cara highlight rambut cara highlight rambut

Cara Highlight Rambut dan Perawatannya Agar Tetap Halus dan Sehat

Beberapa tahun terakhir, ada beberapa cara populer yang bisa dilakukan untuk menambah dimensi rambut. Salah satunya adalah highlight. Melakukan highlight sendiri di rumah tentunya akan lebih menghemat waktu dan uang meskipun proses untuk mendapatkan hasil highlight yang paripurna itu tak gampang.

No worries, girls. Dengan sedikit melatih cara highlight rambut lewat tips dan trik berikut ini, hasil highlight rambut yang indah bisa kamu dapatkan sendiri di rumah!

Pilih Warna yang Tepat

Pertama-tama, highlight rambut bisa kamu buat sendiri dengan memanfaatkan pewarna rambut yang warnanya lebih muda atau kontras dengan warna rambut alami kamu. Hanya saja, pewarna rambut tidak diaplikasikan ke seluruh rambut, melainkan hanya sebagian saja.

Bagi kalian yang memiliki rambut hitam pekat, cara highlight rambut yang pertama dilakukan adalah memilih pewarna rambut bernuansa cokelat muda seperti karamel (Garnier Color Naturals Crème Riche 5.32 Caramel Brown) atau cokelat keemasan (Garnier Color Naturals Ultra Color 7.3 Golden Brown). Efek highlight yang dihasilkan kedua warna ini akan terlihat jelas, terutama teksturnya. Apalagi ketika rambutmu sedang terkena cahaya matahari.

Warna kontras lain yang bisa kamu pilih adalah warna merah yang terang, misalnya, Garnier Color Naturals Ultra Color 7.65 Raspberry Red dan Garnier Color Naturals Ultra Color 6.62 Cranberry Red. Kalau masih ragu, kamu bisa melakukan tes dulu dengan sejumput rambut. Aplikasikan sedikit pewarna rambut merah pilihanmu di sana, lalu lihat hasilnya; apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum?

Gunakan Teknik Highlighting yang Benar

Sebelum mulai mengaplikasikan produk highlighting, siapkan pewarna atau cat rambut yang akan kamu gunakan lebih dulu. Sekali lagi, kamu bisa memakai produk pewarna atau cat rambut biasa yang tersedia di pasaran. Lalu, pelajari tahapan-tahapan ini supaya proses highlight rambut berjalan dengan lancar.

1. Gunakan Topi Khusus

Hal ini akan memudahkanmu dalam mengaplikasikan produk. Caranya adalah dengan menggunakan ujung sisir cat rambut yang digunakan untuk menarik sebagian kecil rambut melalui lubang-lubang yang ada di penutup kepala. Tariklah rambut sebanyak yang kamu inginkan saja.

2. Aplikasikan Produk Highlight

Awali dengan pengaplikasian produk sekitar 1,5 cm dari akar rambut sampai ke ujung rambut, membentuk stripes atau garis-garis memanjang yang tipis ke arah bawah. Semakin tipis, maka hasil highlight akan kelihatan semakin alami karena membaur dengan warna alami rambut. Sedangkan kalau aplikasinya terlalu tebal, hasilnya akan kurang membaur dan jadi kurang alami.

3. Diamkan, Lalu Bilas

Setelah proses pengaplikasian sudah selesai, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, lepas topi dan bilas hingga bersih. Jangan lupa gunakan kondisioner untuk rambut berwarna agar mencegah rambut menjadi kering.

Pilih Pewarna Rambut yang Mempunyai Nutrisi Lengkap

Selain memilih warna yang tepat dan melakukan proses highlighting dengan benar, memberikan nutrisi rambut secara cukup dari luar ataupun dari dalam merupakan salah satu cara highlight rambut yang tidak kalah penting. Proses pewarnaan dan highlight sering menyebabkan hilangnya kelembapan yang dihasilkan oleh minyak alami pada rambut.

Untuk mengembalikannya, kamu bisa menggunakan almond oil. Kandungan vitamin E dan Omega 9 yang ada pada minyak almond baik untuk menjaga kelembutan rambut yang kering. Tak perlu repot mencari almond oil karena bahan itu sudah ada pada seluruh varian Garnier Color Naturals, baik Ultra Color maupun Crème Riche! Pewarna rambut dengan berbagai pilihan warna terang dan trendi ini mengandung 3 natural oils, yaitu avocado oil, olive oil, dan almond oil. Kombinasi ketiga bahan tersebut tak cuma akan menutrisi rambut kamu, tapi juga membuat warna rambutmu 5x lebih berkilau.

Untuk kamu yang ingin penasaran mencoba aneka produk Garnier Color Naturals, segera kunjungi situs resmi Garnier, ya! Atau, kamu juga bisa berbelanja langsung di berbagai pusat perbelanjaan, toko, dan drugstores terdekat.