Panduan Aman Menggunakan Salicylic Acid untuk Jerawat Panduan Aman Menggunakan Salicylic Acid untuk Jerawat

Panduan Aman Menggunakan Salicylic Acid untuk Jerawat

Men, malesin banget saat tiba-tiba muncul jerawat di wajah lo! Soalnya, nggak cuma jerawatnya yang butuh disembuhkan, tapi bekas jerawatnya juga butuh lo hilangkan.

Panduan Aman Menggunakan Salicylic Acid untuk Jerawat

Lo boleh kesal saat jerawat muncul, tapi jangan panik. Langsung aja pakai produk perawatan wajah yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah jerawat, seperti salicylic acid untuk jerawat. 

Salicylic Acid, Zat Asam yang Bantu Atasi Jerawat

Dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak bahan aktif yang ditemukan yang dapat membantu penyembuhan jerawat. Salah satunya adalah salicylic acid, bahan aktif yang saat ini sudah sering ditemukan di produk-produk khusus untuk merawat wajah yang berminyak dan berjerawat.

Salicylic acid adalah zat asam dari kelompok BHA (beta-hydroxy acid) yang diekstrak dari kulit pohon willow. Karena dapat membantu mengeksfoliasi kulit, membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta memiliki sifat anti-peradangan, maka salicylic acid cocok banget dijadikan bahan untuk mengobati jerawat dan mencegah agar jerawat tidak muncul.

Karena merupakan BHA, zat asam ini larut di dalam minyak. Berbeda dengan zat asam lain dari kelompok AHA (alpha-hydroxy acid) yang larut di dalam air. Ini membuat salicylic acid andal untuk merawat kulit wajah yang berminyak dan rentan berjerawat, sedangkan AHA cocok untuk merawat jenis kulit wajah kering dan sensitif. Manfaat salicylic acid untuk wajah selain berminyak sebenarnya juga ada, tapi harus digunakan dalam konsentrasi rendah agar tidak membuat kulit wajah lo jadi iritasi.

Cara Kerja Salicylic Acid untuk Jerawat

Untuk memahami manfaat salicylic acid untuk jerawat dan cara kerjanya, lo harus tau dulu bagaimana jerawat terbentuk, Men. Jerawat bisa muncul karena terjadi penyumbatan pori-pori oleh campuran kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih di wajah. Saat pori-pori tersumbat, terbentuklah komedo yang jadi cikal bakal jerawat, baik berupa komedo putih (whitehead) maupun komedo hitam (blackhead). Komedo dapat berubah jadi jerawat saat terpapar oleh bakteri penyebab jerawat. 

Untuk mengatasi masalah jerawat, produk yang mengandung salicylic acid bekerja dengan cara:

1. Mengeksfoliasi

Mungkin lo sudah pernah dengar tentang eksfoliasi tapi belum pernah melakukannya. Eksfoliasi adalah peluruhan sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. Sel-sel kulit mati ini sebenarnya akan luruh dengan sendirinya setiap 28-30 hari, tapi kadang prosesnya mengalami hambatan sehingga berlangsung lebih lama.

Eksfoliasi menggunakan zat-zat asam dari kelompok AHA dan BHA akan membantu meluruhkan sel-sel kulit mati ini lebih cepat sehingga tidak menyebabkan pori-pori tersumbat.

2. Membasmi komedo

Bagaimana kalau sudah terlanjur terbentuk komedo di wajah lo? Tenang Men, langsung aja gunakan salicylic acid untuk membasminya. Asam ini akan melunakkan komedo bahkan yang sudah keras sekalipun, lalu melepaskan ikatannya dengan sel-sel kulit sehingga bisa dikeluarkan dari pori-pori dengan mudah saat lo membersihkan wajah. 

3. Mengatasi jerawat

Kerja salicylic acid untuk jerawat adalah dengan menembus lapisan minyak di permukaan kulit dan masuk ke dalam pori-pori, lalu membersihkannya dengan mendalam. Nggak cuma itu Men, zat asam ini disebut punya sifat anti-peradangan sehingga dapat membantu menenangkan dan meredakan jerawat yang sedang meradang.

