cara merawat serta menutrisi rambut kering dan mengembang cara merawat serta menutrisi rambut kering dan mengembang

Cara Mudah untuk Merawat Serta Menutrisi Rambut Kering dan Mengembang

Pemilik rambut kering pasti familiar dengan kondisi ini: rambut mengembang saat tertiup angin dan tidak kembali kempis, rambut menjadi kusut saat bangun pagi, serta rambut terbelah atau ujungnya pecah. Mungkin kamu sudah mencoba berbagai cara agar rambut tidak kering, tapi kok, tidak ada perubahan yang berarti.

Bisa jadi, cara perawatan rambut kamu kurang tepat sehingga tidak memberi hasil yang diharapkan. Yuk, pelajari dulu penyebab rambut kering dan mengembang agar kamu bisa menentukan cara merawatnya yang tepat.

Kondisi Rambut Kering dan Mengembang

Kamu tau nggak, kalau pada dasarnya, rambut manusia itu memiliki kondisi yang normal? Kondisi rambut ini kemudian dipengaruhi oleh produksi minyak di kulit kepala. Jika kulit kepalamu jenisnya berminyak dan memproduksi minyak secara berlebih, maka minyak ini akan berpindah dan menumpuk di rambut, membuatnya rambut jadi berminyak, mengilap, licin, dan cenderung lepek. 

Kondisi sebaliknya terjadi jika kulit kepalamu kering, yang berarti hanya memproduksi sedikit minyak. Ini membuat minyak yang berpindah ke rambut sedikit jumlahnya, sehingga rambut akan cenderung menjadi kering. Kurangnya minyak alami membuat lapisan luar rambut rentan rusak karena minyak ini sebenarnya berfungsi untuk melembapkan dan melindungi rambut dari pengaruh eksternal, seperti sinar matahari, polusi, dan panas tinggi dari alat-alat penata rambut. 

Ciri-ciri rambut kering adalah tampak kusam, kasar, rapuh sehingga mudah patah dan pecah-pecah, mudah kusut, dan mengembang. Selain disebabkan kulit kepala yang minim memproduksi minyak, beberapa penyebab rambut kering lainnya adalah: 

Usia.

Semakin usia bertambah, secara keseluruhan kulit akan memproduksi minyak lebih sedikit, termasuk kulit kepala. Ini dapat membuat rambutmu menjadi lebih kering daripada biasanya.

Kondisi lingkungan.

Beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering, di antaranya adalah iklim yang panas dan lembap, sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, sering tertiup angin, sering terpapar asap rokok, dan sering terpapar air laut atau air berklorin di kolam renang.

Perawatan rambut yang kurang tepat.

Ini termasuk:

- Keramas terlalu sering.

- Menggunakan produk perawatan dan penataan rambut yang tidak sesuai untuk rambut kering.

- Terlalu sering mengecat, mengeriting, atau meluruskan rambut menggunakan produk-produk yang terlalu keras untuk rambut.

- Terlalu sering menggunakan alat-alat penata rambut dengan panas tinggi.

Punya masalah kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan dapat membuat rambut tidak dapat mempertahankan kelembapannya, seperti gangguan makan dan masalah hormon.

Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Perubahan pola hidup jadi kunci utama dalam cara mengatasi rambut kering. Tentu saja, pola hidup ini menyesuaikan dengan kondisi rambut kamu. Cara-cara yang bisa kamu lakukan adalah:

Keramas dengan benar. 

Rambut kering sebaiknya tidak dicuci setiap hari agar kondisinya tidak semakin kering dan mengembang. Jadi kamu cukup keramas 2-3 kali seminggu saja. Hindari menggunakan air panas atau hangat karena dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala dan batang rambut. Pilih shampo khusus untuk perawatan rambut kering, begitu juga dengan kondisioner.

Lakukan perawatan tambahan.

Perawatan rambut keringmu tak berhenti begitu keramas selesai, lho. Setelahnya, kamu bisa usapkan hair oil atau leave-in conditioner untuk membantu menjaga helaian rambutmu tetap lembap. Selain itu, setiap 1-2 kali seminggu, kamu bisa melakukan perawatan tambahan menggunakan hair mask. Produk hair mask akan memberi nutrisi tambahan yang dibutuhkan rambutmu yang kering, kasar, dan mengembang.

Mengurangi penggunaan alat-alat penata rambut dengan panas tinggi.

Sebaiknya kamu kurangi penggunaan alat-alat penata rambut seperti hair dryer, curling iron, dan catokan. Jika harus menggunakannya, maka aplikasikan hair oil atau hair serum terlebih dahulu untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat panas tinggi dari alat-alat tersebut.

Trim rambut secara teratur.

