cara-merawat-kulit-wajah-sensitif-dan-berminyak-yang-wajib-kamu-tahu cara-merawat-kulit-wajah-sensitif-dan-berminyak-yang-wajib-kamu-tahu

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak yang Wajib Kamu Ketahui

Muka oily saja sudah cukup bikin pusing, belum lagi kalau gampang rewel. Mulai dari jerawat, kusam, sampai dengan terbakar atau penuh kilap bikin kepala pusing.

Hal inilah yang menyebabkan kantong gampang kering kalau sampai masalah kulit muka tidak segera ditangani.

Padahal dengan cara merawat kulit wajah sensitif yang tepat, harusnya sebagian besar komplikasi kulit ini bisa kamu cegah.

 

1. Kulit Wajah Sensitif, Seperti Apa?

Kulit wajah yang sensitif bisa disebabkan faktor genetik sampai ke alergi. Masalah kulit sensitif juga bisa dipicu oleh penggunaan produk perawatan kulit wajah yang terlalu keras.

Nah, untuk tau kulit wajah kamu sensitif atau tidak, cek karakteristik kulit sensitif di sini:

Muncul bercak-bercak merah

Bercak-bercak kemerahan adalah salah satu tanda kulit sensitif yang paling umum. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, bakal sering banget mengalami gejala ini.

Jika tidak ditangani dengan cara merawat kulit wajah yang benar, bercak merah ini bisa berkembang jadi iritasi kulit.

Kulit sering terasa gatal

Kulit wajah yang terasa gatal dan kaku juga adalah pertanda kulit sensitif. Walaupun kulit wajah kamu berminyak, tapi kalau kurang kelembapan tetap bisa dehidrasi, lho. Ini yang membuat kulit sensitif jadi gatal dan terasa kaku.

Kulit terasa panas saat menggunakan produk perawatan

Kalau produk perawatan wajah yang kamu gunakan terlalu keras, kulit sensitif biasanya akan bereaksi.

Produk yang tidak sesuai akan membuat wajah kamu terasa panas, bahkan seperti terbakar.

Sebagai cara merawat kulit wajah sensitif, gunakan produk perawatan yang hypoallergenic untuk menghindari sensasi tidak nyaman ini.

Mudah berjerawat

Kulit yang sensitif dan berminyak biasanya mudah sekali berjerawat, karena minyak berlebih di kulit wajah menyumbat pori-pori yang jika terkena bakteri akan muncul jerawat.

Cara merawat kulit wajah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencuci wajah dua kali sehari menggunakan sabun pencuci wajah dengan formula lembut dan non-comedogenic. Ikuti dengan pemakaian obat jerawat tanpa alkohol.

Baca juga: Trik Memilih Pembersih Wajah untuk Wajah Berminyak Agar Tetap Segar Selama Ramadan

 

2. Tips Cara Merawat Kulit Wajah

Kalau sudah 100% yakin kulit wajahmu berminyak dan sensitif, maka selanjutnya kamu harus lakukan cara merawat kulit wajah berikut ini:

Hindari paparan sinar UV

Paparan sinar matahari yang terlalu lama pada siang hari bisa membahayakan kulit wajahmu.

Sinar UV bakal merusak lapisan pelindung kulit sehingga kulit wajah menjadi kering, jerawat meradang, dan muncul tanda-tanda penuaan dini.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara merawat kulit wajah saat kamu sering beraktivitas di luar, yaitu memakai sunscreen juga pelindung berupa topi dan payung.

Ubah pola makan

Ada pepatah mengatakan, “You are what you eat.” Kalau kamu termasuk orang yang suka makan gorengan, makanan yang manis, dan makanan berlemak, jangan heran ya kalau kulit berminyak dan sensitif sering bermasalah.

Baiknya, ubah pola makan kamu jadi lebih sehat dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan segar, karena mengandung vitamin yang menyehatkan kulit wajah.

Jangan lupa minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidrasi sel-sel kulit dari dalam.

Rutin cuci muka

Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak adalah dengan rutin membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif dan berminyak tentu berbeda dengan jenis kulit muka lainnya.

