cara menghilangkan bruntusan cara menghilangkan bruntusan

Sering Bruntusan Karena Punya Kulit Sensitif, Ikuti 3 Cara Menghilangkan Bruntusan

Kulit sensitif memiliki ciri mudah mengalami ruam dan gatal, sensitif terhadap sinar ultraviolet, dan kulit mudah mengalami kering. Masalah yang sering dialami adalah wajah mudah alergi, mengelupas, kemerahan, kulit kering, dan mudah berjerawat yang salah satunya berupa bruntusan.

Ada perbedaan antara bruntusan dengan jerawat biasa? Jerawat yang biasa kamu alami bisa muncul di mana saja pada area wajah, berbentuk bintil yang ukurannya cukup besar, terasa nyeri bila ditekan, dan terdapat isi berupa darah atau nanah. Sementara bruntusan merupakan kondisi permukaan kulit yang tidak rata, terasa kasar, berupa bintil-bintil kecil yang menonjol, dan sering menyebar di dahi atau pipi.

Cara Menghilangkan Bruntusan untuk Kulit Sensitif

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bruntusan? Hampir mirip dengan cara mengatasi jerawat, kamu bisa melakukan cara-cara di bawah ini.

 

Double Cleansing dan Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Selain harus membersihkan wajah dua kali dalam satu hari dengan memakai pembersih wajah khusus kulit sensitif, kamu perlu melakukan double cleansing untuk membuat kulit wajah bersih menyeluruh. Untuk yang sering memakai makeup setiap hari, perlu memakai makeup remover seperti micellar water yang ringan tapi tetap mampu mengangkat sisa makeup.

Kamu bisa memakai Garnier Micellar Water Pink khusus kulit normal cenderung sensitif untuk menghapus makeup, membersihkan kotoran, dan sekaligus membuat wajah segar dalam satu usapan. Lalu lanjutkan dengan Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel.

Ini merupakan pembersih wajah bertekstur gel yang cocok untuk kulit sensitif rentan berjerawat dengan kandungan Purifying Zinc dan ekstrak Witch Hazel yang melembutkan di dalamnya. Produk ini membantu membersihkan wajah, mengurangi minyak berlebih, kemerahan, serta jerawat pada wajah.

Tak berhenti sampai di situ, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi kulit secara berkala, tiap dua kali seminggu dengan scrub khusus kulit sensitif. Eksfoliasi sangat membantu untuk mengikis sel-sel kulit mati sehingga lama-kelamaan bruntusan akan menghilang.

 

Pelembap, Pantang Ketinggalan!

Cara menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan memakai pelembap khusus kulit sensitif. Pakailah Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream, pelembap dengan hasil bebas kilap untuk kulit sensitif dan rentan berjerawat.

Formulanya dilengkapi Purifying Zinc dan ekstrak Witch Hazel untuk mengatasi masalah jerawat, noda kemerahan pada kulit sensitif, dan juga masalah iritasi. Krim serum ini juga mengandung pelembap yang bisa mempertahankan kelembapan kulit sekaligus menahan kadar produksi minyak di wajah.

Jadi, wajah kamu tetap lembap namun bebas kilap. Biar manfaatnya bisa maksimal kamu serap, pakai setiap siang dan malam supaya kulit lembap hingga 24 jam.

 

Stop Pemakaian Produk Kulit yang Tidak Cocok

Satu penyebab bruntusan adalah menggunakan produk-produk kecantikan atau skin care yang tidak cocok dengan kulit kamu. Makanya, saat bruntusan muncul, amati produk baru apa yang lagi kamu coba? Reaksi bruntusan itu bisa jadi tanda alergi.

Jadi, segera coba stop penggunaannya, dan kalau gatal atau jerawatnya makin parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter kulit, ya!

 

Terapkan Pola Hidup Sehat

Jangan salah lho, apa yang kamu konsumsi sehari-hari juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Cara menghilangkan bruntusan, yakni jaga pola makan dengan menghindari berbagai makanan manis, pedas, berminyak, soda, dan olahan susu.

Imbangi dengan olahraga rutin dan minimalisir stres ya. Sudah nggak perlu bingung lagi kalau wajah sensitif kamu sedang mengalami bruntusan. Bila ingin memperoleh produk Garnier di atas, kamu bisa beli di situs resmi Garnier atau belanja langsung di pusat perbelanjaan, toko-toko, dan drugstores terdekat.