Intip Rekomendasi Skincare untuk Jerawat dan Bekasnya Intip Rekomendasi Skincare untuk Jerawat dan Bekasnya

Intip Rekomendasi Skincare untuk Jerawat dan Bekasnya

Bekas jerawat di wajah memang ganggu banget. Ada jerawat satu saja bisa berpengaruh pada kepercayaan diri kamu, apalagi kalau banyak. Sialnya, setelah jerawat kempis bekasnya masih saja ada dan mengganggu penampilan. 

Intip Rekomendasi Skincare untuk Jerawat dan Bekasnya

Bekas jerawat yang menghitam bahkan sampai terjadi lekukan atau luka di kulit sebenarnya bisa dicegah dan diobati.  Asalkan kamu rajin mengaplikasikan skincare untuk jerawat dan bekasnya, saat jerawat mulai tumbuh hingga benar-benar hilang dari wajah kamu. Sebelumnya, pahami dulu yuk soal jerawat dan bekasnya yang membandel.

Bekas Jerawat dan Penyebabnya

Bekas jerawat merupakan kondisi umum yang dialami banyak orang. Tiap orang biasanya mengalami lebih dari satu jenis bekas jerawat. Ada 3 jenis bekas jerawat yang dikenal dunia medis:

1. Bekas jerawat hipertrofik

Bekas jerawat hipertrofik muncul akibat produksi kolagen terlalu banyak saat jerawat sembuh. Akibatnya, jaringan kulit terbentuk dan terangkat di permukaan kulit yang dikenal juga dengan sebutan keloid. Biasanya terjadi pada jerawat yang tumbuh di dagu dan punggung

2. Bekas jerawat makula

Bekas jerawat makula muncul dari jenis jerawat kecil (bruntusan). Bekasnya berwarna merah dan biasanya terlihat di area dahi dan pipi.  Kalau kamu rajin mengaplikasikan skincare untuk bruntusan, bekas jerawat jenis ini akan pudar dalam waktu 6 sampai 12 bulan. 

3. Bekas jerawat atrofi

Bekas jerawat atrofi biasanya terjadi saat kamu malas mengoleskan produk skincare untuk kulit berjerawat dan sering memencet jerawat. Akhirnya muncul bopeng atau cekungan yang cukup dalam pada kulit

Lalu apa saja yang menyebabkan jerawat membekas dan sulit pudar? Bekas jerawat dapat hilang dengan sendirinya jika kamu tepat memilih skincare untuk jerawat dan bekasnya. Tapi beberapa jenis jerawat kadang meradang, ditambah kebiasaan buruk memegang wajah berjerawat, akibatnya muncul bekas jerawat yang menghitam.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari saat wajah berjerawat:

- Memencet jerawat karena bisa memicu peradangan dan meninggalkan bekas jerawat susah hilang

- Terlalu sering mencuci muka sehingga produk untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya malah jadi tidak efektif

- Terlalu cepat berhenti mengoleskan obat jerawat, lanjutkan pemakaian obat hingga jerawat sudah benar-benar hilang

- Malas pakai tabir surya yang berisiko menimbulkan hiperpigmentasi dan membuat bekas jerawat semakin gelap warnanya

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Mungkin kamu pernah merasa iri kepada teman kamu yang cukup pakai skincare untuk jerawat dan bekasnya lalu kulit wajahnya kembali mulus. Sedangkan kamu sudah pakai skincare yang bagus tapi bekas jerawat masih betah nempel di pipi kamu. Sayangnya, karena faktor genetis bekas jerawat pada sebagian orang akan butuh waktu lebih lama untuk memudar dan hilang. 

Jika skincare untuk jerawat dan bekasnya sudah tidak mempan, ada beberapa tindakan medis yang bisa kamu coba. Diantaranya:

- Chemical peeling, cara ini bisa dilakukan sendiri dengan produk senyawa asam yang dijual bebas atau dengan bantuan dokter kulit

- Dermabrasi, gunanya untuk mengangkat kulit mati di bagian terluar wajah dengan lapisan kulit baru

- Laser fraksional, dilakukan di klinik kecantikan yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit

- Laser resurfacing, tindakan untuk menghilangkan lapisan kulit luar yang rusak dan meratakan pertumbuhan kulit baru

- Microneedling, menggunakan jarum berukuran mikro untuk mengurangi kedalaman bekas jerawat (bopeng)

- Dermal filler yang berfungsi mengisi jaringan kulit bopeng dengan produk yang mengandung kolagen

- Suntikan kortikosteroid yang cocok untuk bekas luka hipertrofik

Jerawat umumnya muncul pada remaja hingga dewasa pada usia 30-an tahun. Karena perbedaan usia dan kondisi kulit, sebaiknya jangan memakai produk yang sama. Remaja sebaiknya menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya untuk remaja. Begitu pula dengan orang dewasa sebaiknya memilih produk yang sesuai usia dan kebutuhan kulit yang berbeda.