Intip Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berjerawat yang Efektif Intip Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berjerawat yang Efektif

Intip Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berjerawat yang Efektif

Kulit yang berjerawat sering kali bikin serba salah. Ingin merawat wajah dengan produk-produk dan urutan skincare seperti yang biasa kamu tapi khawatir malah kurang sesuai dengan kondisi kulit berjerawat.

Intip Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berjerawat yang Efektif

Apalagi pada malam hari, saat kulit wajah sebaiknya diberi nutrisi yang optimal sehingga membantu mengatasi masalah jerawatmu. Kalau bingung urutan skincare malam untuk kulit berjerawat, kamu bisa temukan jawabannya di sini.

Bedanya Skincare Routine Pagi dan Malam

Sebelum membahas urutan skincare malam untuk kulit berjerawat, kamu sebaiknya paham dulu kenapa tahapan skincare pada pagi dan malam hari dibuat berbeda. Rutinitas pemakaian produk skincare pada kedua waktu ini punya tujuan dan manfaat yang berbeda lho, makanya urutan dan ada produk-produk berbeda yang digunakan.

Pada pagi hari, pemakaian produk-produk skincare ditujukan untuk membantu kulit wajahmu siap menjalani hari. Karena itu, produk-produk skincare yang digunakan nggak hanya untuk merawat tapi juga melindungi kulit wajahmu, terutama dari efek buruk sinar matahari dan polusi yang paparannya banyak terjadi pada pagi sampai sore hari. Produk seperti serum Vitamin C dan sunscreen disarankan banget untuk kamu pakai pada pagi hari.

Urutan pakai skincare pada pagi hari adalah facial wash, toner, serum, day cream, dan diakhiri dengan sunscreen. Ingat ya, kalau sunscreen perlu diaplikasikan setiap 2-3 jam, apalagi kalau kamu sering berkeringat dan beraktivitas di luar ruangan. Sehabis wudhu, kamu bisa aplikasikan ulang produk-produknya berdasarkan urutan ini, atau cukup pakai day cream dan sunscreen aja. 

Bagaimana dengan urutan skincare malam hari? Nah, pakai produk-produk skincare pada malam hari tujuannya untuk menutrisi kulit sebelum tidur. Soalnya saat tidur, sel-sel tubuhmu melakukan berbagai perbaikan dan penyegaran dari berbagai kerusakan yang dialami saat beraktivitas sehari-hari. Ini membuat sel-sel kulit butuh banyak nutrisi yang membantu melakukan ini semua. Nggak heran kalau pada malam hari, produk skincare punya bahan aktif yang lebih banyak.

Urutan pemakaian produk skincare pada malam hari adalah makeup remover (kalau kamu memakai produk makeup), facial wash, toner, serum, krim mata, dan night cream. Produk skincare yang digunakan berkala, yaitu eksfolian dan sheet mask, juga disarankan dipakai pada malam hari. Begitu juga dengan produk berbentuk obat oles, sebaiknya digunakan pada malam hari.

Merawat Kulit yang Berjerawat

Untuk kamu yang punya masalah jerawat, para dokter kulit menyarankan agar kamu menyesuaikan penggunaan produk-produk skincare yang benar dan urutan skincare malam untuk kulit berjerawat. Soalnya, masalah jerawat itu punya berbagai penyebab, jadi perawatan dan pengobatannya pun disesuaikan dengan penyebab jerawat.

Masalah jerawat pada remaja umumnya disebabkan oleh meningkatnya produksi kelompok hormon androgen, yang memicu produksi minyak di kelenjar sebasea di kulit jadi meningkat. Selain di wajah, produksi minyak berlebih ini juga terjadi di punggung, dada, dan kulit kepala. 

