cara meratakan warna kulit tidak merata cara meratakan warna kulit tidak merata

Ketahui Cara Meratakan Warna Kulit Tidak Merata dengan Cepat dan Penyebabnya

Rasanya nggak nyaman banget ya, saat wajahmu terlihat belang akibat warna kulit tidak merata. Masalah kulit ini termasuk umum dihadapi oleh perempuan Indonesia karena sebagai negara tropis, sinar mataharinya cenderung punya intensitas yang kuat. FYI, paparan sinar matahari di kulit wajah yang tidak terlindungi adalah penyebab utama kulit belang. Kalau wajah nggak dirawat dengan tepat, masalah ini bisa datang dengan cepat dan sulit untuk pergi.

Ketahui Cara Meratakan Warna Kulit Tidak Merata dengan Cepat dan Penyebabnya

Warna Kulit Tidak Merata Tanda Hiperpigmentasi

Saat warna kulit wajahmu tidak merata dengan adanya area-area yang warnanya lebih gelap dibandingkan area lainnya, berarti kulit wajahmu mengalami hiperpigmentasi. Area kulit menjadi lebih gelap karena sel-sel melanosit, yaitu sel di lapisan kulit yang bekerja memproduksi melanin (zat pigmen kulit dan rambut), menjadi sangat aktif sehingga produksi melanin meningkat. Jika melanin terdapat dalam jumlah besar, maka kulit akan menggelap, bahkan sampai terlihat hitam di beberapa bagian.

Penyebab warna kulit wajah tidak merata yang paling utama adalah paparan sinar matahari. Jika kulit wajahmu tidak terlindungi sunscreen, maka sinar UV dari matahari dapat masuk sampai ke dalam lapisan kulit dan menyebabkan kerusakan. Untuk mencegah kerusakan lebih besar, sel-sel melanosit akan aktif memproduksi melanin sehingga warna kulit menjadi lebih gelap. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka akan muncul flek-flek hitam yang disebut solar lentigo yang tersebar di wajah dan membuat warna kulit tidak merata. 

Selain sinar matahari, ada beberapa penyebab lain yang membuat warna kulit wajahmu jadi belang karena terjadinya hiperpigmentasi, di antaranya adalah:

- Jerawat, luka, dan peradangan lainnya di kulit. Jenis hiperpigmentasinya biasa disebut dengan post-inflammation hyperpigmentation (PIH). 

- Perubahan hormon yang menyebabkan munculnya melasma. 

- Bertambahnya usia.

- Efek samping dari pengobatan.

- Penggunaan produk skincare yang tidak tepat. 

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah yang Terlanjur Belang

Jika kamu merasa terganggu dengan wajah yang warna kulitnya tidak merata, kamu tidak sendiri. walaupun secara umum tidak berbahaya, tapi kulit belang bisa sangat mengganggu bahkan membuat rasa percaya diri berkurang. Ada orang-orang yang mencari berbagai cara agar kulit wajah mereka bisa kembali cerah merata dan bebas dari flek hitam, bahkan tak segan mengeluarkan biaya mahal untuk melakukannya.

Para dokter kulit menyarankan langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tau apa penyebab terjadinya hiperpigmentasi. Jika kamu tau dan paham penyebabnya, maka kamu akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit dan mengikuti saran yang diberikan. 

Bagaimana kalau dana yang kamu punya terbatas? Nggak perlu berkecil hati. Penggunaan skincare untuk warna kulit tidak merata juga bisa membantu membuat kulit wajah kembali cerah merata walau tentu saja, prosesnya berlangsung bertahap sehingga hasilnya tidak instan. Cara-cara mengatasi warna kulit wajah tidak merata dengan produk skincare yang bisa kamu terapkan di antaranya adalah:

- Melakukan eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi bermanfaat untuk meluruhkan sel-sel kulit mati atau rusak dengan lebih cepat, sehingga sel-sel kulit baru yang segar dan cerah bisa naik ke permukaan. Lakukan eksfoliasi secara teratur 1-2 kali seminggu, diutamakan menggunakan produk eksfoliator kimia yang asam (AHA dan BHA). 