Bagian ujung bawah rambut yang sudah kering dan rusak sebaiknya dipotong agar kerusakannya tidak menjalar ke atas. Karena itu, trim rambutmu paling tidak sekali dalam tiga bulan jika rambutmu mulai terasa kasar di bagian ujungnya.

Lindungi rambut dari agresor lingkungan.

Saat berada di luar ruangan, sebisa mungkin lindungi rambutmu dari paparan sinar matahari dan polusi dengan menggunakan topi atau payung, serta mengikat rambut agar tidak beterbangan saat tertiup angin. Jika berenang di laut atau kolam renang, gunakan topi renang untuk meminimalkan paparan airnya ke rambutmu.

Penuhi kebutuhan nutrisi untuk rambut.

Cara merawat rambut kering dari dalam agar kembali sehat adalah dengan mengonsumsi nutrisi berupa vitamin dan mineral. Nutrisi yang penting untuk perawatan rambut adalah zat besi, folat, zinc, Vitamin B kompleks,  Vitamin C, Vitamin D, dan protein.

Perawatan Rambut Kering dan Mengembang dari Garnier Fructis

Agar perawatan rambutmu yang kering, kasar, dan mengembang lebih optimal, kamu butuh produk-produk perawatan rambut yang dapat membantu menutrisi rambutmu secara maksimal dan menghidrasi rambut. Cobain yuk, rangkaian produk baru dari Garnier yang ditujukan khusus untuk menutrisi rambutmu, yaitu Garnier Fructis.

Rangkaian Garnier Fructis istimewa banget karena dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambutmu dengan 96%* kandungan bahan-bahan alami. Nggak hanya itu, Garnier Fructis  juga memiliki kelebihan berupa:

  • Terbuat dari jus buah asli.
  • Memiliki formula vegan sehingga tidak ada bahan kandungannya yang berasal dari hewan atau turunannya.
  • Formula biodegradable sampai dengan 95%*.
  • Tidak menggunakan tambahan silikon, paraben, dan pewarna buatan.

Garnier Fructis terdiri dari tiga produk, yaitu shampo, kondisioner, dan 3-in-1 hair treatment, yang masing-masing punya manfaatnya sendiri.

  • Shampo: Memiliki busa ringan dan lembut untuk membantu membersihkan, menutrisi, dan merawat rambutmu agar tetap sehat.
  • Kondisioner: Formulanya bekerja efektif untuk menutrisi rambutmu, membuat rambut mudah disisir, tidak mudah kusut, serta tampak sehat dan indah.
  • 3-in-1 Hair treatment: Produk perawatan 3-in-1 untuk merawat rambutmu sehingga menjadi lembut dan berkilau. Produk ini dapat digunakan sebagai:
  • Masker: Aplikasikan di rambut yang basah, diamkan selama minimal tiga menit, lalu bilas rambut hingga bersih. 
  • Kondisioner: Aplikasikan di rambut yang masih basah setelah mencuci rambut, diamkan selama satu menit, lalu bilas.
  • Leave-in: Oleskan sedikit krim di sepanjang batang rambut, baik rambut basah ataupun kering. Biarkan krim tanpa dibilas.

Varian Garnier Fructis sesuai Kondisi Rambut

Bahan kandungan dari tumbuhan dalam Garnier Fructis merupakan superfood yang dikenal bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Apa aja bahan-bahannya? Di Indonesia, tersedia tiga varian ini:

  • Pisang. Sering digunakan sebagai masker rambut alami, buah pisang dikenal dengan kemampuannya untuk membantu menutrisi dan memperbaiki rambut kering. Kandungan pisang bisa dijumpai di Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Shampoo, Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Conditioner, dan Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Hair Treatment.
  • Macadamia. Andal untuk melembutkan rambut kering, varian macadamia cocok untuk merawat rambut yang kering dan sulit diatur. Bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut kering dan kasar. Kandungan macadamia ada di Garnier Fructis Hairfood Smoothing Macadamia Shampoo, Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Conditioner, dan Garnier Fructis Hairfood Nourishing Banana Hair Treatment.
  • Lidah buaya. Daun tanaman ini dikenal dengan manfaatnya yang menghidrasi dan melembapkan rambut. Cocok untuk menutrisi dan menghidrasi rambut normal cenderung kering. Kandungan lidah buaya terdapat di Garnier Fructis Hairfood Hydrating Aloe Vera Shampoo, Garnier Fructis Hairfood Hydrating Aloe Vera Conditioner, dan Garnier Fructis Hairfood Hydrating Aloe Vera Hair Treatment.

Merawat dan menutrisi rambut kering juga mengembang jadi lebih mudah menggunakan Garnier Fructis dengan varian yang sesuai. Kamu bisa mendapatkan rangkaian produk Garnier Fructis eksklusif di website Garnier Indonesia dan di toko resmi Garnier Indonesia di e-commerce/marketplace.

*as per OECD 301 or equivalent tests