Ampoule Adalah Serum Yuk, Cek Perbedaan Ampoule Adalah Serum Yuk, Cek Perbedaan

Apakah Ampoule Adalah Serum? Yuk, Cek Perbedaan, Fungsi, dan Cara Pakainya!

Keinginan untuk merawat kulit wajah secara rutin dan disiplin sudah fix. Namun baru membaca nama-nama produk skincare yang harus digunakan saja mungkin kamu sudah bingung. Dua produk yang paling sering membuat bingung adalah serum dan ampoule. Banyak yang mengira bahwa ampoule adalah serum dan sebaliknya, sehingga memilih salah satunya saja untuk digunakan. Benar nggak, ya? Jawabannya bisa kamu temukan di bawah ini. 


Apakah Ampoule Adalah Serum? Yuk, Cek Perbedaan, Fungsi, dan Cara Pakainya!

Apakah Benar Ampoule adalah Serum?

Mengenai serum dan ampoule, ada beberapa pendapat yang muncul tentang keduanya. Keduanya memang sangat mirip, sama-sama mengandung formula bahan aktif yang biasanya digunakan untuk mengatasi permasalahan wajah tertentu. Misalnya saja serum atau ampoule untuk mengatasi jerawat.

Fungsi dari ampoule dan serum juga memiliki kemiripan yaitu membantu mengatasi permasalahan wajah. Lalu apa perbedaannya? Ampoule dan serum memiliki tekstur yang berbeda. Kebanyakan produk serum memiliki tekstur yang lebih cair atau watery, sedangkan ampoule lebih pekat atau tebal. Kadang ada juga ampoule yang teksturnya mirip dengan gel. Selain tekstur, ampoule memiliki formula bahan aktif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan serum.

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul adalah apakah serum dan ampoule boleh digunakan bersamaan? Jawabannya adalah boleh karena serum dan ampoule bisa bekerja lebih aktif jika digunakan bersamaan. Agar lebih jelas tentang persamaan dan perbedaan serum dan ampoule, ini penjelasan dari masing-masing produk:

- Serum

Merupakan produk skincare untuk perawatan yang berisi konsentrat bahan aktif yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit wajahmu secara spesifik, misalnya masalah jerawat, kulit kusam, penuaan, dehidrasi, dan lainnya. Serum juga pada dasarnya membantu menghidrasi kulit, lho. Kulit yang terhidrasi dengan baik memungkinkan bahan aktif di produk skincare untuk bekerja dengan optimal. 

Umumnya serum hanya mengandung 2-3 jenis bahan aktif, tapi konsentrasinya lebih tinggi daripada yang terdapat di dalam pelembap sehingga efektif dalam mengatasi masalah kulit wajah. selain itu, serum memiliki molekul berukuran kecil sehingga dengan mudah dan cepat menyerap ke dalam kulit. 

Walau bahan aktifnya memiliki konsentrasi tinggi, tapi serum aman digunakan setiap hari pada pagi dan malam hari. Pastikan wajahmu sudah dibersihkan dengan baik sebelum aplikasi serum. Setelahnya, aplikasikan pelembap untuk mengunci nutrisi dan manfaat serum agar tidak cepat menguap lewat pori-pori.

- Ampoule

Sama seperti serum, ampoule adalah produk skincare untuk perawatan. Kegunaan ampoule pun sama dengan serum, yaitu untuk mengatasi masalah kulit wajah secara spesifik. Bedanya ampoule dan serum adalah bahan aktif yang digunakan lebih sedikit tapi konsentrasi lebih tinggi dibandingkan serum. Ini membuat ampoule sangat andal untuk mengatasi masalah kulit wajah dalam waktu relatif lebih cepat dibandingkan serum. 

Karena konsentrasi bahan aktifnya yang tinggi, maka penggunaan ampoule tidak boleh sembarangan lho. Ada ampoule yang hanya boleh digunakan sekali dalam sehari atau 2-3 kali dalam seminggu tapi ada juga produk yang bisa digunakan setiap hari.  Bahkan ada yang hanya digunakan pada saat sangat dibutuhkan saja, misalnya saat kulit wajah dehidrasi akibat penerbangan jarak jauh. Durasi penggunaannya pun dibatasi, biasanya harus dihentikan saat masalah kulit sudah selesai.

