hair care routine hair care routine

Intip Tips Hair Care Routine untuk Semua Jenis Rambut

Banyak orang mengira bahwa masalah rambut rontok dan berketombe itu adalah masalah cowok aja.

Jangan salah, setidaknya 1 dari 3 cewek juga bisa mengalami masalah kerontokan rambut dan ketombe, lho! Sebagai kaum yang sangat menjaga penampilan dengan rambut yang sehat dan indah, masalah penipisan rambut dan ketombe tentu akan mengganggu rasa percaya diri.

Karenanya, kamu perlu segera mengatasi masalah-masalah rambutmu dengan menerapkan hair care routine supaya rambut lebih sehat dan indah.

 

Tiga Tahap Siklus Pertumbuhan Rambut

Kalau rambutmu rontok, jangan buru-buru panik, karena rambut yang sudah melewati siklus pertumbuhannya akan berakhir dengan kerontokan. Tiga tahap siklus pertumbuhan rambut yang normal adalah sebagai berikut:

Tahap anagen

Pada tahap ini helaian rambut sedang berada dalam masa pertumbuhan aktif. Tahap ini bisa bertahan antara 2-6 tahun.

Tahap katagen

Ini adalah fase transisi pendek pada rambut, yang biasanya bertahan hingga tiga minggu saja. Pada tahap ini, rambut berhenti tumbuh dan mulai bersiap untuk rontok.

Tahap telogen

Ini adalah tahap akhir dari siklus pertumbuhan rambut, yaitu saat rambut terlepas dari folikelnya. Setelah rambut terlepas, folikel rambut akan tetap terbuka kira-kira selama tiga bulan sebelum mulai tumbuh helai rambut yang baru.

Jumlah normal rambut yang rontok setiap hari adalah kira-kira 50-100 helai. Kalau jumlah kerontokan rambutmu lebih dari itu, berarti mungkin ada kondisi lain yang menyebabkannya, misalnya adanya peradangan di dalam tubuh, masalah tiroid, kehamilan, perubahan hormon, gaya hidup yang kurang sehat, efek samping dari konsumsi obat, stres, dan nggak menerapkan hair care routine.

Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter kalau tiba-tiba saja mengalami masalah rambut yang cukup berat.

 

Ketombe yang Menjengkelkan

Paling kesal ya, kalau kulit kepalamu terasa gatal, kering, lalu muncul serpihan-serpihan berwarna putih yang kering maupun basah.

Ini yang disebut ketombe. Ketombe bisa timbul karena berbagai penyebab, misalnya nggak cocok dengan produk perawatan rambut tertentu, stres, dan tidak menerapkan hair care routine yang benar.

Beberapa kondisi medis yang menimbulkan ketombe di antaranya adalah dermatitis seboroik, eksim, psoriasis di kulit kepala, juga jamur di kulit kepala.

Pada dasarnya ketombe tidak menimbulkan kerontokan rambut, tetapi dengan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya, kulit kepala akan mudah tergores saat kamu menggaruknya.

Luka di kulit kepala ini yang nanti akan mengganggu kondisi folikel rambut, hingga akhirnya membuat siklus pertumbuhan rambut terhenti dan rambut rontok.

 

Kunci Rambut Sehat: Terapkan Hair Care Routine Secara Menyeluruh

Dengan berbagai hal yang bisa memengaruhi pertumbuhan rambut, kamu harus punya hair care routine dan disiplin melakukannya agar rambut sehat dan indah serta bebas dari masalah kerontokan dan ketombe.

Apakah cukup merawat rambut sehari-hari dengan menggunakan shampo dan kondisioner saja? Jawabannya adalah tidak.

Rambut juga perlu hair care routine yang membantu membuatnya lebih sehat dan tumbuh subur.

Nah, berikut ini adalah produk-produk hair care untuk rambut rontok dan berketombe yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut, sehingga dua masalah ini dapat teratasi. Ini beberapa rekomendasi produknya:

Shampo

Kalau kamu selama ini kamu baru keramas saat rambut kotor, mulai sekarang coba deh, ubah kebiasaanmu dengan lebih rajin keramas agar kulit kepala dan helai rambut bersih dan segar.

