cara agar awet muda cara agar awet muda

Sudah Tahu Cara Agar Awet Muda dengan Menggunakan Sunscreen?

Kamu mungkin sudah rutin melakukan perawatan kulit wajah pada pagi dan malam hari agar kulitmu selalu sehat dan awet muda.

Namun, kalau kamu sering lalai nggak pakai sunscreen setiap hari, maka cara agar awet muda ini nggak berlangsung optimal.

Pasalnya, paparan sinar UV dari matahari yang terlalu lama di kulit wajah yang tidak terlindungi akan membuat tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat.

Bahkan menurut penelitian, 80 persen tanda-tanda penuaan di kulit wajah disebabkan oleh sinar UV, termasuk dari matahari.

 

Dampak Paparan Sinar UV yang Berlebihan

Paparan sinar UVA dan UVB dari matahari yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang, terutama di kulit yang nggak terlindungi, dapat merusak kulit wajahmu dan memicu terjadinya kanker kulit. FYI, intensitas sinar UV dari matahari paling tinggi adalah pada jam 10 pagi sampai 2 siang.

Jika kamu ingin berjemur untuk produksi Vitamin D di tubuh, maka lakukan pada jam 9-10 pagi selama 15 menit saja. Setelah itu, gunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari sinar UV sebagai cara agar awet muda.

Sinar UVA: Ini adalah sinar UV yang menjadi penyebab terjadinya penuaan dini. Sinar ini dapat masuk ke lapisan tengah kulit (dermis) lalu merusak jaringan kulit, serat kolagen, dan serat elastis kulit sehingga mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, keriput, dan noda hitam.

Sinar UVB: Efek sinar UV yang ini dialami lapisan permukaan kulit (epidermis), ditandai dengan kulit terbakar akibat sel-sel kulit yang rusak. Kulit yang terbakar akan mengelupas karena sel-sel kulit yang rusak akhirnya mati dan luruh.

Walau sinar UVB memiliki gelombang yang lebih pendek dari sinar UVA, tapi intensitasnya lebih tinggi sehingga kerusakan sel-sel kulit akan terjadi dalam waktu singkat.

 

Cara Agar Awet Muda: Lindungi Kulit Wajah dengan Sunscreen

Menggunakan sunscreen menjadi cara agar awet muda yang efektif karena melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar UV dari matahari.

Agar perlindungannya menyeluruh, pilih sunscreen yang memiliki kandungan SPF dan PA, karena SPF melindungi kulit wajah dari sinar UVB sementara PA melindungi dari sinar UVA.

Untuk penggunaan sehari-hari, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA minimal +++ untuk perlindungan optimal. Semakin putih warna kulitmu, berarti semakin tinggi tingkat SPF dan PA yang dibutuhkan.

Saat ini ada dua jenis sunscreen yang saat ini beredar di pasaran. Kamu bisa pilih yang mana yang paling sesuai dengan kondisi kulit wajahmu:

Physical sunscreen yang bekerja dengan membuat lapisan pelindung di permukaan kulit yang berfungsi untuk memantulkan sinar UV sehingga tidak menyentuh kulit sama sekali. Biasanya sunscreen ini memiliki tekstur pekat dan cenderung meninggalkan residu putih di wajah saat dioleskan.

Physical sunscreen relatif aman untuk semua jenis kulit, karena itu menjadi pilihan sunscreen untuk kulit berjerawat karena tidak menyumbat pori-pori dan sunscreen untuk kulit sensitif karena formulanya tidak meresap ke dalam lapisan kulit.

Chemical sunscreen, yaitu tabir surya yang bekerja dengan menyerap sinar UV yang terpapar di kulit. Karena cara kerjanya ini, maka chemical sunscreen butuh waktu sekitar 20 menit untuk menyerap ke dalam kulit sebelum bisa bekerja dan memiliki tekstur yang ringan sehingga mudah terserap oleh kulit.

