perbedaan sunscreen dan sunblock perbedaan sunscreen dan sunblock

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Wajah, Serta Rekomendasinya untuk para Hijaber Cegah Kulit Belang

Tinggal di daerah tropis memang menyenangkan karena mendapat curahan sinar matahari sepanjang tahun.

Namun hal ini harus diwaspadai karena sinar UV dari matahari dapat memberi efek buruk bagi kulit, mulai dari kulit menggelap, terbakar, noda hitam, sampai yang paling parah adalah kanker kulit.

Apalagi kalau kamu menggunakan hijab, rentan banget mengalami kulit belang di wajah, karena ada bagian yang tertutup hijab dan yang tidak.

 

Sinar UV dari Matahari, Penyebab Berbagai Masalah Kulit

Salah satu penyebab utama munculnya masalah kulit, terutama penuaan dini, adalah paparan sinar UV (ultraviolet) dari matahari. Sinar UV sebenarnya ada tiga jenis, namun yang sampai ke Bumi hanya sinar UVA dan UVB.

Jika kulitmu yang tanpa perlindungan terlalu sering terpapar langsung kedua sinar UV ini saat intensitasnya sedang tinggi (antara pukul 10 pagi sampai 3 sore) dan dalam jangka waktu lama, maka efeknya akan buruk bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Sinar UVA: Sering disebut dengan aging rays. Sinar ini dapat masuk ke lapisan dermis lalu merusak kolagen dan jaringan kulit, sehingga memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, keriput, dan noda hitam.

Sinar UVB: Kalau sinar ini disebut dengan burning rays. Sinar UV ini merusak permukaan kulit dengan membuat kulit kusam, kemerahan, kulit belang, dan terbakar. Karena intensitasnya yang lebih tinggi, efek kerusakan dari sinar UVB langsung terasa dibanding sinar UVA.

Agar tidak terpapar sinar UV terlalu lama, pastikan kulit wajahmu selalu terlindungi saat kamu harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari untuk menghindari kulit belang. Caranya bisa dengan menggunakan sunscreen atau sunblock.

 

Sunscreen dan Sunblock, Apa sih Bedanya?

Saat melihat deretan produk tabir surya untuk kulit wajah di toko kosmetik, mungkin kamu bingung karena ada yang disebut dengan sunscreen dan sunblock, ada juga yang menggunakan istilah chemical sunscreen dan physical sunscreen. Nah, biar kamu nggak bingung, simak penjelasannya, ya.

Sunscreen

Sering disebut dengan chemical sunscreen, produk ini melindungi kulit wajah dari sinar UV dengan cara masuk ke dalam jaringan kulit lalu menyerap sinar UV sebelum sempat membuat kerusakan di kulit. Sinar UV ini kemudian diubah menjadi energi panas lalu dikeluarkan dari kulit.

Karena cara kerjanya ini, kamu harus memastikan sunscreen menyerap dengan baik setelah diaplikasikan di kulit dengan memberi waktu sekitar 30 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan.

Sunscreen sering kali menjadi pilihan banyak orang karena teksturnya cair dan dapat membaur dengan baik di kulit.

Namun jika kulit wajahmu sensitif dan cenderung mudah meradang, maka harus hati-hati memilih sunscreen karena ada beberapa bahan kandungannya yang potensial membuat kulitmu iritasi.

Sunblock

Berbeda dari sunscreen, sunblock bekerja dengan cara membuat lapisan pelindung di permukaan kulit yang memantulkan sinar UV.

Karena membuat penghalang fisik di permukaan kulit, maka sunblock sering disebut physical sunscreen. Sunblock tak butuh waktu untuk menyerap ke dalam lapisan kulit, jadi langsung bekerja begitu diaplikasikan ke kulit.

Kamu harus pastikan kalau sunblock diaplikasikan merata ke seluruh kulit wajah agar efektif melindungi dari sinar UV.

Kekurangan dari sunblock adalah teksturnya cenderung lebih pekat, lengket, dan meninggalkan residu putih di permukaan kulit wajah, sehingga kurang cocok jika kamu ingin menggunakan makeup setelahnya.

Namun jenis tabir surya ini paling aman untuk semua jenis kulit, bahkan jenis kulit wajah yang sensitif dan kulit anak-anak, karena cenderung tidak mengiritasi kulit.

Hal yang penting kamu pastikan saat menggunakan sunscreen atau sunblock adalah kadar SPF (perlindungan terhadap sinar UVB) dan PA (perlindungan terhadap sinar UVA) yang tinggi di tabir suryamu saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap 2 jam sekali jika aktivitasmu di bawah sinar matahari berlangsung dalam waktu lama untuk mencegah kulit belang.

 

Perlindungan Ganda Garnier dari Sinar UV

Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ merupakan produk terbaru yang memberi perlindungan ganda terhadap sinar UV dari SPF 50+ dan noda hitam dari vitamin C*. Sunscreen ini khusus diciptakan untuk wanita Asia untuk melindungi wajah dari kulit belang, menyamarkan noda hitam*, kulit tampak cerah, serta tidak meninggalkan noda di baju atau hijab.

Sunscreen wajah Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ bisa diandalkan untuk para hijaber yang ingin mencegah dan mengatasi kulit belang serta noda hitam di wajah.

Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ terdiri dari dua varian yang bisa kamu pilih berdasarkan jenis kulit wajahmu:

Matte finish dengan SPF 50+ PA +++ bisa digunakan bagi yang memiliki jenis kulit wajah normal cenderung berminyak. Varian ini memiliki tekstur ringan dan tidak lengket, serta tidak meninggalkan noda di hijab maupun pakaian, dan dapat memberi hasil akhir yang matte.

Natural finish dengan SPF 50+ PA++++ bisa digunakan bagi semua jenis kulit. Teksturnya sangat ringan dan melembapkan, sehingga cepat menyerap dan tidak terasa lengket atau berminyak.

 

Cara Mengatasi Kulit Belang dan Noda Hitam di Wajah

Nggak usah panik kalau kulit belang dan noda hitam terlanjur muncul di wajahmu. Berikut langkah yang bisa dilakukan agar kulit wajahmu bisa kembali cerah merata, bebas belang, terhindar dari noda hitam.

Tetap lakukan rutinitas perawatan kulit tiap pagi dan malam hari. Perawatan akan lebih efektif jika menggunakan rangkaian produk yang memiliki kandungan Vitamin C, seperti rangkaian Garnier Light Complete.

Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga sel-sel kulit baru yang lebih segar dan cerah dapat naik ke permukaan kulit.

Pilih serum yang memiliki bahan kandungan Vitamin C yang tinggi agar bekerja dengan cepat dan efektif dalam mencerahkan kulit wajah, meratakan warna kulit, dan mencerahkan noda hitam. Nah, untuk ini, kamu bisa gunakan Garnier Light Complete Vitamin C 30X Booster Serum.

Untuk mencegah kulit belang muncul kembali, selalu lindungi kulit wajahmu dengan Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ setiap beraktivitas di bawah sinar matahari.

Sekarang para hijaber bisa terhindar dari masalah kulit belang saat beraktivitas di luar ruangan.

Kamu bisa dapatkan Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ secara online di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau dapatkan langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.