manfaat vitamin c untuk wajah manfaat vitamin c untuk wajah

5 Manfaat Vitamin C untuk Wajah pada Produk Skincare yang Bantu Cerahkan Wajah

Salah satu tanda kulit wajah yang sehat adalah kulit yang tampak cerah dan bebas noda. Kamu bisa mendapatkannya dengan merawat kulit wajahmu dengan produk-produk skincare yang memiliki kandungan Vitamin C.

Walau lebih dikenal dengan kemampuannya dalam membantu mencerahkan kulit dan memudarkan noda, namun sebenarnya manfaat Vitamin C untuk wajah banyak sekali, lho.

Tapi sebelum membahas paling tidak 5 manfaatnya, yuk, kenalan dulu sama vitamin yang satu ini.

 

Vitamin C, Antioksidan Andal Pelindung Kulit

Ada beberapa jenis vitamin yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, salah satunya adalah Vitamin C atau disebut juga dengan ascorbic acid (asam askorbat).

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, kandungan antioksidan dalam Vitamin C sangat bermanfaat untuk merawat dan melindungi kulit, terutama untuk menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan untuk pembentukan kolagen.

Vitamin C sebenarnya terdapat secara alami di kulit, namun efek pertambahan usia serta paparan sinar matahari dan polusi membuat jumlah Vitamin C di kulit terus menurun.

Karena itu, kamu perlu tambahan Vitamin C, baik lewat asupan makanan dan suplemen, ataupun lewat penggunaan produk-produk skincare yang memiliki kandungan Vitamin C.

Dengan demikian, manfaat Vitamin C untuk wajah akan selalu kamu dapatkan dan kondisi kulit wajah menjadi lebih sehat.

 

5 Manfaat Vitamin C untuk Wajah

Supaya kamu tidak ragu untuk menggunakan produk-produk skincare yang mengandung Vitamin C, misalnya saja micellar water Vitamin C atau serum wajah dengan kandungan konsentrat Vitamin C, kamu bisa pelajari berbagai manfaat vitamin tersebut berikut ini.

Membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas

Mungkin selama ini kamu sudah sering mendengar istilahnya tapi belum paham benar tentang radikal bebas.

Secara garis besar, radikal bebas adalah atom yang kehilangan salah satu elektronnya sehingga kondisinya menjadi tidak stabil lalu mengambil elektron dari atom lain. Nah, atom yang tidak stabil inilah yang disebut radikal bebas.

Radikal bebas sebenarnya diproduksi secara alam oleh tubuh manusia tapi dalam jumlah sedikit sehingga tidak merusak.

Paparan sinar UV dari matahari dan polusi ikut membentuk radikal bebas sehingga jumlahnya di tubuh menjadi berlebihan dan merusak sel-sel tubuh, termasuk sel kulit.

Vitamin C dengan antioksidannya berperan untuk menetralisir radikal bebas sehingga membantu mencegah atau mengurangi kerusakan di sel-sel kulit.

Membantu memudarkan noda hitam dan mencerahkan kulit

Noda-noda hitam di wajah muncul karena produksi melanin (zat pigmen) yang meningkat. Peningkatan produksi melanin ini ditujukan untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari.

Nggak heran kalau kulit wajahmu sering terpapar sinar matahari tapi kamu cuek nggak menggunakan sunscreen, maka kulit akan tampak kusam, menggelap, dan kemudian muncul noda-noda hitam.

Vitamin C dipercaya dapat membantu menghambat produksi melanin di kulit wajah, sehingga noda hitam di wajah memudar dan wajah tampak lebih cerah. Walau begitu, kamu harus menggunakan sunscreen supaya kulit tak lagi menggelap dan muncul noda hitam.

FYI, Vitamin C dapat mendukung kerja sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar matahari lho, jadi, sebaiknya kamu gunakan sunscreen yang mengandung Vitamin C agar manfaat Vitamin C untuk wajah semakin optimal.

Membantu mencegah penuaan dini

Manfaat Vitamin C untuk wajah selanjutnya adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit berupa garis-garis halus dan kerutan serta kulit kendur.

Kedua tanda penuaan kulit ini muncul karena produksi kolagen yang menurun akibat pertambahan usia, sehingga jaringan kulit menjadi lemah.

Vitamin C membantu membentuk kolagen di jaringan kulit sehingga kulit wajah pun menjadi lebih kenyal dan elastis sehingga garis-garis halus dan kerutan memudar. Kulit wajah juga menjadi lebih kencang.

Tak hanya itu, Vitamin C juga membantu melindungi agar kolagen yang sudah terbentuk tidak dirusak oleh radikal bebas.

Membantu menyembuhkan luka

Vitamin C yang berperan membentuk kolagen membuatnya dapat membantu proses penyembuhan luka akibat jerawat, lho. Karena Vitamin C bersifat asam, maka kulit jadi terdorong untuk menyembuhkan luka dengan meningkatkan produksi kolagen.

Tak hanya itu, noda bekas jerawat juga menjadi pudar karena Vitamin C menghambat terbentuknya melanin. Ini salah satu manfaat Vitamin C untuk wajah.

Membantu menjaga kelembapan kulit

Menurut penelitian, manfaat Vitamin C untuk wajah lainnya adalah membantu mengurangi risiko kulit kering. Vitamin C membantu terbentuknya lapisan pelindung di permukaan kulit sehingga air ‘terkunci’ di dalam lapisan kulit dan tidak dapat menguap.

Kulit yang kering merupakan penyebab kulit tampak kusam, karena itu, Vitamin C yang menjaga kelembapan kulit juga sekaligus membantu cerahkan wajah.

 

Produk Skincare Vitamin C Terbaru dari Garnier

Menggunakan produk-produk skincare dengan kandungan Vitamin C bisa membantu kamu mendapatkan 5 manfaat Vitamin C untuk wajah di atas, lho.

Garnier, yang sudah dikenal dengan rangkaian Garnier Light Complete yang mengandung Vitamin C untuk mencerahkan wajah dan memudarkan noda hitam, kini hadir dengan produk skincare terbaru yang membantu kulit wajahmu mendapatkan manfaat Vitamin C, yaitu Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C.

Pembersih wajah tanpa bilas ini menggabungkan teknologi Micelles, yang mengikat dan mengangkat makeup (non-waterproof) dan kotoran bagaikan magnet, dengan Vitamin C dari lemon yang mencerahkan dan menutrisi kulit wajahmu.

Hanya dengan 1x usap, Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C dapat membantu membersihkan makeup dan kotoran sekaligus mencerahkannya. Kulit wajah tampak bersih hingga 99% dan langsung cerah!

Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif, karena formulanya lembut tanpa penambahan alkohol dan pewangi.

Kamu bisa gunakan micellar water Vitamin C ini untuk mendukung rangkaian Garnier Light Complete yang selama ini sudah kamu gunakan untuk perawatan kulit wajahmu. Cara menggunakannya sangat mudah.

Kamu cukup basahi kapas dengan Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C, tekan kapas basah ke kulit wajah, lalu usapkan dengan lembut ke seluruh kulit wajah dan leher untuk membersihkannya.

Jadi, apa kamu sudah siap mendapatkan manfaat Vitamin C untuk wajah lewat Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C?

Jika ya, kamu bisa mendapatkan produk ini secara online di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.