Masih Bingung Apa Itu Double Cleansing Intip Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya di Sini Masih Bingung Apa Itu Double Cleansing Intip Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya di Sini

Masih Bingung Apa Itu Double Cleansing? Intip Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya di Sini!

Setelah beraktivitas seharian, maka langkah pertama yang kamu lakukan dari rutinitas perawatan wajah pada malam hari adalah membersihkan sisa make up yang menempel di kulit wajah. Ini merupakan langkah pertama dari dua langkah membersihkan wajah atau biasa disebut dengan double cleansing. Kamu mungkin sering dengar tentang double cleansing tapi nggak pernah mempraktikkannya saat membersihkan wajah. Yuk, ketahui apa itu double cleansing dan manfaatnya untuk kulit wajahmu!

Apa Itu Double Cleansing dan Tujuannya?

Buat yang masih belum tau double cleansing itu apa, ini penjelasannya. Secara sederhana, double cleansing bisa diartikan sebagai teknik membersihkan wajah yang memakai dua produk pembersih berbeda yang dilakukan secara berurutan. Langkah pertama ditujukan untuk membersihkan sisa make-up dan physical sunscreen, sedangkan langkah kedua ditujukan untuk membersihkan kotoran lainnya di wajah sekaligus residu dari pembersih pertama. Dengan demikian, wajahmu jadi bersih optimal.

Produk pertama yang dipakai dalam double cleansing adalah produk pembersih wajah berbasis minyak, bisa berupa cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water. Alasan kenapa harus berbasis minyak adalah karena produk makeup, termasuk yang waterproof, bisa larut dalam minyak, karena itu lebih mudah dibersihkan. Begitu juga dengan physical sunscreen yang bekerja dengan cara membuat lapisan di permukaan kulit. Di penghujung hari, sisa sunscreen ini harus dibersihkan juga.

Setelah selesai melakukan langkah pertama, maka kamu bisa melakukan langkah kedua, yaitu membersihkan wajah memakai facial wash yang umumnya berbasis air. Pada tahap ini, biasanya kotoran sudah bisa dibersihkan dengan air, misalnya debu serta sisa-sisa minyak dan keringat yang menempel di kulit. Tentu saja, kamu harus memakai facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Selain itu, pilih formula yang lembut dan hypo-allergenic agar tidak menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Manfaat Double Cleansing yang Perlu Kamu Ketahui

Setelah mengetahui apa itu double cleansing, kamu sebenarnya sudah lebih tau manfaat apa yang diberikan dari teknik membersihkan ini. Namun biar lebih jelas, berbagai manfaat double cleansing untuk remaja bisa kamu baca di bawah ini: 

  • Memastikan wajahmu bersih optimal

Banyak lho, yang nggak sadar kalau sisa makeup dan physical sunscreen yang menempel di kulit wajah nggak bisa dibersihkan dengan facial wash biasa. Kamu butuh melakukan double cleansing untuk memastikan kulit wajahmu benar-benar bersih dari semua kotoran yang menempel.

  • Membersihkan ekstra minyak di wajah

Untuk kamu yang kulit wajahnya sangat berminyak, double cleansing bisa membantu membersihkan minyak berlebih di wajahmu. Soalnya, berdasarkan prinsip kimia, minyak dapat larut dalam minyak. Karena itu, para dokter kulit menyarankan untuk melakukan double cleansing untuk kulit berminyak.

  • Meningkatkan penyerapan produk skincare

Double cleansing bisa membantu produk-produk skincare yang kamu pakai menyerap dengan baik ke lapisan kulit. Saat kulit wajahmu bersih optimal, nggak ada lagi lapisan apa pun yang menghalangi penyerapan produk-produk skincare yang kamu pakai selanjutnya, seperti toner, serum, pelembap, dan sunscreen. Semua jadi bisa bekerja dengan efektif dalam merawat kulit wajahmu.

Selain paham apa itu double cleansing, kamu perlu pahami juga kalau kamu nggak perlu melakukan double cleansing setiap hari. Double cleansing dibutuhkan saat kamu memakai produk makeup dan physical sunscreen, serta kulit wajah sangat berminyak. Kalau kamu sedang tidak memakai produk makeup dan lebih memilih memakai chemical sunscreen, maka wajah cukup dibersihkan memakai facial wash saja. Begitu juga kalau produksi minyak di wajahmu tergolong normal dan nggak sampai berlebih.

