pakai sunscreen wajah garnier pakai sunscreen wajah garnier

Seharian di Rumah Perlukah Pakai Sunscreen Wajah? Ini Alasan dan Rekomendasi Produknya

Munculnya pandemi membuat kebanyakan orang membatasi aktivitas di luar rumah; kegiatan bekerja dan belajar pun sekarang lebih banyak dilakukan di rumah.

Efeknya, kamu mungkin sekarang jadi malas dandan atau melakukan rutinitas perawatan wajah, termasuk menggunakan sunscreen wajah. Padahal, wajah tetap harus dirawat dan dilindungi lho, walau kamu di rumah aja.

 

Sinar UV dan Bahayanya bagi Kulit

Sebelum membahas tentang sunscreen wajah, kamu harus paham dulu tentang sinar UV (ultraviolet) yang berasal dari matahari. Sebenarnya sinar UV dari matahari ada tiga jenis, yaitu UVA, UVB, dan UVC, namun sinar UVC terserap oleh lapisan ozon sehingga tidak sampai ke permukaan Bumi.

Bagi manusia, kebaikan sinar UV dari matahari adalah membantu proses produksi Vitamin D di tubuh. Namun pada saat bersamaan, sinar UV ini memberi efek ke tubuh, termasuk kulit wajah.

Sinar UVA: Sinar ini dapat masuk ke lapisan tengah kulit (dermis) lalu merusak DNA, pembuluh darah, serat kolagen, dan serat elastis kulit sehingga memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, keriput, dan noda hitam. Kerusakan ini muncul setelah paparan sinar UVA dalam jangka panjang.

Sinar UVB: Efek sinar UV ini dirasakan di lapisan permukaan kulit, ditandai dengan kulit yang menjadi kemerahan, menggelap, dan terbakar. Walau sinar UVB memiliki gelombang yang lebih pendek dari sinar UVA, tapi intensitasnya lebih tinggi sehingga kerusakan di permukaan kulit akan langsung terjadi dalam waktu singkat.

Intensitas energi sinar UV akan meningkat mulai jam 10 pagi dan paling tinggi pada tengah hari. Kalau kamu mau berjemur, jam 9-10 pagi adalah waktu yang tepat untuk melakukannya selama 15 menit karena masih aman untuk kulit wajahmu.

 

Sinar UV Tetap Masuk ke Dalam Rumah

Setiap pagi setelah bangun tidur, bisa jadi kamu terbiasa menyibak tirai lalu membuka jendela dan pintu agar sinar matahari bisa masuk. Pada saat melakukan itu, kulit wajahmu sebenarnya sudah terpapar sinar UV, lho, namun hanya sinar UVA dengan intensitas rendah, jadi tidak berbahaya bagi kulit.

Saat hari semakin siang dan sinar matahari semakin terik, intensitasnya juga semakin tinggi. Kamu mungkin berpikir kamu aman karena berada di dalam rumah karena terhalang dinding dan jendela. Padahal, sinar matahari bisa masuk dari mana saja, misalnya dari pintu yang terbuka dan lubang angin. Jangan salah, sinar UVA bisa menembus kaca jendela, lho, lalu di dalam rumah, sinarnya akan memantul ke mana-mana.

Sinar UVA bisa menembus ke kulit lebih dalam dibandingkan sinar UVB. UVA juga menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, bintik hitam, dan tekstur kasar, bahkan bisa memicu kanker kulit. Jadi, pada akhirnya, kamu akan tetap terpapar sinar UV walaupun berada di dalam rumah atau ruangan pada siang hari.

Karena itulah, para dokter kulit tetap menyarankan kamu untuk memakai sunscreen wajah walau seharian berada di dalam rumah agar kulit wajahmu terlindung dari sinar UV.

 

Perhatikan Ini saat memilih Sunscreen Wajah

Nah, setelah paham bahwa di dalam rumah pun kulit wajahmu tetap butuh harus dilindungi, maka jangan malas ya, pakai sunscreen.

Saat memilih sunscreen wajah, perhatikan tingkat perlindungan yang diberikan terhadap sinar UVA dan UVB.

Kalau di negara-negara Barat, bentuknya adalah perlindungan broad spectrum, sementara di Asia ditandai dalam bentuk SPF dan PA.

SPF (Sun Protection Factor) memberi perlindungan bagi kulit wajah dari sinar UVB. Biasanya tulisan SPF diikuti dengan angka yang menunjukkan besarnya perlindungan yang diberikan bagi kulit. SPF 15 menghalangi 94% paparan sinar UVB, sementara SPF 50 menghalangi 98% paparan sinar UVB.

Angka ini juga menunjukkan berapa lama perlindungan yang diberikan. Menggunakan sunscreen dengan SPF 30 berarti kulit wajahmu terlindungi dari sinar UVB 30 kali lebih lama dibanding kulit yang tidak mendapat perlindungan sama sekali, sementara SPF 50 memberi perlindungan 50 kali lebih lama.

PA (Protection grade of UVA) melindungi wajah dari sinar UVA. Untuk menunjukkan tingkatannya, tulisan PA diikuti dengan tanda +, dari yang paling rendah + sampai ke yang paling tinggi adalah ++++. Semakin tinggi tingkatan PA, maka semakin tinggi pula perlindungan yang diberikan terhadap sinar UVA.

 

Baru, Sunscreen Garnier dengan Perlindungan Ganda

Untuk sunscreen wajah, kamu sekarang bisa pilih sunscreen terbaru dari Garnier, yaitu Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ yang memberi perlindungan ganda terhadap sinar UV dan noda hitam*.

Kulit wajahmu akan mendapat perlindungan tertinggi dari sinar UV berupa SPF 50+, sementara perlindungan dari noda hitam* didapat dari kekuatan murni Vitamin C** yang menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit.

Dua perlindungan ini masih ditambah dengan Vitamin E yang melindungi kulit wajah dari radikal bebas yang terdapat di sinar UV dan polusi.

Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ ini memiliki dua varian dan khusus diciptakan untuk wanita Asia untuk melindungi kulit wajah agar tidak belang, menyamarkan noda hitam*, kulit tampak cerah, serta tidak meninggalkan noda di baju atau hijab.

Varian pertama adalah Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ PA+++ Matte Finish yang dikhususkan untuk jenis kulit wajah normal cenderung berminyak karena teksturnya ringan dan tidak beminyak.

Varian lainnya adalah Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+ PA++++ Natural Finish untuk semua jenis kulit, cocok buat kamu yang mencari sunscreen untuk kulit kering dan kusam karena teksturnya sangat ringan dan tidak lengket.

Sekarang nggak pusing lagi deh, mencari sunscreen wajah yang bisa digunakan saat beraktivitas outdoor dan indoor karena sudah ada varian Garnier Super UV Spot-Proof Sunscreen SPF 50+.

Kamu bisa membeli sunscreen ini secara online di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat.