ini perbedaan facial wash dan facial foam yang perlu kamu ketahui ini perbedaan facial wash dan facial foam yang perlu kamu ketahui

Ini Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ini ada banyak produk skincare yang jika dilihat sekilas punya fungsi yang sama, tapi memiliki beda dalam segi tekstur dan formula. Misalnya saja facial wash dan facial foam.

Ini Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam yang Perlu Kamu Ketahui

Mungkin kamu sendiri selama ini belum tau perbedaan facial wash dan facial foam. Sama-sama dikenal sebagai produk pembersih wajah, sebenarnya facial wash dan facial foam punya perbedaan yang signifikan, lho. 

Facial wash adalah produk pembersih wajah yang umumnya ditujukan sebagai sabun pencuci wajah bagi kamu yang memiliki tipe kulit normal, kering, hingga sensitif. Sedangkan facial foam merupakan produk sabun pembersih wajah yang diperuntukkan bagi pemilik kulit berminyak, normal cenderung berminyak, serta kulit yang rentan berjerawat. Hal ini dikarenakan kegunaan facial foam sendiri ditujukan untuk membersihkan kulit secara mendalam dengan busanya yang lembut.

Nah, setelah mengetahui manfaat dari kedua produk pembersih wajah tersebut, kamu bisa menyimak lebih lanjut bedanya facial wash dan facial foam dari beberapa aspek.

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam dari Teksturnya

Perbedaan facial wash dan facial foam yang paling mendasar terletak pada teksturnya. Penjelasannya sebagai berikut: 

- Tekstur facial wash

Facial wash memiliki dua tekstur yang berbeda, yaitu gel dan creamy. Facial wash yang creamy pada umumnya dilengkapi kandungan untuk melembabkan wajah sehingga lebih cocok digunakan untuk tipe kulit kering maupun normal. Sementara itu, facial wash bertekstur gel biasanya memiliki formula yang lebih ringan. Oleh karena itu, facial wash jenis ini direkomendasikan bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif dan acne prone.

- Tekstur facial foam

Sebuah produk facial foam yang bagus memiliki tekstur lebih lembut dan menghasilkan busa yang melimpah. Berkat teksturnya yang lembut ini, facial foam tetap aman digunakan sebagai pembersih wajah harian meski menghasilkan busa yang identik membuat kulit lebih cepat kering.

Keunggulan dari tekstur foam yang dihasilkan produk pembersih ini adalah kemampuannya dalam menyerap kelebihan sebum atau minyak di kulit wajah. Walau begitu, kamu tidak perlu khawatir kulit akan terasa tertarik dan kering.

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam Berdasarkan Formulanya

Meski sama-sama memiliki manfaat untuk membersihkan wajah, jika dicari lebih jauh sebetulnya facial wash dan facial foam diperkaya dengan formulasi yang berbeda. Nah, jika dilihat dari formulanya, berikut perbedaan keduanya:

- Bahan-bahan kandungan facial wash

Seperti yang sudah disebutkan, facial wash bertekstur creamy biasanya dilengkapi dengan moisturizing agent. Kandungan pelembap ini membuat produk facial wash juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah dan tidak membuat kulit wajah kering. Sedangkan, facial wash dengan tekstur gel umumnya diperkaya dengan kandungan anti jerawat yang membantu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat di kulit wajah dan membantu meredakan peradangan kulit.

- Bahan-bahan kandungan facial foam

Karena facial foam ditujukan untuk membersihkan kulit yang berminyak, maka bahan-bahan kandungannya juga akan disesuaikan agar dapat mengangkat minyak berlebih dari kulit wajah tanpa membuat kering. Busa yang lembut ini juga dipercaya dapat membersihkan sisa makeup lebih optimal.

Facial foam juga membantu membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati dengan lembut. Jadi kamu bisa mendapatkan kulit yang bersih menyeluruh dan juga lebih cerah, lho. Apalagi jika kamu memakai produk facial foam untuk mencerahkan wajah yang berkualitas.

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam dari Cara Penggunaan

Perbedaan lain dari facial wash dan facial foam terletak dari cara penggunaannya. Apalagi, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang optimal dalam proses membersihkan wajah.

- Penggunaan facial wash yang disarankan

Baik facial wash bertekstur creamy maupun gel, keduanya memiliki cara pemakaian yang sama. Setelah membersihkan wajah dengan micellar water atau makeup remover, kamu bisa langsung mengaplikasikan facial wash langsung ke wajah tanpa perlu diusap dahulu ke telapak tangan. Baru setelah itu bilas hingga bersih dengan air dingin.

- Penggunaan facial foam yang disarankan

Agar mendapatkan manfaat facial foam dengan optimal, kamu perlu mengeluarkan facial foam terlebih dahulu di telapak tangan, lalu mengusapnya sampai membentuk busa. Bisa juga kamu menggunakan foaming maker berbentuk jaring untuk menghasilkan busa. Baru setelah itu, aplikasikan busa pada wajah dengan lembut, dan bilas facial foam menggunakan air bersih sesudahnya.

Keunggulan Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam

Setelah memahami lebih dalam mengenai perbedaan facial wash dan facial foam, kamu jadi bisa menentukan produk pembersih wajah mana yang paling pas dengan jenis kulit wajahmu. Jika kulit wajahmu lebih sesuai untuk memakai facial foam, maka kamu bisa mencoba pembersih wajah baru Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam.

Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam diformulasikan dengan microbubbles yang membuat facial foam ini dapat membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Busanya pun 50% lebih padat, sehingga lebih lembut saat membersihkan kulit wajah, tanpa membuat kulit kering dan terasa kaku.

Keunggulan lainnya dari Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam adalah kandungan brightening agent di dalamnya. Kandungan ekstrak lemon dan Vitamin C membuat facial foam ini dapat membantu membuat kulit wajahmu tampak cerah dan bebas kusam sejak pemakaian pertama. Kandungan ekstrak lemonnya juga bisa membantu mengontrol produksi sebum di wajah, lho.

Cara penggunaannya mudah banget. Basahi terlebih dahulu tangan dan wajahmu, lalu keluarkan sedikit Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam di telapak tangan. Usap dengan gerakan memutar sampai terbentuk busa, tambahkan sedikit air sesekali untuk membuat busa lebih padat. Jika busa sudah terbentuk, baru deh, aplikasikan busa di wajahmu dengan merata sambil dipijat lembut. Jika sudah selesai, bilas dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. 

Nah, itulah tadi informasi tentang perbedaan facial wash dan facial foam yang perlu kamu tahu. Jika tertarik ingin mencoba Garnier Bright Complete Vitamin C Super Whip Foam, kamu bisa langsung dapatkan produknya secara online di website resmi Garnier Indonesia, maupun official store Garnier yang ada di berbagai e-commerce dan marketplace. Kamu juga bisa beli langsung di supermarket, drugstore, dan toko kosmetik terdekat.