Double Cleansing Memakai Micellar Water dari Garnier

Bahasan mengenai apa itu double cleansing nggak lengkap kalau belum bahas produk rekomendasinya dari Garnier, khususnya micellar water yang jadi pembersih pertama. Garnier punya banyak lho, produk micellar water yang bisa kamu pilih sesuai jenis dan kebutuhan kulit wajahmu. Yuk, lebih kenal tentang produk-produk pembersih wajah Garnier Micellar Water tanpa bilas No. 1 terlaris di Indonesia ini!

  • Garnier Micellar Cleansing Water – Blue

Garnier Micellar Cleansing Water berfungsi untuk menghapus sisa makeup, membersihkan kotoran, sekaligus menyegarkan wajah dalam satu usapan lembut tanpa perlu dibilas. Produk ini dapat mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit kering. Nah, Garnier micellar water untuk kulit berjerawat ini cocok untuk kamu yang selama ini sulit menemukan pembersih wajah yang nyaman di kulit dan dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. 

  • Garnier Micellar Cleansing Water – Pink

Garnier micellar water pink ini punya fungsi yang sama dengan varian berwarna biru, yaitu berfungsi sebagai pembersih make up, membersihkan kotoran, sekaligus menyegarkan wajah dalam satu usapan lembut tanpa perlu dibilas. Varian ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang cenderung sensitif.

  • Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water 

Berbeda dari varian micellar water Garnier lainnya, produk ini dapat membersihkan sisa makeup yang waterproof secara optimal. Ini karena Garnier memadukan teknologi micellar dengan minyak argan sehingga dapat mengangkat sisa makeup waterproof seperti magnet, sekaligus merawat dan menutrisi kulit wajah.

  • Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C

Varian micellar water ini nggak hanya andal dalam membersihkan sisa makeup, tapi juga dapat membantu mencerahkan wajahmu dengan seketika. Soalnya, Garnier menggabungkan teknologi micellar dengan Vitamin C yang menutrisi kulit dan seketika mencerahkan kusam. Formulanya lembut tanpa penambahan alkohol dan pewangi, sehingga cocok untuk kulit sensitif

  • Garnier Micellar Rose Water Clean & Glow

Ingin punya wajah glowing? Kalau begitu, kamu bisa pilih varian micellar water ini karena diperkaya dengan kandungan air mawar. Nggak hanya membersihkan sisa makeup secara efisien, kandungan air mawarnya membantu menjadikan kulit wajahmu tampak cerah dan glowing seketika!

Cara double cleansing memakai Garnier micellar water  tergolong mudah, lho. Ini langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti:

1. Tuang micellar water ke eco pad Garnier secukupnya, lalu usapkan eco pad ke seluruh wajah dengan sedikit ditekan.

2. Untuk area yang pembersihan sisa makeup-nya harus ekstra, misalnya area mata dan bibir, kamu bisa kompres terlebih dahulu eco pad selama beberapa detik, baru kemudian usapkan untuk mengangkat sisa makeup

3. Ulangi lagi sampai eco pad bersih.

4. Mulai pembersihan langkah kedua dengan membasuh wajah menggunakan air hangat.

5. Keluarkan facial wash di telapak tangan, tambahkan sedikit air lalu gosok sampai berbusa.

6. Usapkan busa ke seluruh area wajah dengan merata sambil dipijat. Agar efektif, lakukan langkah ini selama 60 detik.

7. Setelah selesai, bilas dengan air hangat. 

Mudah kan, menerapkan teknik double cleansing ini? Dengan mengetahui apa itu double cleansing dan cara melakukannya, wajahmu akan bersih optimal! Kamu bisa dapatkan berbagai varian produk Garnier micellar water ini langsung di official website Garnier Indonesia, atau official store Garnier Indonesia yang ada di marketplace/e-commerce terkemuka. Kamu juga bisa membelinya di drugstore, toko kosmetik, dan supermarket terdekat.