panduan lengkap niacinamide untuk kulit wajah panduan lengkap niacinamide untuk kulit wajah

Panduan Lengkap Niacinamide untuk Kulit Wajah

Setiap beberapa waktu, akan ada 1-2 bahan kandungan skin care yang hype dan jadi bahasan para beauty enthusiast. Nah, beberapa tahun terakhir ini, niacinamide menjadi salah satunya. Zat yang merupakan turunan dari Vitamin B3 ini dikenal punya banyak manfaat bagi kulit, di antaranya adalah membantu mencerahkan kulit, memudarkan noda hitam, mengatasi jerawat, dan mencegah penuaan dini. 

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama niacinamide tapi belum benar-benar paham mengenai manfaatnya bagi kulit wajah dan cara penggunaannya yang tepat. Yuk, simak di sini panduannya!

Lebih Kenal tentang Niacinamide

Disebut juga dengan niacinamida dan nikotinamida, niacinamide merupakan salah satu bentuk turunan dari Vitamin B3. Vitamin ini memiliki manfaat antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, sekaligus membantu regenerasi sel-sel tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan memastikan sel-sel ini berfungsi dengan optimal. Tentu saja, sel-sel tubuh ini termasuk sel-sel kulit. Niacinamide bisa direkomendasikan digunakan untuk yang berusia di atas 13 tahun. 

Vitamin B3 merupakan vitamin yang tidak disintesis tubuh, sehingga untuk mendapatkan manfaatnya, kamu harus mengonsumsinya atau menggunakannya secara topikal (oles). Coba deh, kamu lihat di kemasan suplemen Vitamin B kompleks, umumnya tertulis nama nikotinamida (nicotinamide) di daftar kandungannya. 

Untuk mendapatkan asupan Vitamin B3 secara alami, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini, seperti hati, daging ayam, ikan tuna, ikan salmon, daging sapi, kacang-kacangan, alpukat, jamur, dan beras cokelat. Nah, agar kulit wajahmu mendapat asupan Vitamin B3 ini secara optimal, kamu bisa menggunakan produk skin care yang mengandung niacinamide

Keunggulan dari turunan dari Vitamin B3 ini adalah kemampuannya untuk bekerja sama dengan kulit wajahmu secara alami untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisinya menjadi lebih baik. Nggak hanya itu, niacinamide juga dapat bekerja dengan baik bersama bahan-bahan kandungan lainnya, sehingga memberi manfaat yang optimal bagi kulit wajah.

Sederet Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Apa saja manfaat spesifik dari niacinamide untuk wajah? Wah, ada banyak banget! Kamu bisa lihat daftarnya di bawah ini:

  • Memperbaiki sel-sel kulit wajah yang rusak dan melindunginya dari kerusakan. Bahkan menurut penelitian, zat ini dapat membantu mencegah terbentuknya kanker kulit, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar UV dari matahari.
  • Melawan stresor dari luar dan dalam tubuh yang menyebabkan kulit wajah breakout dan mengalami penuaan dini, seperti polusi, asap rokok, gaya hidup tak sehat, stres, dan kekurangan nutrisi.
  • Mencegah terjadinya transfer pigmen di kulit wajah, sehingga mengurangi munculnya noda hitam. Menurut penelitian, penggunaan konsentrat niacinamide sebanyak lima persen terbukti dapat mencerahkan noda hitam dalam waktu empat minggu.
  • Memperkuat skin barrier. Niacinamide membantu pembentukan keratin dan ceramide. Kedua zat ini merupakan kandungan penting di dalam skin barrier yang memastikan kondisinya kuat dan sehat, sehingga dapat bekerja dengan optimal. 
  • Meredakan peradangan dan kemerahan di kulit wajah, karena Vitamin B3 memiliki sifat antiinflamasi. Karenanya, vitamin ini cocok untuk merawat kulit dengan eksim, rosacea, kulit sensitif, dan yang rentan berjerawat. 
  • Mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Manfaat ini ditambah dengan sifat antiinflamasinya, membuat para dokter kulit menyarankan penggunaan produk skin care dengan kandungan niacinamide untuk jerawat dan kulit berminyak. 
  • Melembapkan dan melembutkan kulit wajah.