4. Membantu efektivitas bahan aktif lainnya

Penggunaan salicylic acid untuk jerawat biasanya nggak sendirian, tapi dipadukan dengan bahan aktif lain. Misalnya saja benzoyl peroxide yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Nah, kemampuan salicylic acid mengeksfoliasi dan membersihkan sampai ke dalam pori-pori bikin bahan-bahan aktif lainnya bisa bekerja dengan efektif mengatasi jerawat karena dapat menyerap dengan baik ke dalam lapisan kulit.

5. Membuat pori-pori tampak mengecil

Efek pengaruh hormon, pori-pori di kulit wajah pria ukurannya lebih besar dibanding wanita karena ukuran kelenjar sebasea di dalamnya juga lebih besar sehingga memproduksi lebih banyak minyak. Nah, fungsi salicylic acid untuk wajah salah satunya adalah membersihkan pori-pori dari minyak berlebih ini, jadi pori-pori lo nggak melebar dan membesar.

Cara Aman Pakai Produk Skincare dengan Kandungan Salicylic Acid

Setelah tau berbagai manfaat salicylic acid, termasuk manfaat salicylic acid untuk jerawat, lo pasti nggak sabar pengen langsung pakai produk-produk skincare yang ada kandungan zat asam ini. Lo bisa temukan kandungan salicylic acid di berbagai produk skincare, bisa berupa facial wash, toner, serum, pelembap, sampai ke masker wajah. 

Namun lo jangan sembarang pakai produk yang ada kandungan salicylic acid-nya, Men, soalnya pemakaiannya harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit wajah lo. Untuk produk-produk skincare yang dijual bebas, persentase yang diperbolehkan adalah 0,5-2%. Jika lebih dari itu, maka pemakaiannya harus dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit karena dikhawatirkan lo akan mengalami efek samping dari pemakaian salicylic acid konsentrasi tinggi.

Beberapa bentuk dari efek samping pemakaian salicylic acid untuk jerawat dengan dosis terlalu tinggi di antaranya adalah kulit menjadi terkelupas, sensasi seperti terbakar tapi ringan, sensasi tersengat tapi ringan, iritasi ringan, dan kulit wajah jadi sangat kering. Supaya lo terhindari dari efek samping ini, biasakan untuk cek terlebih dahulu persentase kandungan salicylic acid di produk serta instruksi pemakaiannya.

Pertimbangkan juga jenis kulit lo, Men. Kulit yang berminyak dan rentan berjerawat bisa memakai produk skincare dengan kandungan sampai 2% untuk mendapatkan manfaat salicylic acid untuk bekas jerawat juga. Sedangkan untuk kulit yang kering, apalagi kalau cenderung sensitif, masih dibolehkan pakai salicylic acid untuk jerawat tapi dengan konsentrasi paling rendah. 

Kandungan Salicylic Acid di Masker Garnier Men Acno Fight

Salah satu produk skincare untuk pria dengan kandungan salicylic acid yang aman untuk lo gunakan adalah Garnier Men Acno Fight XL Super Mask. Tissue mask anti-acne pertama dari Garnier Men ini punya kandungan 5X salicylic acid yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah, serta charcoal yang membantu menyerap dan membersihkan kotoran secara menyeluruh. Dalam 5 menit pemakaian dapat membantu mengurangi minyak penyebab jerawat serta membuat kulit wajah lo jadi lebih halus dan segar seketika.

Cara pakainya juga gampang. Lo cuci wajah dulu Garnier Men Acno Fight Anti-Acne Scrub in Foam, baru kemudian memakai masker selama 5-10 menit. Setelah itu, lepaskan masker dan pijat-pijat wajah sampai sisa serum menyerap dengan baik. Lanjutkan dengan memakai Garnier Men Acno Fight Acne Fighting Brightening Serum Cream. 

Jangan ragu untuk pakai produk skincare dengan kandungan salicylic acid untuk jerawat lo, bisa cepat bebas dari masalah ini. Lo bisa dapetin Garnier Men Acno Fight XL Super Mask dan produk-produk di rangkaian Garnier Men Acno Fight lainnya di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, dan drugstore terdekat.