Akibatnya, selain wajah jadi sangat berminyak, kamu juga jadi rentan berkomedo dan berjerawat karena minyak menarik kotoran seperti magnet. Saat kotoran, sisa makeup, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih menyumbat pori-pori dan tidak dibersihkan, maka terbentuklah komedo. Minyak yang menyumbat pori-pori ini bisa jadi tempat berkembang biak bakteri penyebab jerawat, jadi jika sampai terpapar bakteri, dipastikan akan muncul jerawat.

Urutan Skincare Malam untuk Kulit Berjerawat

Urutan Skincare malam

Sebenarnya tahapan skincare malam untuk kulit berjerawat nggak jauh berbeda dari tahapan skincare malam secara umum. Hanya ada tambahan satu produk skincare malam untuk kulit berjerawat, yaitu obat jerawat. Kamu bisa menyelipkan pemakaian obat jerawat ini setelah pemakaian serum.

Agar lebih jelasnya, maka urutan skincare malam untuk kulit berjerawat berikut pilihan produknya adalah sebagai berikut:

1. Makeup remover:

Kamu bisa gunakan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan sisa makeup, termasuk produk makeup yang waterproof. Pilih produk yang bersifat non-comedogenic agar minyaknya tidak menyumbat pori-porimu. 

2. Facial wash:

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, jenis facial wash yang disarankan adalah yang berbentuk gel dan foam

3. Toner:

Produk skincare ini fungsinya untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang saat dibersihkan. Urutan skincare malam untuk kulit berjerawat sifatnya opsional jadi bisa kamu lewatkan kalau facial wash-mu sudah mengandung bahan pelembap.

4. Eksfolian:

Banyak pemilik kulit berjerawat yang menghindari eksfoliasi, padahal bermanfaat banget untuk membantu penyembuhan jerawat. Pilih eksfolian kimia yang mengandung salicylic acid dan/atau glycolic acid yang juga membantu membersihkan sampai ke pori-pori. Pakai dua kali seminggu, ya.

5. Serum:

Produk skincare ini umumnya memiliki kandungan bahan aktif dalam jumlah tinggi sehingga efektif dalam membasmi jerawat. Kamu bisa pilih yang memiliki kandungan salicylic acid dan niacinamide

6. Obat jerawat:

Kamu bisa menggunakan obat jerawat yang dijual bebas atau obat oles yang diresepkan setelah kamu berkonsultasi dengan dokter kulit. Ikuti cara aplikasi yang disarankan di produknya, ya.

7. Sheet mask:

Baik dalam bentuk serum mask atau pun ampoule mask, penggunaan sheet mask akan memberi nutrisi tambahan bagi wajahmu untuk mengatasi masalah jerawat. Kamu bisa pakai sheet mask sebanyak 2-3 kali seminggu.

8. Night cream:

Pemakaian produk di urutan skincare malam untuk kulit berjerawat paling akhir ini berfungsi untuk melembapkan sekaligus mengunci semua nutrisi yang sudah kamu berikan sebelumnya di dalam lapisan kulit. 

Bahan Aktif di Produk Skincare Malam untuk Remaja

Produk-produk untuk perawatan kulit wajah yang sedang berjerawat umumnya mengandung bahan-bahan aktif yang efektif untuk membasmi jerawat. Ada salicylic acid, yaitu zat asam dari kelompok BHA (beta-hydroxy acid) yang efektif mengeksfoliasi kulit wajah yang berminyak dan dapat menembus lapisan minyak untuk masuk ke pori-pori untuk membersihkan sumbatan. Ada juga niacinamide yang dapat membantu meredakan peradangan saat berjerawat.

Kamu harus benar-benar cermat memilih produk skincare untuk merawat kulit berjerawatmu. Jangan cuma ikut-ikutan teman karena yang cocok bagi dia belum tentu cocok juga untuk kulitmu. Pelajari juga urutan skincare malam untuk kulit berjerawat agar hasil perawatannya optimal. Kalau jerawatmu membandel dan nggak sembuh-sembuh, sebaiknya kamu periksakan ke dokter kulit, ya.