warna rambut untuk kulit gelap warna rambut untuk kulit gelap

Agar Terlihat Fresh, Ini Deretan Warna Rambut untuk Kulit Gelap

Warna kulit gelap di Indonesia biasanya terdiri dari sawo matang sampai cokelat gelap yang biasa disebut dengan hitam manis.

Jadi nggak sampai hitam seperti warna kulit sebagian orang Afrika. Tantangan saat memilih warna rambut untuk kulit gelap adalah jika salah pilih warna, maka kulit wajah akan terlihat kusam.

Malas ya, kalau sampai terjadi seperti itu. Karena itu, kamu harus cerdas memilih warna rambut agar kulit wajah jadi terlihat cerah dan secara keseluruhan, tampilanmu terlihat fresh.

 

Kenali Skin Tone dan Undertone Dulu

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kulit gelap adalah berpikir bahwa kulit gelap nggak punya banyak pilihan warna rambut yang cocok untuk kulit gelap. Padahal ada banyak, lho, pilihannya.

Mungkin saja, kamu hanya belum menemukan warna rambut yang tepat. Padahal ini juga nggak sulit, selama kamu benar-benar mengenal skin tone dan undertone kamu.

Keduanya penting lho, karena tak hanya membantu memilih warna rambut, tapi juga warna makeup dan bahkan warna pakaian yang cocok.

Buat kamu yang belum paham beda skin tone dan undertone, berikut penjelasannya:

Skin tone: Adalah warna kulit permukaan yang langsung terlihat oleh mata. Walau skin tone seseorang didapat secara genetis, tapi bisa berubah karena efek pemakaian skin care serta akibat paparan sinar matahari yang membuat kulit menggelap. Skin tone orang Indonesia yang dominan adalah kuning langsat dan sawo matang.

Skin undertone: Adalah warna dasar kulit yang terdapat di bagian bawah kulit. Sama seperti skin tone, skin undertone juga didapat secara genetis dan tidak bisa berubah.

Cara menentukan skin undertone-mu mudah kok, cukup lihat pembuluh darah di pergelangan tangan. Jika berwarna biru atau ungu, berarti kamu punya cool undertone, dan jika warnanya hijau berarti warm undertone. Sementara jika warnanya biru kehijauan atau sebaliknya, maka kamu punya neutral undertone.

Cool undertone cocok dengan warna-warna rambut yang memiliki pigmentasi dominan biru atau abu-abu, seperti ungu, hijau, silver, hitam, platinum blonde, dan cokelat tua, sementara warm undertone cocok dengan warna-warna rambut yang memiliki pigmentasi dominan merah atau orange, seperti chocolate brown, karamel, honey, auburn, copper, dan golden.

Sementara neutral undertone cocok dengan warna-warna cool undertone, warm undertone, atau paduan keduanya.

 

Deretan Warna Rambut untuk Kulit Gelap sebagai Inspirasi

Setelah tahu dan paham soal skin tone dan undertone, saat lihat-lihat rekomendasi warna rambut untuk kulit gelap yang sesuai dengan keduanya. Warna-warna ini juga ada yang lagi trend, lho, jadi bisa kamu ikuti kalau kamu pengen tampil up to date.

Rekomendasi warna rambut untuk kulit gelap dengan cool undertone:

Black with burgundy highlights. Warna rambut burgundy dan plum, yang merupakan warna rambut merah keunguan tapi dominan warna ungu, sangat cocok menjadi highlights rambut asli warna hitam pekat karena terlihat kontras. Warna ini juga membuat kulit gelapmu tampak berkilau.

Smokey blue. Paduan warna biru dan abu-abu yang akan membuatmu terlihat trendi dan edgy. Cocok untuk warna kulit sawo matang. Warna ini memang unik, jadi kalau kamu masih ragu, sebaiknya konsultasikan lagi dengan hair colorist di salon, ya.

Rekomendasi warna rambut untuk kulit gelap dengan warm undertone:

Honey blonde balayage. Warna rambut kesukaan Beyonce ini menambah kehangatan di kulit wajahmu karena efek sun-kissed-nya. Pada saat bersamaan, warna ini juga membuat wajahmu tampak lebih cerah.

Pumpkin spice. Walau identik dengan musim gugur di negara empat musim, tapi tampilan yang memadukan warna oranye, copper, dan warm chocolate ini juga ‘lezat’ untuk kamu gunakan sepanjang tahun.

Rekomendasi warna rambut untuk kulit gelap dengan neutral undertone:

Rose gold. Warna cantik dan girly ini membuat penampilanmu terlihat dreamy. Walau warnanya cenderung warm sehingga cocok untuk warm dan neutral undertone, tapi cool undertone juga bisa gunakan asalkan warnanya dibuat lebih rosy daripada golden.

Chocolate mauve. Warna chocolate brown yang hangat dibuat netral oleh warna mauve yang merupakan paduan warna ungu dan pink yang merupakan warna dingin. Bisa digunakan oleh warm undertone dan cool undertone yang ingin mencoba warna rambut netral, tidak warm atau cool.

Untuk mendapatkan warna-warna rambut untuk kulit gelap di atas, kamu harus melakukan pewarnaan di salon karena hasilnya tidak akan sesuai harapan jika kamu coba-coba mencampur warna sendiri.

Hair colorist di salon lebih paham komposisi warna yang pas untuk skin tone dan undertone kamu, lho, jadi lebih baik percayakan kepada yang profesional aja.

 

Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah dengan Garnier Color Naturals

Kalau kamu belum berkesempatan ke salon karena pandemi, kamu bisa mewarnai sendiri rambutmu di rumah menggunakan warna rambut untuk kulit gelap dari Garnier Color Naturals.

Ada dua varian Garnier Color Naturals, yaitu Crème Riche untuk kamu yang suka tampil kalem dengan warna-warna rambut yang natural, serta Ultra Color yang membuatmu tampil stylish dengan warna-warna menyala bahkan di rambut yang gelap.

Semua warna dari Garnier Color Naturals dapat dijadikan sebagai warna rambut untuk kulit gelap. Pembagiannya berdasarkan skin undertone adalah sebagai berikut:

Warm undertone: 5.32 Coklat Caramel, 6.64 Merah Berry (cokelat kemerahan), 7.3 Golden Brown (cokelat pirang), dan 7.65 Raspberry Red (cokelat kemerahan yang terang).

Neutral undertone: 3.16 Burgundy Alami (cokelat merah dengan hint ungu) dan 6.62 Cranberry Red (merah keunguan dengan dominan merah).

Cool undertone: 1 Hitam Alami, 3 Coklat Kehitaman, 3.1 Midnight Blue, 4 Coklat, dan 6.26 Plum Red (merah keunguan dengan dominan ungu).

Garnier Color Naturals merupakan pewarna rambut permanen yang memberi warna rambut yang indah dan intens.

Formulanya tanpa reaksi amonia dan memiliki kandungan 3 Natural Oils dari avocado, almond, dan olive yang membantu menutrisi rambutmu sehingga tampak 5X lebih berkilau. Setelah pewarnaan, Garnier Color Naturals juga membantu merawat rambutmu dengan kondisioner yang mengandung fruit vitamins & oils (hanya di kemasan kit).

Itulah deretan warna-warna rambut untuk kulit gelap yang bisa kamu pilih agar wajah tidak tampak kusam dan terlihat fresh.

Jika ingin mewarnai rambut sendiri dengan Garnier Color Naturals, kamu tinggal pilih warnanya lalu langsung beli secara online di situs resmi Garnier Indonesia, dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace terkemuka, atau beli langsung di supermarket, minimarket, serta drugstore terdekat.