lemon Yuzu Jepang di serum ini akan beraksi cepat mencerahkan noda hitam dan menyamarkan bekas jerawat dengan menyamarkan warna, ukuran, dan jumlahnya. Dari hasil uji klinis, 92% melihat wajah lebih cerah seketika, sedangkan 91% melihat noda hitam tampak samar setelah pemakaian hari ketiga. 

Panduan kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan oleh remaja ini akan membantumu memilih paduan untuk produk serum Garnier yang tepat sehingga hasil pemakaiannya akan optimal mengatasi masalah kulit wajahmu. Yuk, dapatkan produk-produk serum dari Garnier ini langsung di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya di drugstore, toko kosmetik, dan supermarket terdekat.