5 penyebab muka berminyak dan cara mengatasinya 5 penyebab muka berminyak dan cara mengatasinya

Umumnya Ini 5 Penyebab Muka Berminyak dan Cara Mengatasinya

Minyak secara alami diproduksi oleh kulit wajahmu agar dapat menjaga kelembapannya. Namun, produksi minyak yang berlebih bisa menjadi asal mula berbagai masalah, seperti komedo, jerawat, kulit tampak kusam, serta mengilap.

Umumnya Ini 5 Penyebab Muka Berminyak dan Cara Mengatasinya

Perawatan kulit yang tepat untuk kulit wajah yang berminyak sangat penting untuk membantu kondisinya tetap sehat serta dapat membantu mengontrol produksi minyak. Namun sebelumnya, yuk, ketahui dulu beragam penyebab muka berminyak serta cara untuk mengatasinya.

Penyebab Muka Berminyak yang Perlu Kamu Ketahui

Sebum atau minyak alami kulit yang diproduksi oleh kelenjar sebasea secara berlebihan dapat menimbulkan permasalahan kulit, seperti kulit berminyak serta pori-pori tersumbat yang rentan menimbulkan komedo dan jerawat. Ketahui berbagai penyebab muka berminyak agar kamu bisa mengatasinya dengan tepat.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit berminyak:

- Perubahan hormon

Salah satu penyebab muka berminyak adalah perubahan hormon. Androgen, hormon yang berfungsi untuk mengatur produksi minyak di kulit, terkadang dapat berfluktuasi. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan peningkatan produksi minyak. Kondisi ini sering terjadi selama masa pubertas, menstruasi, selama kehamilan, dan menopause, serta selama menggunakan alat kontrasepsi. Stres dan penyakit tertentu juga dapat memicu pelepasan hormon ekstra sehingga menjadi penyebab wajah kusam dan berminyak.

- Menggunakan produk yang tidak tepat

Selain hormon, muka berminyak disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak tepat. Misalnya, menggunakan produk skincare yang ditujukan untuk kulit kering sementara kamu memiliki tipe kulit berminyak. Tentunya hal ini dapat memicu produksi minyak yang berlebih dan kulit muka kamu menjadi semakin berminyak. Karena itu, saat memilih produk untuk perawatan kulit, kamu harus teliti dan memilih yang sesuai untuk kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat.

- Terlalu sering mencuci muka

Kondisi kulit yang berminyak mungkin membuat kamu tidak nyaman sehingga sering mencuci muka beberapa kali dalam sehari. Padahal, mencuci muka secara berlebihan dapat menjadi penyebab muka berminyak. Mencuci muka dapat menghilangkan kelembapan alami kulit wajah sehingga kelenjar sebasea akan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembapkannya.  Terlalu sering cuci muka untuk kulit berminyak menggunakan alat eksfoliasi atau wash cloth juga dapat menghilangkan kelembapan alami kulit.

- Melewatkan penggunaan pelembap

Bagi para pemilik kulit berminyak, penggunaan moisturizer atau pelembap sering dianggap sebagai penyebab muka berminyak. Padahal, kulit berminyak harus terjaga kelembapannya serta terhidrasi dengan baik. Jika melewatkan penggunaan pelembap, kulit wajah kamu akan memproduksi lebih banyak minyak karena mengira kulit wajahmu kering. Kamu dapat memilih produk pelembap berbahan dasar air untuk membantu melembapkan kulit karena teksturnya ringan. 

- Penggunaan AC yang terlalu dingin

Pernahkan kamu mengalami kondisi kulit wajah sangat berminyak ketika bangun tidur, padahal sudah menggunakan pelembap? Penyebab muka berminyak saat bangun tidur bisa jadi akibat udara yang terlalu dingin dan kering di kamar akibat penggunaan AC. Ini membuat kulit wajahmu jadi dehidrasi dan kering, sehingga kulit wajah pun memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya, kamu jadi terbangun dengan wajah yang sangat berminyak.

Berbagai Cara Mengatasi Muka Berminyak

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab muka berminyak, kamu jadi bisa merawat kulit berminyak agar kadar minyak terkontrol dengan baik. Berikut adalah beberapa cara mengatasi muka berminyak yang bisa kamu ikuti.

- Membersihkan kulit wajah secara rutin

Tak perlu mencuci muka secara berlebihan, kamu dianjurkan untuk mencuci muka dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari. Jika kamu terbiasa merias wajah sehari-hari, maka kamu dapat membersihkan muka dengan metode double cleansing pada malam hari agar kulit bersih secara lebih optimal. Pertama-tama, kamu dapat membersihkan sisa makeup dengan menggunakan micellar water atau makeup remover. Setelahnya, kamu dapat mencuci wajah menggunakan facial foam

Pastikan facial foam pilihanmu memiliki kandungan yang tepat untuk kulit berminyak, seperti Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam. Busa pembersih kulit wajah ini diperkaya dengan ekstrak lemon yang berfungsi sebagai astringent alami yang dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit. Tak hanya itu, teknologi microbubbles-nya dapat membersihkan pori-pori secara menyeluruh untuk menghindari tumpukan kotoran yang dapat mengakibatkan jerawat. 

Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam diperkaya dengan Vitamin C yang membuat kulit kamu tampak lebih cerah sejak pemakaian pertama. Membantu banget untuk kamu yang punya masalah noda jerawat atau kulit belang. Kamu tidak perlu khawatir jika facial foam ini membuat kulit menjadi kering karena busa yang 50% lebih padat akan membersihkan dengan lembut tanpa sensasi tertarik sesudahnya. 

- Jangan lupa menggunakan pelembap

Sebagai langkah terakhir skincare routine-mu pada pagi dan malam hari, pastikan kamu menggunakan pelembap, ya. Selain membuat kulit wajahmu terjaga kelembapannya dan terasa lembut, pelembap juga mencegah kandungan air di lapisan kulit menguap lewat pori-pori. Krim pelembap pagi biasanya dilengkap dengan sunscreen untuk membantu melindungi kulit wajahmu dari efek buruk paparan sinar matahari.

- Eksfoliasi kulit secara teratur

Sebagai perawatan berkala, kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit secara teratur 1-2 kali dalam seminggu untuk membantu mengatasi kulit muka berminyak. Rutin melakukan eksfoliasi akan meluruhkan tumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran membandel, yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat. Kulit yang dieksfoliasi secara teratur juga dapat menyerap kandungan nutrisi dari produk-produk skincare dengan optimal, sehingga produksi minyak lebih terkontrol dan wajah tidak mudah berjerawat. 

Sekarang kamu sudah tahu kan, apa saja penyebab muka berminyak sekaligus cara mengatasinya? Untuk melengkapi skin care routine untuk kulit berminyak kamu, pastikan menggunakan Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam. Tak hanya dapat merawat kulit wajah yang berminyak saja, produk ini juga cocok digunakan semua jenis kulit karena memiliki manfaat melembapkan sekaligus mencerahkan.

Segera dapatkan Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam yang bisa kamu beli di supermarket, drugstore, dan toko kosmetik terdekat. Kamu juga bisa membelinya secara online di website resmi Garnier Indonesia, maupun toko resmi Garnier Indonesia yang ada di berbagai e-commerce dan marketplace.