tips memilih pembersih wajah yang bagus dan cocok untuk tipe kulitmu tips memilih pembersih wajah yang bagus dan cocok untuk tipe kulitmu

Tips Memilih Pembersih Wajah yang Bagus dan Cocok di Tipe Kulitmu

Kamu tentu sudah tahu jika sangat penting memilih produk skin care yang sesuai dengan tipe kulit, termasuk dalam memilih produk pembersih wajah yang bagus.

Tips Memilih Pembersih Wajah yang Bagus dan Cocok di Tipe Kulitmu

 Kalau kau memakai produk yang tepat sesuai jenis kulit, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal. Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara memilih pembersih wajah sesuai tipe kulit, coba simak beberapa tips berikut ini.

Pilih Pembersih Wajah Sesuai Tipe Kulit

Meski sama-sama memiliki manfaat untuk membersihkan kulit wajah, namun pada umumnya setiap produk pembersih wajah memiliki kandungan yang berbeda-beda. Tentunya dengan tujuan untuk memberikan tambahan manfaat pada produknya. Misalnya saja, pembersih wajah yang bagus untuk kulit berjerawat akan mengandung bahan-bahan yang dapat mengatasi jerawat, seperti salicylic acid dan niacinamide. Karena itu, sangat penting memakai pembersih wajah yang bagus, yang sesuai dengan kondisi serta jenis kulit.

- Kulit normal

Jenis kulit ini memiliki kadar air dan minyak yang seimbang di dalam lapisan kulit. Umumnya, kulit normal jarang mengalami masalah kulit seperti jerawat, kering, atau peradangan. Meski begitu, jika tidak dibersihkan dengan tepat, maka tipe kulit ini juga dapat mengalami masalah kulit kusam, lho.

Jadi, pilihan pembersih wajah yang bagus untuk kulit normal adalah pembersih wajah untuk mencerahkan. Gunakan facial cleanser seperti facial foam dengan tekstur busa yang lembut sehingga tidak membuat kulit menjadi kering.

- Kulit kering

Kulit kering biasanya tidak memiliki masalah dengan jerawat, tapi masalahnya adalah kulit yang mudah kusam serta kurang elastis. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi lebih sensitif, serta tampilan garis-garis pada wajah lebih terlihat.

Untuk membantu mengatasi persoalan kulit tersebut, kamu dapat memakai pembersih wajah yang bagus dengan formula lembut, serta diperkaya dengan kandungan antioksidan seperti Vitamin C. Kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk menjaga elastisitas, serta mencerahkan kulit wajah.

- Kulit berminyak

Kulit berminyak disebabkan kelenjar sebum yang memproduksi minyak di kulit secara berlebihan. Masalah kulit yang berpotensi muncul di jenis kulit ini pun cukup beragam, mulai dari kulit kusam karena minyak yang berlebih, wajah yang terlihat mudah kotor, pori-pori tampak membesar, komedo, hingga jerawat.

Sangat penting bagi pemilik oily skin untuk menemukan pembersih wajah yang bagus untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan mencerahkan, misalnya yang memiliki kandungan lemon.

- Kulit kombinasi

Tipe kulit satu ini unik karena memiliki gabungan antara kulit kering di area pipi dengan kulit berminyak di area T-zone. Jadi masalah kulit berminyak dan kulit kering bisa muncul di wajah dengan tipe kombinasi. Untuk pembersih wajahnya, pemilik kulit kombinasi bisa 

memakai facial cleanser yang bisa membantu mengangkat kelebihan sebum pada kulit, tapi juga dapat melembapkan. Dengan demikian, baik area kulit wajah yang kering dan yang berminyak bisa sama-sama bersih dan lembap.

Pembersih Wajah yang Bagus Tidak Membuat Kulit Kering

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari sebuah produk pembersih wajah, perhatikan formula atau bahan kandungan di dalamnya. Kamu dapat memilih sabun cuci muka yang memiliki kandungan tambahan yang membantu mengatasi masalah kulit wajah. Untuk kamu yang memiliki masalah kulit belang dan bernoda hitam di wajah misalnya, bisa memilih pembersih wajah dengan kandungan Vitamin C untuk membantu memudarkan noda hitam dan membuat warna kulit cerah merata.

Perlu kamu perhatikan juga bahwa apa pun tipe kulitmu, pastikan pembersih wajah yang kamu gunakan dapat menjaga kelembapan wajah dan tidak membuat kulit kering. Pasalnya, setiap tipe kulit, termasuk kulit berminyak sekalipun, butuh dijaga kelembapannya. Kulit yang lembap akan membuat produksi minyak alami menjadi lebih terkontrol, sehingga tidak membuat kulit jadi berminyak berlebih, dan sebaliknya, jadi sangat kering.

Pilihan Baru: Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam 

Memilih pembersih wajah yang bagus sesuai untuk tipe kulitmu memang tak mudah. Kadang kamu perlu melakukan trial and error untuk menemukan produk yang cocok dengan tipe kulit dan dapat membantu mengatasi masalah kulit wajahmu.

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak dan ingin kulit wajahmu tampak cerah, Garnier menghadirkan Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam. Produk pembersih wajah yang bagus in diformulasikan dengan microbubbles yang 95% efektif dalam membersihkan kulit wajah hingga pori-pori. Busanya yang 50% lebih padat dari facial foam biasa membuat kulit wajah jadi bersih dan lembut, tidak membuat kulit kering dan terasa kaku.

Kulit wajahmu pun tampak cerah dan bebas kusam setelah pemakaian pertama, Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam juga dilengkapi dengan kandungan Vitamin C dan lemon. Vitamin C berfungsi sebagai brightening agent serta antioksidan. Karena itu, produk ini juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah yang bagus untuk remaja. Soalnya, lemon dikenal akan kandungan antibakterinya sehingga dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat. Lemon juga berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, mengontrol sebum, sekaligus membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Untuk kamu yang belum pernah memakai pembersih wajah dalam bentuk whip foam, ikuti langkah-langkah pemakaian Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam berikut ini:

  1. Basahi terlebih dahulu tangan dan wajahmu, lalu keluarkan sedikit Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam di telapak tangan.
  2. Usap dengan gerakan memutar di telapak tangan sampai terbentuk busa, tambahkan sedikit air sesekali untuk membuat busa lebih padat.
  3. Jika busa sudah terbentuk, aplikasikan busa di wajahmu dengan merata sambil dipijat lembut.
  4. Setelah selesai, bilas wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk.

Nggak ragu kan, kalau Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam merupakan pembersih wajah yang bagus? Kalau kamu tertarik untuk memakainya, langsung aja dapatkan produk ini di di website resmi Garnier Indonesia, maupun official store Garnier yang ada di berbagai e-commerce dan marketplace. Kamu juga bisa beli langsung di supermarket, drugstore, dan toko kosmetik terdekat.