Tips Memilih Bahan Aktif di Masker yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Tips Memilih Bahan Aktif di Masker yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Tips Memilih Bahan Aktif di Masker yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Salah satu masalah kulit wajah yang umum diderita oleh pria dan wanita adalah jerawat. Namun karena kulit wajah pria lebih banyak memproduksi minyak dibanding wanita, pria jadi lebih rentan buat memiliki jerawat daripada wanita

Tips Memilih Bahan Aktif di Masker yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sebenarnya nggak terlalu sulit buat mengatasi jerawat, Men, yang dibutuhkan adalah penggunaan produk-produk skincare dengan bahan aktif yang tepat, termasuk untuk masker yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Biar lebih paham, simak info tentang bahan-bahan aktif tersebut di bawah ini!

Kulit Pria lebih Berminyak dan Rentan Berjerawat

Jerawat nggak hanya diderita oleh remaja, Men, lo sebagai pria dewasa juga bisa memilikinya. Apalagi sebagai pria, lo punya hormon-hormon yang bisa bikin kulit wajah jadi berminyak dan berjerawat, yaitu kelompok hormon androgen yang khas pria. Androgen juga yang bertanggung jawab membuat kebanyakan remaja jadi berjerawat. Soalnya, produksi kelompok hormon ini, terutama hormon testosteron, meningkat drastis saat remaja yang berefek kelenjar sebasea lebih aktif memproduksi minyak. 

Produksi minyak berlebih ini bisa berkembang jadi masalah jerawat kalau wajah lo nggak dirawat dengan baik, termasuk nggak pakai masker yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kondisinya, bakteri penyebab jerawat senang berkembang biak di minyak yang ada di permukaan kulit dan pori-pori. Saat pori-pori wajah lo tersumbat oleh campuran kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak, paparan bakteri penyebab jerawat ini bisa langsung membuat muncul jerawat.

Selain faktor hormon, kulit wajah lo yang berminyak dan berjerawat juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jadi kalau kebanyakan pria di keluarga lo punya kulit yang cepat berminyak dan rentan berjerawat, kemungkinan besar lo juga akan memilikinya, Men. 

Bahan-Bahan Aktif Pelawan Minyak dan Jerawat di Produk Skincare

Ada berbagai bahan aktif yang biasa ditemukan di dalam produk-produk skincare untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat. Fungsinya pun berbeda-beda, ada yang mengontrol produksi minyak, ada yang membasmi bakteri penyebab jerawat, serta ada yang membersihkan pori-pori kulit wajah.

Saat kulit wajah lo berminyak, kunci perawatannya adalah menjaga kebersihannya agar tidak memicu munculnya jerawat. Nggak berarti lo harus mencuci wajah setiap saat, Men, karena tindakan itu malah bisa bikin kulit lo jadi iritasi. Cara yang benar adalah memilih kandungan bahan-bahan aktif di produk perawatan kulit wajah lo yang dapat membantu membersihkan wajah secara menyeluruh dan mendalam sampai ke pori-pori.

Nah, beberapa bahan aktif yang umum terdapat di produk-produk skincare, termasuk masker untuk kulit berminyak, berjerawat, dan berkomedo, di antaranya adalah: 

1. Benzoyl peroxide

Bahan aktif ini sudah lama digunakan di dalam produk obat jerawat karena kemampuannya membunuh bakteri penyebab jerawat serta mengurangi minyak berlebih dan tumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Hati-hati saat memakai produk skincare dengan kandungan benzoyl peroxide karena dapat membuat rambut dan kain menjadi putih karena efek bleaching-nya. 

2. Salicylic acid

Merupakan salah satu zat asam yang masuk dalam kelompok BHA (beta-hydroxy acid) yang merupakan eksfolian bagi kulit. Salicylic acid membantu mengeksfoliasi kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati bisa luruh dengan cepat dari permukaan kulit. Karena BHA larut dalam minyak, maka salicylic acid jadi pilihan tepat untuk mengeksfoliasi kulit wajah berminyak secara mendalam sampai ke pori-pori. Salicylic acid juga bersifat anti-peradangan sehingga dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang berjerawat.

3. Glycolic acid

Kalau zat asam ini termasuk dalam kelompok AHA (alpha-hydroxy acid) yang juga merupakan eksfolian tapi larut di dalam air. Glycolic acid adalah jenis asam AHA yang memiliki molekul paling kecil sehingga dapat masuk sampai ke pori-pori untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang terjebak di sana.

4. Charcoal

Walau sama-sama merupakan hasil pembakaran, tapi charcoal yang digunakan sebagai bahan aktif di produk skincare, di antaranya masker yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, beda sama charcoal sisa kayu bakar, Men. Charcoal di sini lebih berpori sehingga dapat menyerap berbagai kotoran dan minyak berlebih dari permukaan kulit wajah sehingga wajah jadi bersih optimal.

5. Niacinamide

Bahan aktif yang trending beberapa tahun terakhir ini memang lebih dikenal sebagai pencerah wajah, tapi ternyata punya mampu juga mengatasi minyak berlebih dan jerawat. Ini dimungkinkan dengan kemampuannya mengontrol dan menyerap minyak di wajah, serta sifat anti-peradangan yang mampu meredakan peradangan pada jerawat. Berbagai penelitian menunjukkan kalau penggunaan niacinamide sangat efektif dalam melawan jerawat.

Masker yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat dari Garnier Men

Memilih segitu banyak bahan aktif dan produk skincare untuk merawat kulit wajah berminyak dan berjerawat memang bisa bikin lo bingung. Nah, biar nggak ribet, lo bisa pilih masker wajah pria untuk kulit berminyak dan berjerawat dari Garnier Men, yaitu Garnier Men Acno Fight XL Super Mask.

Masker yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat ini memiliki bentuk tissue mask yang punya kandungan 5X salicylic acid yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah, serta charcoal yang membantu menyerap dan membersihkan kotoran secara menyeluruh. Nggak heran kalau setelah pemakaian 5 menit, lo bisa langsung mendapatkan manfaatnya, Men, yaitu minyak berlebih penyebab jerawat jadi berkurang, ditambah lagi kulit wajah lo jadi lebih halus dan segar seketika.

Untuk hasil yang optimal dalam merawat wajah, masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat ini bisa lo pake bareng rangkaian Garnier Men Acno Fight lainnya. Sebelum pakai Garnier Men Acno Fight XL Super Mask, lo bisa terlebih dahulu cuci wajah pakai Garnier Men Acno Fight Anti-Acne Scrub in Foam, baru kemudian pakai maskernya selama 5-10 menit. Setelah itu, lepaskan masker dan pijat-pijat wajah sampai sisa serum menyerap dengan baik. Lanjutkan dengan memakai Garnier Men Acno Fight Acne Fighting Brightening Serum Cream. 

Hadirnya masker yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat ini bakal memudahkan hidup lo dalam urusan memilih produk skincare yang tepat. Jadi, langsung aja dapatkan Garnier Men Acno Fight XL Super Mask dan produk-produk di rangkaian Garnier Men Acno Fight lainnya di website Garnier Indonesia dan di akun resmi Garnier di e-commerce/marketplace, atau beli langsung di supermarket, minimarket, dan drugstore terdekat.