Tekstur yang ringan membuat sunscreen ini lebih nyaman digunakan sehari-hari dan dapat digunakan sebelum makeup. Tabir surya jenis ini berpotensi membuat kulit iritasi, jadi tidak disarankan untuk kulit sensitif.

 

Sunscreen + Vitamin C = Dynamic Duo

Melihat kebutuhan masyarakat yang ingin produk skincare yang praktis tapi punya banyak manfaat, maka sekarang beberapa produk sunscreen juga sudah mengandung bahan-bahan yang biasanya terdapat dalam skincare lainnya.

Misalnya saja hyaluronic acid agar sunscreen dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit, snail mucin untuk kulit lembap dan glowing, atau Vitamin E sebagai antioksidan.

Nah, sekarang ini yang sedang tren adalah menambahkan Vitamin C sebagai kandungan sunscreen. Vitamin C selama ini dikenal dengan manfaatnya di antaranya berupa mencerahkan kulit wajah dan memudarkan noda hitam, antioksidan yang sangat andal, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

Jika dikombinasikan dengan sunscreen, maka keduanya akan menjadi dynamic duo yang hebat sebagai cara agar awet muda!

Kamu perlu tahu juga nih, kalau sunscreen dan Vitamin C itu sebenarnya saling mendukung dalam bekerja. Menurut penelitian, menggunakan sunscreen yang mengandung Vitamin C itu membuat perlindungan terhadap sinar UV menjadi bertambah.

Selain itu, Vitamin C, yang merupakan antioksidan super andal, akan menetralisir radikal bebas akibat paparan sinar UV di kulit wajah. Dengan demikian, kerusakan di kulit dapat dihindari.

Sebaliknya, sunscreen juga bermanfaat bagi Vitamin C karena vitamin ini rentan teroksidasi oleh cahaya dan panas sinar matahari. Sunscreen membantu mencegah proses oksidasi ini sehingga Vitamin C dapat bekerja dengan optimal.

 

Paduan Sunscreen dan Vitamin C di Sunscreen Terbaru Garnier

Untuk perawatan anti-aging dan cara agar awet muda, Garnier punya sunscreen terbaru yang mengandung Vitamin C, yaitu Garnier Light Complete Super UV Spot-Proof Sunscreen yang memberi perlindungan terhadap sinar UV sehingga kulit cerah terlindungi, noda hitam* tersamarkan, dan kulit bebas belang.

Perlindungan dari sinar UV kamu dapatkan dari kandungan SPF 50+ yang merupakan kadar tertinggi untuk perlindungan sinar UVB, ditambah dengan PA ++++ yang memberi perlindungan tinggi dari sinar UVA.

Perlindungan dari noda hitam* didapat dari kekuatan murni Vitamin C** yang menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Kombinasi keduanya memberi perlindungan optimal bagi wajah dan menjadi cara agar awet muda.

Sunscreen ini terdiri dari dua varian yang bisa kamu pilih berdasarkan jenis kulit wajahmu:

Garnier Light Complete Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ PA++++: Untuk semua jenis kulit. Teksturnya sangat ringan dan seperti air, sehingga cepat menyerap dan tidak terasa lengket atau berminyak. Dapat digunakan untuk sebagai base make up untuk hasil yang flawless.

Garnier Light Complete Super UV Matte Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ PA+++: Sunscreen untuk kulit berminyak dan normal cenderung berminyak.

Varian ini memiliki tekstur yang tidak berminyak, sehingga tidak terasa lengket di kulit wajah dan memberi hasil akhir matte.

Dengan adanya dua varian Garnier Light Complete Super UV Spot-Proof Sunscreen maka cara agar awet muda lewat perawatan kulit jadi lebih mudah, deh.

Kedua varian sunscreen ini bisa kamu dapatkan secara online di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.

*noda hitam akibat sinar UV, dengan pemakaian teratur

**turunan Vitamin C