Tekstur sabun, baik foam maupun gel, haruslah lembut dan tidak mengandung zat yang mengiritasi kulit seperti alkohol.

Usahakan pula untuk hindari scrub yang keras karena akan mengikis lapisan pelindung kulit wajah.

Wajib menggunakan pelembap

Jenis kulit normal, kering, atau berminyak, semua pasti membutuhkan pelembap sebagai cara merawat kulit wajah.

Hanya saja, untuk kulit sensitif dan berminyak, pilih yang formulanya ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Hindari pelembap yang berbahan dasar minyak karena dapat menyumbat pori-pori. Asam lipoat, asam glikolat, dan asam alfa hidroksi adalah tiga kandungan terbesar yang harus dihindari karena gampang memicu iritasi dan jerawat di kulit yang sensitif.

Utamakan label hypoallergenic

Tidak banyak orang tahu kalau ada label-label tertentu yang akan sangat membantu dalam memilih produk yang tepat.

Salah satunya adalah hypoallergenic, yang sangat dianjurkan bagi pemilik kulit sensitif. Hypoallergenic adalah istilah untuk menyatakan bahwa produk minim kandungan yang dapat menimbulkan alergi.

Tidak hanya produk perawatan wajah, makeup juga banyak kok, yang berlabel hypoallergenic.

Wajah cerah, berkilau sehat, dan tidak berjerawat sangat mungkin dicapai. Selamat mencoba cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak!

Baca juga: Tips Memilih Pembersih Makeup untuk Kulit Sensitif

 

3. Langkah Perawatan Kulit Wajah

Langkah-langkah perawatan kulit sensitif sebenarnya tidak banyak berbeda dengan perawatan kulit normal.

Perbedaan utamanya terletak di pemilihan produk yang harus dipastikan sesuai dengan jenis kulitmu.

Untuk cara merawat kulit sensitif agar sehat dan bebas masalah, ikut langkah perawatan kulit berikut:

Untuk membersihkan sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah, kamu bisa gunakan Garnier Micellar Water Pink yang cocok untuk kulit sensitif.

Cukup dengan usapan lembut, sisa makeup (non-waterproof) di wajah, bibir, dan mata dapat terangkat tanpa menyebabkan iritasi.

Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan air bersuhu ruang. Gunakan sabun wajah khusus kulit sensitif dan berminyak, seperti Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel yang ditujukan untuk kulit wajah yang sensitif dan rentan berjerawat.

Serap sisa air di wajah dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk, lalu oleskan obat jerawat di area bermasalah.

Setelahnya, langsung oleskan pelembap khusus untuk kulit sensitif. Untuk pagi-siang hari, kamu bisa pilih pelembap (day cream) yang mengandung sunscreen yang membantu melindungi kulit wajah dari sinar UV.

Sebagai perawatan berkala, kamu bisa tambahkan perawatan menggunakan Garnier Serum Mask Hydra Bomb Green Tea yang membantu melembapkan kulit wajah dan pada saat bersamaan menyeimbangkan kadar minyak di wajah.

Atau Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae yang melembapkan dan mencerahkan kulit wajah, membersihkan kotoran secara menyeluruh, dan menghaluskan tampilan pori-pori.

 

4. Pembersih untuk Kulit Wajah

Kulit sensitif gampang banget mengalami iritasi. Sabun wajah yang salah bisa memicu muncul bercak-bercak kemerahan di kulit, bahkan komedo dan jerawat.

Untungnya, sekarang ada Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel, pembersih wajah yang bisa jadi bagian dari cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak.

Dengan tekstur gel yang ringan untuk kulit sensitif dan rentan berjerawat,pembersih wajah ini membantu membersihkan wajah dengan lembut, mengurangi minyak berlebih dan tampilan jerawat, serta mengurangi kemerahan di wajah.

Ini karena Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel mengandung bahan aktif Purifying Zinc dan Witch Hazel yang pas banget untuk membantu mengatasi permasalahan kulit sensitif.

Jangan lupa sertakan Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel sebagai bagian dari cara merawat kulit wajah kamu.

Dapatkan gel pembersih wajah ini di situs resmi Garnier Indonesia atau di drugstore, supermarket, dan toko kosmetik terdekat.

Produk Terkait