kegunaan rose water kegunaan rose water

Kegunaan Rose Water, Salah Satunya Bikin Kulit Bersih dan Glowing

Mungkin selama ini kamu hanya tau kegunaan rose water sebagai air untuk campuran masker bubuk.

Padahal, itu hanya salah satu dari sekian banyak kegunaan air dari hasil penyulingan kelopak-kelopak bunga mawar ini.

Ada begitu banyak manfaat rose water untuk wajah yang bisa kamu dapatkan, termasuk membersihkan kulit wajah dan membuatnya tampak glowing!

 

Terpercaya sejak Zaman Dahulu

Menggunakan rose water untuk perawatan wajah bukan merupakan hal yang baru untuk para perempuan, lho. Kalau menurut sejarah, air mawar pertama kali diciptakan di Persia pada masa Kekaisaran Sasanid.

Setelah orang-orang Romawi menemukan berbagai kegunaan rose water bagi tubuh, maka rose water jadi komoditas perdagangan yang berharga pada masa itu.

Salah satu tokoh perempuan yang terkenal gemar menggunakan air mawar untuk perawatan kecantikannya adalah Ratu Cleopatra.

Untuk perawatan kulit tubuh dan wajah, ia terbiasa mandi menggunakan air mawar murni. Kebiasaan ini kemudian ditiru oleh kaum perempuan di Mesir, yang menggunakan air mawar untuk membersihkan kulit dan untuk merawat kulit agar awet muda.

 

Kegunaan Rose Water untuk Kulit Wajah

Biar kamu nggak ragu menggunakan produk perawatan yang mengandung rose water untuk kulit wajahmu, simak manfaat-manfaatnya berikut ini.

Membersihkan sampai ke pori-pori

Kotoran, sisa makeup, dan partikel polusi bisa menempel di wajah bahkan masuk ke pori-pori dan menyumbatnya, menyebabkan munculnya komedo sampai jerawat.

Air mawar dipercaya dapat membantu mengangkat semua kotoran di kulit wajah, sampai yang ada di dalam pori-pori, sehingga kulit wajah bersih dan terlihat cerah.

Menghidrasi kulit wajah

Semua jenis kulit wajah membutuhkan kandungan air yang cukup untuk menjaga kelembapannya.

Nah, air mawar dapat membantu menyuplai kandungan air ini sehingga kulit terhidrasi dengan baik. Kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan air mawar atau gunakan air mawar sebagai face mist untuk menghidrasi kulit saat dibutuhkan.

Mengontrol produksi minyak

Air mawar mengandung bahan yang mirip dengan astringen yang membantu membuat pori-pori tampak lebih kecil dan mengontrol aktivitas kelenjar minyak di kulit sehingga produksi minyak berkurang.

Selain itu, kulit wajah yang terhidrasi dengan baik juga membantu lho, dalam mengontrol produksi minyak.

Membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat

Bersifat antibakteri dan antiseptik secara alami, air mawar dapat diandalkan untuk membantumu mencegah infeksi di kulit, bahkan mengobatinya jika terlanjur infeksi. Salah satunya adalah jerawat.

Meredakan peradangan kulit

Kegunaan rose water lainnya adalah membantu meredakan kulit wajah yang meradang akibat iritasi, termasuk efeknya seperti muncul ruam merah dan terlihat membengkak.

Ini karena air mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang membuat kulit tenang dan nyaman saat meradang.

Melindungi kulit dari radikal bebas

Radikal bebas yang berasal dari lingkungan, di antaranya polusi, sinar UV dari matahari, dan asap rokok, dapat merusak sel-sel kulitmu, lho.

Sel kulit yang teroksidasi radikal bebas membuat skin barrier melemah sehingga munculnya tanda-tanda penuaan dini, iritasi, jerawat, kulit kusam, dan masalah lainnya.

Nah, air mawar yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu menetralkan efek radikal bebas di kulit wajah sehingga wajah awet muda, bebas masalah, dan membuat wajah glowing.

Perawatan anti-aging

Selain dapat menghidrasi kulit wajah dan mengandung antioksidan yang tinggi yang membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit, air mawar juga memiliki pH yang mendekati pH kulit, lho, sehingga pH kulit terjaga keseimbangannya (asam) di angka 4,1 sampai 5,8.

Menurut penelitian, pH kulit dalam kondisi seimbang dapat membantu mengurangi terbentuknya keriput secara signifikan.

 

Manfaat Sesuai Jenis Kulit

Dengan berbagai kegunaan rose water, semua jenis kulit bisa menggunakan air mawar untuk merawat kulit, termasuk jenis kulit sensitif. Berikut ini manfaat-manfaatnya sesuai jenis kulit wajahmu.

Kulit normal: Kulit jenis ini relatif tak mudah bermasalah, namun tetap harus dirawat agar bersih, lembap, dan terlindungi.

Jadi, secara umum, air mawar dapat membantu menjaga kondisi kulit wajahmu agar tetap sehat dan ideal.

Kulit berminyak: Memiliki ciri berupa kelenjar minyak yang aktif memproduksi minyak, pori-pori yang terlihat besar, serta cenderung mudah berkomedo dan berjerawat.

Menggunakan air mawar dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah, menyamarkan tampilan pori-pori, membersihkan kotoran di pori-pori sehingga tak menjadi komedo, serta mencegah dan mengobati jerawat.

Kulit kering: Kulit wajah kering umumnya kurang hidrasi dan kelembapan alami, sehingga tampilannya mudah kusam, teksturnya kasar, pecah-pecah, dan rentan mengalami penuaan dini.

Kegunaan rose water berupa membersihkan kulit dengan lembut, menghidrasi kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, dan mencegah penuaan kulit sangat pas untuk merawat jenis kulit ini.

Kulit kombinasi: Merupakan gabungan dari jenis kulit berminyak dan kering. Jika selama ini kamu kerepotan karena harus menggunakan produk perawatan berbeda di area kulit berminyak dan kulit yang kering, maka penggunaan air mawar dapat menjadi solusinya karena cocok digunakan oleh kedua jenis kulit tersebut.

Kulit sensitif: Ditandai dengan kondisi kulit yang sangat kering dan mudah meradang karena iritasi, karena itu tak bisa sembarangan memakai produk perawatan kulit.

Dengan keunggulan berupa sifat anti-inflamasi, pH yang mendekati pH kulit, dan kandungan antioksidan yang tinggi, air mawar dapat diandalkan untuk merawat kulit yang sensitif.

 

Kandungan Rose Water di Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow

Berbagai kegunaan rose water ini bisa kamu dapatkan di Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow, pembersih makeup terbaru dari Garnier yang diperkaya dengan rose water.

Manfaat micellar rose water ini nggak hanya membersihkan wajahmu dari makeup (non-waterproof), tapi juga menutrisi kulit wajah dan membuatnya tampak glowing.

Teknologi Micelles di Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow mengikat lalu mengangkat sisa makeup dan kotoran seperti magnet sehingga kamu cukup mengusapkan kapas dengan lembut di kulit wajah.

Kandungan rose water membantu membuat wajah tampak glowing seketika. Berbagai kegunaan rose water membuat micellar rose water ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit lho, termasuk kulit yang sensitif.

Kelebihan lainnya Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow tidak mengandung alkohol, memiliki kadar pH 7 sama dengan air, tidak meninggalkan residu pada kulit, membuat kulit jadi lebih glowing, dan formulanya vegan friendly!

Nah, setelah paham kegunaan rose water untuk kulit wajah, jadi nggak ragu kan, untuk menggunakan Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow?

Varian Garnier micellar water ini bisa kamu dapatkan secara online di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau dapatkan langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.