Ampoule biasanya dikemas di dalam kapsul sekali pakai atau botol ukuran kecil (vial) agar bahan-bahan aktif di dalamnya tidak cepat rusak karena terpapar udara atau sinar matahari saat kemasan dibuka. Aplikasi ampoule dilakukan di wajah yang sudah dibersihkan, diikuti dengan aplikasi serum. 

Tips Memilih Ampoule yang Bagus untuk Masalah Kulit 

Di pasaran, ada produk serum yang berdasarkan kandungannya lebih cocok menjadi ampoule. Sebaliknya, ada juga produk ampoule yang lebih tepat jika dijadikan serum saja. Bagaimana memastikan kalau ampoule adalah produk yang sesuai dan memberi manfaat yang dijanjikan? Coba kamu terapkan tips di bawah ini:

- Periksa bahan aktif kandungannya. Bahan aktif yang terkandung di dalam ampoule adalah yang sudah terbukti secara klinis dapat mengatasi masalah kulit wajahmu. Misalnya untuk mencerahkan kulit wajah, bahan aktif yang sudah terbukti dapat mengatasi masalahmu di antaranya adalah niacinamide, arbutin, Vitamin C, dan kojic acid. Kamu bisa lakukan riset simpel di internet untuk memastikannya. 

- Pastikan persentase kandungan bahan aktifnya memang efektif untuk mengatasi masalah kulit wajahmu dan aman untuk digunakan. Jangan tergoda dengan persentase yang tinggi padahal sebenarnya jumlah sebesar itu nggak bisa diserap dengan optimal oleh kulit wajahmu.

- Produk ampoule yang bagus akan memberi panduan cara penggunaan yang benar. Ikuti panduan tersebut, ya! Hindari tergoda menggunakan ampoule terlalu sering karena bisa membuat kulit wajahmu iritasi.

Yuk, Kenalan dengan Ampoule Serum Terbaik dari Garnier!

Untuk kamu yang punya masalah kulit wajah berupa hiperpigmentasi, kamu bisa mencoba produk ampoule terbaru dari Garnier, yaitu Garnier Bright Complete 3%  Vitamin C Ampoule Serum. Hanya dalam enam hari saja, ampoule ini dapat membantumu menyamarkan hiperpigmentasi, lho! Ini karena kandungan bahan aktifnya berupa 3% Vitamin C dan niacinamide yang terbukti dapat membantumu mengatasi masalah hiperpigmentasi. 

Bahan aktif Vitamin C dan niacinamide adalah kombinasi formula yang paling baik untuk mengatasi hiperpigmentasi. Vitamin C dan niacinamide terbukti bisa menghambat produksi melanin yang membuat warna kulit tidak merata ataupun hiperpigmentasi.

Garnier Bright Complete Vitamin C Ampoule Serum terbukti klinis dapat mengurangi hiperpigmentasi sebesar 39%, bintik hitam sebesar 34%, kulit belang dan bercak hitam sebesar 32%, dan lingkaran hitam di mata sebesar 38%. Kamu bisa lanjutkan pemakaian ampoule ini secara rutin sesuai anjuran sampai masalah hiperpigmentasi di kulit wajahmu teratasi. Serum ampule terbaru dari Garnier ini cocok untuk semua jenis kulit. 

Ampoule dipakai setelah apa?” Pertanyaan ini bisa jadi muncul di pikiranmu. Nah, kamu bisa gunakan Garnier Bright Complete 3%  Vitamin C Ampoule Serum bersama rangkaian Garnier Bright Complete dengan cara berikut:

  1. Bersihkan wajah menggunakan Garnier Bright Complete Anti Acne Facial Wash lalu keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk.
  2. Aplikasikan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum sebanyak satu kapsul di wajahmu, terutama di bagian yang mengalami hiperpigmentasi. Tunggu beberapa saat sampai cairan ampoule menyerap.
  3. Lanjutkan dengan aplikasi Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum. Tunggu sampai serum menyerap.
  4. Untuk melembapkan kulit pada pagi hari, aplikasikan Garnier Bright Complete Serum Cream SPF 36 PA +++, sementara pada malam hari aplikasikan Garnier Bright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask.
  5. Aplikasikan Garnier Super UV Spot Proof Sunscreen SPF 50 PA ++++ untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari pada pagi-siang hari.

Nah, sekarang kamu sudah paham deh, bahwa perbedaan antara ampoule dan serum. Jika kamu ingin menggunakan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi di wajahmu, langsung aja dapat produk ampoule serum andal ini di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya langsung di drugstore, toko kosmetik, supermarket, dan mini market terdekat.