cara mengatasi uban cara mengatasi uban

Anti Ribet! Intip Cara Mengatasi Uban di Usia Muda

Mungkin lo akan merasa horor saat melihat ada helaian rambut putih terselip di antara rambut lo yang hitam.

Bingung pasti, Men, karena usia masih muda tapi kok, sudah muncul uban.

Hal yang perlu lo sadari, uban itu tidak selalu identik muncul begitu usia menua, karena ada beberapa faktor yang membuat uban bisa muncul saat usia masih muda bahkan remaja.

Sekarang yang perlu lo pikirkan adalah cara mengatasi uban tapi tanpa proses yang membuat ribet.

 

Kenapa Uban Bisa Muncul?

Sebelum membahas cara mengatasi uban, lo harus tahu dulu prosesnya sampai uban itu terbentuk. Di bawah folikel rambut yang terdapat di pori-pori kulit, terdapat sel yang bernama melanosit yang memproduksi melanin, yaitu zat pigmen warna bagi kulit dan rambut manusia.

Melanin inilah yang memberi warna rambut lo saat mulai terbentuk di dalam folikel. Perlu lo pahami, Men, bahwa warna rambut semua orang itu ditentukan secara genetis, jadi melanin akan memberi warna rambut sesuai dengan faktor tersebut.

Rambut menjadi beruban saat produksi melanin di melanosit menurun drastis, bahkan sampai pada satu titik produksi melaninnya berhenti. Karena itu rambut lo awalnya akan lebih dahulu menjadi abu-abu, baru kemudian berubah menjadi putih.

Kalau secara normal, proses ini terjadi saat usia seseorang mencapai 35 tahun. Nggak ada yang tahu pasti bagaimana proses ini terjadi, walau ada beberapa teori yang muncul tentang hal ini. Hal yang pasti, begitu melanin stop diproduksi, maka uban akan muncul.

Selain faktor genetis, ada faktor lain yang menentukan kapan uban mulai muncul, yaitu ras. Orang Asia rata-rata mulai beruban pada usia akhir 30-an tahun, sementara orang Kaukasia lebih awal yaitu usia 35 tahun.

Kalau orang dari Afrika lebih lama muncul uban, yaitu pada usia 45 tahun. Walau berbeda ras, namun ada satu persamaan dari semua manusia, yaitu pada usia 50 tahun, paling tidak separuh rambut sudah akan berubah menjadi uban.

 

Penyebab Uban Muncul pada Usia Muda

Secara normal, uban baru akan muncul saat usia seseorang mencapai pertengahan 30-an. Namun ada juga yang abnormal sehingga uban muncul jauh lebih awal, bahkan pada usia remaja. Ada beberapa faktor yang membuat hal ini bisa terjadi, di antaranya adalah:

Genetis

Sama seperti warna rambut lo ditentukan secara genetis, rambut yang beruban lebih awal juga dapat dipengaruhi secara genetis. Faktanya, hampir 90 persen penyebab munculnya uban adalah faktor genetis, walau belum bisa dipastikan gen apa yang berperan dalam hal ini.

Karena itu, jika rambut lo sudah beruban dari sekarang, coba cek ke orang tua dan kakek-nenek dari kedua orang tua lo, karena bisa jadi lo mewarisi gen beruban dini ini dari mereka. Karena disebabkan faktor genetis, nggak ada solusi lain selain menggunakan cat rambut untuk menutup uban.

Kekurangan nutrisi

Lo pasti tahu kalau rambut butuh nutrisi untuk bisa tumbuh sehat. Nah, kalau sampai rambut lo beruban lebih awal, bisa jadi lo kekurangan nutrisi berupa Vitamin B12, zat besi, kalsium, dan Vitamin D3.

Kekurangan nutrisi ini bisa terjadi karena lo diet ketat atau sebaliknya, pola makan nggak sehat. Nah, cara mengatasi uban yang disebabkan kurang nutrisi adalah dengan mengubah pola makan lo menjadi lebih sehat dengan nutrisi yang seimbang.

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan dan penyakit, di antaranya adalah autoimun, neurofibromatosis, gangguan fungsi tiroid, beberapa tipe anemia, dan vitiligo, dapat membuat seseorang beruban lebih awal.

Rambut beruban ada yang kembali ke warna semula setelah penyakit sembuh dan pengobatan dihentikan, tapi ada juga membuat rambut beruban permanen.

Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan stres, terbukti dapat membuat rambut lo beruban lebih awal.

Merokok, misalnya; bahan-bahan yang terkandung di dalam rokok mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel melanosit sehingga nggak bisa lagi memproduksi melanin untuk rambut.

Cara mengatasi uban untuk faktor ini tentu saja dengan mengubah gaya hidup lo jadi lebih sehat dengan stop merokok, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan hindari stres.

Penggunaan produk perawatan rambut

Tanpa disadari, produk-produk perawatan rambut lo bisa membuat uban muncul lebih awal, Men. Ini karena produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang terlalu keras dan berbahaya.

Mulai sekarang, biasakan pakai produk-produk perawatan rambut yang terpercaya dan aman digunakan karena terdaftar di BPOM.

 

Cara Mengatasi Uban yang Cepat dan Anti Ribet

Men, lo beruntung jika penyebab rambut lo beruban lebih awal masih bisa diubah sehingga warna rambut yang asli bisa kembali.

Namun untuk yang rambutnya menjadi beruban permanen, tak ada cara mengatasi uban yang bisa dilakukan saat ini kecuali dengan mewarnai rambut.

Masalahnya, mewarnai rambut sering kali makan waktu lama, belum lagi prosesnya yang ribet. Sementara dengan kesibukan saat ini, lo nggak ada waktu untuk pergi ke salon untuk mengecat rambut.

Kalau begitu, jangan setengah-setengah untuk memilih cara mengatasi uban! Sekarang ada Garnier Men Shampoo Color, pewarna rambut yang pemakaiannya semudah memakai shampo.

Waktu yang lo butuhkan cuma #5MenitAntiRibet. Rambut beruban akan tertutup sempurna hanya dalam waktu 5 menit untuk warna rambut yang bertahan sampai 5 minggu!

Cat rambut pria terkini dari Garnier Men ini diperkaya dengan bahan-bahan alami terpilih berupa ekstrak dark coffee yang dikenal sebagai pewarna rambut alami dan argan oil yang membantu menutrisi rambut agar tetap sehat.

Ditambah dengan formula yang tanpa reaksi amonia, lo nggak perlu khawatir rambut akan rusak, malah akan tampak sehat alami selama 5 minggu.

 

5 Menit Pemakaian untuk Warna Awet 5 Minggu

Garnier Men Shampoo Color tersedia dalam dua varian warna: Hitam dan Coklat Kehitaman. Cara pemakaiannya mudah banget dan nggak butuh banyak waktu. Lo bisa ikut langkah-langkahnya berikut ini untuk cara menutupi uban:

Pakai sarung tangan yang tersedia di dalam kemasan.

Tuang isi produk ke telapak tangan, lalu aduk merata dengan jari tangan yang satu lagi.

Aplikasikan di rambut yang kering secara merata, seperti saat menggunakan shampo.

Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersuhu ruang sampai bersih.

Cepat dan anti ribet kan, Men, penggunaan Garnier Men Shampoo Color ini? Jadi, nggak usah ragu untuk menggunakannya sebagai cara mengatasi uban di rambut lo.

Cara mendapatkannya juga mudah banget, lo tinggal buka website resmi Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, toko kosmetik, dan drugstore terdekat hanya 15 ribu rupiah. Selamat mencoba!