Pilih shampo yang cocok untuk jenis rambutmu serta bermanfaat untuk membersihkan dan memberi nutrisi di kulit kepala dan rambut agar folikel, akar rambut, dan batang rambut lebih kuat. 

Garnier Neril Anti Loss Guard Shampoo adalah shampo yang diformulasi khusus, tidak saja untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, tetapi juga membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok, sehingga rambut lebih sehat dan tumbuh lebih kuat.

Formulanya mengandung plant concentrate yang membantu melindungi dan merawat kulit kepalamu. 

Untuk rambut yang berketombe, ada Garnier Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo. Shampo ini juga mengandung plant concentrate yang membantu melindungi dan merawat jaringan pembuluh darah kapiler di kulit kepala.

Caranya dengan memberikan kesegaran dan mengembalikan kesehatan di kulit kepala, membantu memperbaiki kerusakan, dan membantu mengatasi ketombe yang kerap menyebabkan rasa tidak nyaman di kulit kepala.

Kondisioner

Jangan abaikan hair care routine yang satu ini. Rambutmu yang mudah rontok juga perlu untuk dirawat bagian batang rambutnya.

Garnier Neril Hair Conditioner Loss Guard membantu merawat rambutmu agar terlihat lebih sehat, lebih halus, dan lebih lembut.

Produk kondisioner ini mengandung wheat protein yang mencegah batang rambut terasa kering, membantu memberi kemilau alami pada batang rambut, dan menjadikan rambut mudah disisir dan ditata. Aplikasikan kondisioner setelah selesai keramas dengan shampo.

Hair tonic

Tonik rambut sebenarnya merupakan produk yang sudah cukup lama dikenal sebagai penyegar kulit kepala yang juga efektif memberi nutrisi untuk mengatasi masalah-masalah rambut.

Garnier Neril Hair Tonic Loss Guard membantu mengurangi rambut rontok akibat kekurangan nutrisi.

Mengandung plant concentrate yang efektif membantu menutrisi dan mengembalikan kondisi rambut, serta melindungi dan menjadikan rambutmu lebih sehat, indah, dan terasa lebih lembut.

Untuk yang bermasalah dengan ketombe, gunakan Garnier Neril Hair Tonic Anti Dandruff Hair Care efektif untuk mengatasi masalah di kulit kepala.

Membantu menormalkan kembali siklus rambut, membantu meningkatkan kekuatan akar rambut, juga menjaga kondisi kulit kepala.

Mengandung prictone olamine yang efektif membantu menghilangkan ketombe, sekaligus membantu memelihara akar rambut, juga memberi vitamin penting agar sel kulit kepala dan akar rambut lebih sehat.

Gunakan hair tonic ini secara teratur setiap kali selesai keramas saat rambut masih lembap. Tuang hair tonic ke telapak tangan, usapkan di kulit kepala dan pijat lembut agar menyerap hingga ke pori-pori kulit kepala.

Masker rambut

Lengkapi hair care routine kamu dengan merawat rambut menggunakan masker rambut. Teksturnya agak lebih kental daripada kondisioner, dengan fungsi yang lebih lengkap, yaitu membantu merawat rambut agar tidak mudah rontok dan bebas dari ketombe.

Lakukan perawatan ini secara berkala, kira-kira 1-2 kali seminggu. Cara pakainya mirip dengan penggunaan kondisioner; diusapkan di batang rambut, diamkan kira-kira 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Yuk, lebih teratur merawat rambut dengan rangkaian hair care untuk rambut rontok dan berketombe, agar rambut dan kulit kepala lebih sehat dan ternutrisi.

Rangkaian produk hair care routine dari Garnier Neril ini tersedia secara online lho, di situs resmi Garnier Indonesia, juga di akun resmi Garnier di berbagai e-commerce/marketplace. Kamu juga bisa mendapatkannya di supermarket, minimarket, serta drugstore terdekat.