- Lindungi kulit dengan sunscreen

Paparan sinar matahari bisa memperburuk kondisi hiperpigmentasi di kulit wajahmu, lho. Karena itu, wajib banget kamu pakai sunscreen setiap pagi-siang hari, terutama jika kamu banyak beraktivitas di luar rumah. Jangan lupa untuk aplikasikan ulang setiap dua jam, ya.

- Menggunakan serum dengan kandungan Vitamin C

Kandungan antioksidan di Vitamin C dapat membantu mengurangi produksi melanin dan meratakan warna kulit tidak merata. Jika kamu menggunakan serum Vitamin C pada pagi-siang hari, pastikan untuk menggunakan sunscreen ya, untuk mencegah oksidasi oleh sinar matahari. 

- Memilih produk skincare dengan kandungan niacinamide

Ada berbagai bahan aktif yang dapat membantu mencerahkan flek hitam, salah satunya adalah niacinamide. Bahan aktif yang merupakan bentuk dari Vitamin B3 ini dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit serta mengatasi warna kulit tidak merata sekaligus mencerahkannya.

Selain menggunakan produk-produk skincare secara rutin pada pagi dan malam hari, kamu juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat. Mencukupi kebutuhan air putih sebanyak minimal dua liter per hari, menerapkan pola makan sehat, berolahraga, cukup istirahat, dan berhenti merokok bisa kamu lakukan untuk memastikan kondisi kulit wajahmu sehat sehingga masalah warna kulit tidak merata bisa segera teratasi.

Meratakan Warna Kulit dengan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum

Kamu yang ingin meratakan warna kulit wajah dengan cepat dan aman bisa mencoba produk terbaru Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum. Formula khusus ampoule serum dari Garnier ini terbukti secara klinis dapat mengurangi warna kulit tidak merata dan bercak hitam hingga 32%. Selain itu bintik hitam juga bisa berkurang hingga 34% dan mengatasi hiperpigmentasi hingga 39%.

Kamu yang memiliki dark circle atau mata panda juga bisa menggunakan produk terbaru dari Garnier karena dari uji klinis pemakaian rutinnya bisa mengurangi permasalahan ini hingga 38%. Seperti yang sudah diketahui formula ampule serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi sehingga dapat membantu permasalahan wajah dengan cepat. Garnier Bright Complete 3%  Vitamin C Ampoule Serum juga dilengkapi dengan niacinamide yang juga membantu meratakan warna kulit wajah. Jadi kamu bisa melihat hasilnya dalam waktu kurang dari seminggu!  

Tapi, perlu diingat ya kamu perlu menggunakan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Kalau kamu selama ini sudah menjadi pengguna rangkaian produk Garnier Bright Complete, berarti kamu tinggal menambahkan di skincare routine yang kamu lakukan setiap pagi dan malam hari. Begini urutan yang tepat:

1. Bersihkan wajah dengan double cleansing terlebih dahulu dengan Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C untuk membersihkan sisa makeup, dilanjutkan dengan Garnier Bright Complete Brightening Face Wash atau Garnier Bright Complete Anti Acne Facial Wash untuk kulit berminyak dan berjerawat.

2. Aplikasikan Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum sebanyak satu kapsul secara merata. Tunggu sampai ampoule menyerap.

3. Lanjutkan dengan aplikasi Garnier Bright Complete Vitamin C 30X Booster Serum

4. Pada pagi hari, lanjutkan dengan aplikasi Garnier Bright Complete Serum Cream SPF 36 PA +++, sementara pada malam hari aplikasikan Garnier Bright Complete Vitamin C Yoghurt Sleeping Mask (Night Cream).

5. Terakhir, aplikasikan Garnier Super UV Spot Proof Sunscreen SPF 50 PA ++++ untuk skincare routine pada pagi hari.

Nggak ribet kan, cara meratakan warna kulit tidak merata dengan menggunakan produk-produk skincare dari rangkaian Garnier Bright Complete? Jadi, langsung aja kamu dapat Garnier Bright Complete 3% Vitamin C Ampoule Serum di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya langsung di drugstore, toko kosmetik, supermarket, dan mini market terdekat.