Manfaat Niacinamide dari Garnier Ampoule Mask

Setelah mengetahui manfaat niacinamide, kamu tentu nggak sabar untuk mencoba produk skin care yang mengandung Vitamin B3 ini. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya dari masker, kamu bisa coba salah satu varian dari Garnier Ampoule Mask, yaitu Garnier Ampoule Mask Niacinamide + Kale

Varian sheet mask terbaru Garnier ini mengandung 2% niacinamide yang membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi minyak berlebih, serta ekstrak kale yang dikenal dapat merawat kulit menjadi sehat dan awet muda. Paduan keduanya memberi manfaat purifying dengan hasil berupa minyak berlebih di wajah berkurang, serta kulit wajah tampak bersih, sehat, dan glowing

Garnier Ampoule Mask Niacinamide + Kale cocok untuk jenis kulit wajah berminyak. Gunakan sheet mask ini selama lima menit saja pada saat dibutuhkan, seperti setelah kamu beraktivitas di luar seharian dan terpapar polusi, setelah cheat meal, serta saat pergantian musim. 

Selain Garnier Niacinamide Mask, Garnier Ampoule Mask juga punya dua varian lainnya lho, yaitu:

  • Garnier Ampoule Mask Vitamin C + Pineapple  dengan formula 1% Vitamin Cg yang membantu mencerahkan dan menyegarkan kulit kusam dan memudarkan noda hitam di kulit wajah.
  • Garnier Ampoule Mask Hyaluron + Watermelon dengan formula 1% Hyaluron yang memberi manfaat anti-aging berupa kulit wajah yang elastis, kencang, segar, dan tampak halus.

Yuk, buruan beli Garnier Ampoule Mask Niacinamide + Kale di website Garnier Indonesia dan di toko resmi Garnier Indonesia di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.

Aturan Pakai Produk Skin Care dengan Kandungan Niacinamide

Walau punya begitu banyak manfaat untuk kulit wajahmu dan tergolong aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit, tapi penggunaan produk-produk skin care dengan kandungan niacinamide nggak bisa sembarangan, lho. Ada aturan pakainya agar kulit wajahmu terhindar dari iritasi dan dampak buruk lainnya.  

Beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat ingin menggunakan produk-produk skin care dengan kandungan niacinamide adalah:

  • Mulai dari konsentrasi rendah

Para dokter kulit menyarankan untuk menggunakan konsentrasi yang rendah dulu saat awal-awal menggunakan produk, bisa dimulai dari konsentrasi 2 persen seperti yang terdapat di Garnier Ampoule Mask Niacinamide + Kale. Setelah kulit terbiasa, baru konsentrasinya bisa ditingkatkan. Untuk penggunaan sehari-hari, disarankan sebesar lima persen. Kalau kulit wajahmu benar-benar bermasalah, maka bisa pakai sampai konsentrasi 10 persen.

  • Hindari berlebihan

Bisa jadi kamu nggak sadar kalau produk-produk skin care kamu sudah mengandung zat ini, mulai dari niacinamide serum, pelembap, masker, sampai sunscreen. Kamu harus jeli memperhatikan karena khawatirnya, kulit wajahmu terpapar bahan kandungan ini sampai berlebihan. Paparan yang berlebihan dapat membuat kulit iritasi, kemerahan, bahkan sampai meradang.

  • Padukan dengan bahan kandungan lain

Agar memberi manfaat optimal, kamu bisa memadukan penggunaan niacinamide dengan bahan lain. Hyaluronic acid misalnya; penggunaan keduanya bersamaan dapat meningkatkan penyerapan produk, lho. Penggunaan bersama alpha arbutin ampuh banget untuk mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam. Sementara untuk membasmi jerawat, gunakan bersama zinc. Tapi, perlu diingat ya niacinamide itu tidak boleh dipakai berbarengan dengan formula yang bersifat asam seperti AHA, BHA, dan Vitamin C.

Mudah-mudahan panduan tentang niacinamide ini bisa membantumu lebih paham jika ingin menggunakan produk-produk skin care dengan kandungan tersebut, ya.