Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya untuk Remaja Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya untuk Remaja

5 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya untuk Remaja

Orang-orang bilang kalau masa remaja adalah masa yang paling indah dalam hidup. Walau begitu, ada satu masalah kulit yang dapat membuat masa yang indah ini jadi terganggu, yaitu jerawat. Setelah sembuh pun, masih ada bekas jerawat yang harus dihilangkan. Namun nggak usah risau, karena rekomendasi skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya untuk remaja ini bisa bantu kamu untuk mengatasi masalah ini. 

Penyebab Munculnya Jerawat pada Remaja

Jerawat memang jadi masalah kulit wajah yang bisa sangat mengganggu remaja, bahkan membuat rasa percaya diri jadi turun. Bahkan ada penelitiannya lho, yang hasilnya menyebutkan kalau rasa percaya diri dan penghargaan diri remaja jadi turun drastis saat berjerawat. Soalnya, kebanyakan remaja jadi merasa dirinya nggak menarik.

Padahal, hampir semua remaja mengalami masalah jerawat. Penyebab utamanya adalah produksi hormon androgen, yaitu kelompok hormon laki-laki, yang meningkat pada usia remaja. Ini terjadi nggak hanya pada cowok tapi juga pada cewek. Produksi hormon ini membuat kelenjar sebasea lebih banyak memproduksi minyak alami, sehingga kulit wajahmu jadi sangat berminyak. Kondisi ini juga bisa muncul di bagian lain tubuhmu, yaitu punggung, pundak, leher, dan dada.

Minyak berlebih ini dengan mudah dapat memicu munculnya jerawat. Minyak di wajahmu jadi seperti magnet yang membuat kotoran menempel di kulit wajah. Kemudian, bersama kotoran dan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori dan membentuk komedo yang sebenarnya sudah merupakan jerawat tapi tidak meradang. Jika sumbatan terpapar bakteri, baru jerawatmu akan meradang dan setelah sembuh akan meninggalkan bekas. 

Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya untuk Remaja

Dari penjelasan di atas bisa dilihat kalau penyebab munculnya jerawat mungkin nggak bisa dihindari, tapi munculnya jerawat bisa kamu cegah dengan perawatan memakai produk skincare remaja untuk kulit berjerawat. Nggak hanya membantu meredakan jerawat, perawatan kulit wajah yang tepat juga akan membantu noda bekas jerawat cepat pudar dan mencegah jerawat cepat muncul lagi.

Ini lima rekomendasi produk skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya untuk remaja yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Pembersih wajah yang lembut 

Membersihkan kulit wajah merupakan langkah awal yang penting untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Pilih pembersih wajah yang formulanya lembut agar kulitmu yang sedang meradang tidak semakin teriritasi. Pastikan pembersih wajahmu bersifat non-comedogenic agar kandungan bahannya tidak menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat. 

Akan lebih baik kalau pembersih wajahmu juga memiliki kandungan bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi jerawat dan bekasnya.

2. Serum untuk mengatasi jerawat sekaligus mencerahkan

Buat kamu yang belum pernah pakai serum wajah sebelumnya, serum adalah salah satu produk yang andal banget untuk mengatasi masalah kulit. Soalnya, di dalam serum terkandung konsentrat bahan-bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit wajahmu.

Serum sebagai produk skincare untuk jerawat dan bekasnya biasanya mengandung bahan aktif berupa BHA (salicylic acid) dan AHA (glycolic acid, lactic acid, citric acid) untuk membantu mengatasi jerawat dan mengeksfoliasi kulit wajah. Selain itu, kandungan niacinamide dan Vitamin C dapat membantu mengatasi noda hitam bekas jerawat. 

3. Obat jerawat oles

Jika jerawatmu tergolong parah, maka dokter kulit kemungkinan akan memberimu obat jerawat oles untuk membantu mengatasinya. Sebaiknya kamu jangan ikut-ikutan pakai obat jerawat oles yang diberikan dokter kulit untuk masalah jerawat temanmu, karena obat itu khusus dibuat untuk kondisi jerawat temanmu yang bisa jadi berbeda dengan kondisi jerawatmu.

4. Sunscreen

Suncreen jadi salah satu produk skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya untuk remaja yang wajib dipakai secara rutin. Soalnya, sinar UV dari matahari dapat membuat kondisi kulit wajahmu yang sedang sensitif menjadi lebih buruk, sehingga jerawat jadi sulit sembuh. Selain itu, sinar UV ini juga dapat membuat noda bekas jerawat menjadi semakin gelap dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya.

5. Sheet mask dengan kandungan serum

Sebagai perawatan tambahan, kamu bisa tambahkan sheet mask sebagai produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah. Karena memiliki kandungan serum, biasanya pemakaian sheet mask memberi hasil instan. Kulit wajahmu juga akan terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya.

Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya untuk Remaja dari Garnier

Jika kamu punya masalah jerawat dan noda hitam bekas jerawat yang mengganggu, kamu bisa pilih rangkaian produk skincare jerawat remaja dari Garnier, yaitu Garnier Bright Complete Anti-Acne. Memiliki kandungan bahan aktif berupa Vitamin C, salicylic acid, niacinamide, dan AHA, pemakaian rangkaian produk Garnier Bright Complete Anti-Acne dapat membantumu mengatasi masalah jerawat dan bekasnya dengan lebih cepat. 

Rangkaian skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya untuk remaja ini terdiri dari:

  • Garnier Bright Complete 3-in-1 Anti Acne Facial Wash terbukti dapat membasmi 99,9% bakteri penyebab jerawat, yaitu bakteri Cutibacterium acnes dan Staphylococcus aureus, karena memiliki kandungan salicylic acid. Sementara kandungan Vitamin C-nya membantu memudarkan dan menyamarkan noda bekas jerawat yang menghitam.
  • Garnier Bright Complete Anti-Acne Booster Serum memiliki kandungan bahan aktif sebesar 4% yang terdiri dari Vitamin C, salicylic acid, niacinamide, dan AHA. Paduan bahan-bahan aktif ini terbukti dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan memudarkan noda hitam bekas jerawat, sekaligus membantu mengatasi jerawat dan menghilangkan sumbatan di pori-pori dengan cepat. Setelah pemakaian selama tiga hari, Garnier Bright Complete Anti-Acne Booster Serum terbukti secara klinis dapat mengurangi jerawat sampai 45% dan noda hitam bekas jerawat sampai 50%. Tak hanya membantu mengatasi bekas jerawat hitam, serum ini juga bisa kamu gunakan sebagai produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat merah.
  • Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Serum Mask adalah sheet mask yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat karena mengandung 3% bahan aktif berupa salicylic acid, niacinamide, dan Vitamin C. Setelah pemakaian tissue mask ini selama 15 menit, kulit wajah menjadi tampak cerah dan noda bekas jerawat tampak lebih samar.

Pakai rangkaian Garnier Bright Complete Anti-Acne sebagai produk skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya untuk remaja secara rutin agar hasilnya sesuai dengan harapan. Kamu bisa dapatkan rangkaian produknya secara online di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya langsung di drugstore, toko kosmetik, supermarket, dan minimarket terdekat.