cara memilih facial wash untuk tipe kulit berminyak cara memilih facial wash untuk tipe kulit berminyak

Cara Memilih Facial Wash untuk Tipe Kulit Berminyak

Pada pagi dan malam hari, rutinitas perawatan wajahmu akan diawali dengan membersihkan wajah.

Cara Memilih Facial Wash untuk Tipe Kulit Berminyak

Jika kulit wajahmu belum dibersihkan dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup yang menempel di kulit wajah, bisa dipastikan akan aplikasi produk-produk skin care jadi sia-sia karena tidak menyerap ke dalam lapisan kulit dengan baik. Agar hasil penggunaannya efektif, maka memilih produk pembersih wajah harus mempertimbangkan jenis dan kondisi kulit. Seperti apa facial wash untuk kulit berminyak? Kamu bisa menemukan jawabannya di sini. 

Mengapa Kulit Wajah Berminyak?

Kamu pasti sudah paham kalau ada empat jenis kulit wajah, yaitu kulit normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Faktor yang membuat perbedaan jenis-jenis kulit wajah ini salah satunya adalah tingkat produksi minyak di wajah. Faktanya, semua kulit wajah memiliki kelenjar sebasea yang memproduksi minyak untuk melembapkan kulit wajah secara alami. Nah, pada jenis kulit berminyak, kelenjar sebasea paling aktif memproduksi minyak sehingga kulit wajahmu menjadi lebih berminyak dibanding jenis kulit wajah lainnya.

Tanda-tanda kulit berminyak adalah kulit cenderung sering tampak mengilap karena adanya lapisan minyak di permukaan kulit. Lapisan minyak ini yang bisa memicu timbulnya masalah seperti wajah yang terlihat kusam dan kotor serta munculnya komedo karena pori-pori tersumbat kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih. Jika terpapar bakteri, maka komedo bisa berubah menjadi jerawat. 

Penyebab kulit wajahmu berminyak adalah faktor genetik. Jika paling tidak salah satu dari orang tuamu memiliki kulit wajah berminyak, maka kamu berpotensi memiliki jenis kulit wajah berminyak. Namun faktor-faktor eksternal juga dapat membuat kulit wajahmu jadi lebih berminyak dari biasanya, misalnya saja: 

- Cuaca di lingkungan tempat tinggal.

Kulit wajahmu cenderung lebih berminyak jika tinggal di daerah dengan cuaca panas dengan kelembapan tinggi. Sementara jika tinggal di daerah yang dingin dengan udara yang cenderung kering, maka kulit wajahmu akan menjadi lebih kering.

- Penggunaan produk skincare yang tidak tepat.

Inilah alasannya kamu dianjurkan untuk menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah, karena penggunaan produk yang tidak tepat akan memunculkan masalah. Misalnya, jika kamu menggunakan facial wash untuk kulit wajah normal padahal kulit wajahmu jenis berminyak, maka masih akan tertinggal kotoran dan sisa minyak di kulit wajah. Ini dapat memicu kulit wajahmu jadi berkomedo dan berjerawat.

- Terlalu sering mencuci wajah.

Kamu mungkin berpikir kalau kulit wajah berminyak harus dibersihkan lebih sering. Walau sudah menggunakan facial wash untuk kulit berminyak, tetap saja mencuci wajah terlalu sering tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan lapisan pelembap alami kulit sehingga kulit menjadi kering. Hal ini dapat membuat kelenjar sebasea memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantinya.

Memilih Facial Wash untuk Kulit Berminyak

Sebenarnya tak sulit untuk memilih pencuci muka untuk kulit berminyak. Kebanyakan produk pembersih di pasaran telah terbagi berdasarkan jenis kulit, jadi kamu tinggal pilih saja yang ditujukan khusus untuk kulit berminyak. Namun agar lebih jelasnya, kamu bisa ikuti cara memilih facial wash untuk kulit berminyak berikut ini;

- Perhatikan teksturnya.

Para pemilik kulit wajah berminyak disarankan untuk memilih facial wash yang memiliki tekstur gel dan foam karena dapat efektif membersihkan kulit wajah sampai mendalam tanpa membuatnya menjadi kering. 

- Lihat kandungan bahan-bahannya.

Pilih yang mengandung bahan-bahan seperti tea tree, lemon, salicylic acid, dan niacinamide karena dapat membantu berbagai masalah yang sering dihadapi oleh kulit berminyak, seperti jerawat, pori-pori tersumbat, dan minyak berlebih.

- Cari tahu apakah produk facial wash bersifat non-comedogenic.

Maksudnya adalah formula dan bahan-bahan yang digunakan dalam facial wash untuk kulit berminyak dan berkomedo sudah terbukti secara klinis tidak menyumbat pori-pori. Hal ini penting karena pori-pori yang tersumbat akan memicu munculnya komedo, dan jika komedo terpapar bakteri akan muncul jerawat.

- Pastikan memiliki formula ringan dan lembut.

Pemilik wajah berminyak sering tergoda menggunakan facial wash untuk kulit berminyak dengan formula yang kuat agar hasilnya wajah super bersih dan kesat. Padahal kulit berminyak butuh pembersih wajah yang lembut membersihkan wajah agar kelembapan alami kulit tetap terjaga. Ini untuk menghindari kelenjar sebasea langsung memproduksi minyak berlebih karena kulit yang kesat berarti kulit yang kering.

Garnier Facial Wash yang Membantu Mencerahkan dan Membersihkan dengan Mendalam

Buat kamu yang masih bingung memilih facial wash untuk wajah berminyak, kamu bisa pertimbangkan facial wash terbaru dari Garnier, yaitu Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam. Facial wash ini cocok untuk membersihkan kulit wajah berminyak karena diformulasikan dengan microbubbles yang membuat facial foam ini dapat membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Busanya 50% lebih padat sehingga lebih lembut saat membersihkan kulit wajah tanpa membuatnya kering.

Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam memiliki kandungan ekstrak lemon yang dapat membantu membersihkan minyak berlebih dengan optimal dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, ada pula kandungan Vitamin C yang membuat facial foam ini dapat membantu membuat kulit wajahmu tampak cerah dan bebas kusam sejak pemakaian pertama. Ini membuat Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam cocok dijadikan facial wash untuk kulit berminyak untuk remaja

Menggunakan facial wash untuk wajah berminyak ini tidak sulit, kok. Basahi terlebih dahulu tangan dan wajahmu, lalu keluarkan sekitar 2 cm facial wash di telapak tangan. Usap dengan gerakan memutar sampai terbentuk busa, tambahkan sedikit air sesekali untuk membuat busa lebih padat. Jika busa sudah terbentuk, baru aplikasikan busa di wajahmu dengan merata sambil dipijat lembut. Jika sudah selesai, bilas dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. 

Untuk hasil yang optimal, kamu bisa gunakan Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam berama rangkaian Garnier Bright Complete Vitamin C lainnya, yaitu Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C, Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum, Garnier Bright Complete Vitamin C Serum Cream, Garnier Bright Complete Vitamin C Super UV Sunscreen SPF 50+ PA++++, dan Garnier Serum Mask Bright Complete Vitamin C.

Setelah paham tentang kulit berminyak serta cara memilih facial wash untuk wajah berminyak, kamu bisa langsung coba Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam. Dapatkan produknya secara online di website resmi Garnier Indonesia, maupun official store Garnier yang ada di berbagai e-commerce dan marketplace. Kamu juga bisa beli langsung di supermarket, drugstore, dan toko kosmetik terdekat.