5-makanan-yang-menyebabkan-jerawat-sering-muncul 5-makanan-yang-menyebabkan-jerawat-sering-muncul

5 Makanan yang Menyebabkan Jerawat Sering Muncul

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menyerang siapa pun, baik pria dan wanita. Biasanya jerawat berulang pada wanita dipengaruhi oleh siklus menstruasi, tapi, gimana dengan pria? Ternyata, salah satu faktor penyebab kemunculan jerawat pada pria ada pada faktor gaya hidup, khususnya pada makanan yang lo konsumsi secara rutin setiap hari.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menyerang siapa pun, baik pria dan wanita. Biasanya jerawat berulang pada wanita dipengaruhi oleh siklus menstruasi, tapi, gimana dengan pria? Ternyata, salah satu faktor penyebab kemunculan jerawat pada pria ada pada faktor gaya hidup, khususnya pada makanan yang lo konsumsi secara rutin setiap hari. 

Ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin jerawat datang, baik muncul sesekali ataupun berulang kali. Supaya masalah kulit tidak tambah parah, sebaiknya mulai sekarang lo perlu mulai memperhatikan pola makan yang sehat dan juga menghindari makanan-makanan penyebab timbulnya jerawat. Jenis makanan apa sajakah itu? Berikut 5 jenis makanan penyebab jerawat yang sebaiknya lo hindari mulai sekarang. 

1. Gorengan
Penyebab jerawat yang paling sering dijumpai karena konsumsi minyak secara berlebihan. Salah satu makanan yang bisa bikin penumpukan minyak berlebih contohnya seperti pisang goreng, tahu isi, cireng, bakwan, dan segala macam jajanan yang biasanya dijual dalam gerobak kaki lima. Selain itu, lo juga perlu membatasi makan makanan atau lauk pauk yang dimasak dengan menggunakan rendaman minyak goreng, seperti ayam goreng atau kentang goreng. Makanan itu tidak hanya bikin kelebihan lemak, kalau jumlahnya sudah berlebihan, minyak akan keluar melalui pori-pori kulit dan menumpuk di sana. Hal ini nih yang bikin jerawat muncul, Men!

2. Karbohidrat Tidak Kompleks
Contoh makanan penyebab jerawat yang tergolong dalam kelompok karbohidrat tidak kompleks adalah roti, pasta, mi, dan segala olahan dari tepung lainnya. Jenis makanan ini bisa bikin tubuh memproduksi lebih banyak sebum, Men. Selain itu, juga bisa bikin tinggi indeks glikemik dan memicu kemunculan jerawat. Supaya tidak jerawatan, lo sebaiknya lebih banyak mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran segar dan biji-bijian.

3. Permen dan Cokelat
Kedua jenis makanan manis ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh. Kandungan di dalam permen dan cokelat kemasan juga jadi salah satu penyebab peningkatan hormon yang menjadi penyebab jerawat muncul. Tak hanya itu, serat elastin dan kolagen dalam kulit pun terancam rusak sehingga kulit jadi kering dan sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori. Itulah penyebab jerawat jadi sering datang, Men!

4. Makanan dan Minuman Beralkohol
Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga bisa jadi salah satu penyebab jerawat datang, Men. Soalnya, konsumsi alkohol bisa meningkatkan produksi urin dan membuat tubuh kehilangan cairan. Hal ini yang bikin kulit terasa kering dan pada akhirnya membuat sel-sel kulit mati numpuk di pori-pori. Kalau dicuekin terus, jerawat jadi gampang datang! Jadi, untuk lo yang masih hobi mengonsumsi alkohol, sebaiknya kurangi atau stop aja, ya!

5. Dairy Product
Keju terbuat dari bahan dasar susu sapi yang difermentasi. Biasanya sumbernya adalah sapi yang hamil yang tubuhnya sedang mengandung banyak hormon. Kandungan di dalam susu ini bisa memicu kelenjar minyak dalam tubuh kita sehingga terus memproduksinya secara berlebihan. Nah, hal ini juga menjadi salah satu pemicu kemunculan jerawat juga, Men. Untuk menghindarinya, segera batasi konsumsi keju atau makanan olahan dari susu lainnya seperti susu dan yogurt.

Itulah 5 makanan yang menyebabkan jerawat dan harus lo hindari. Makanan yang lo konsumsi memang dapat menjadi penyebab jerawat, Men. Tapi, cara lo menjaga diri dengan melakukan perawatan wajah yang benar juga jadi salah satu faktor penentu yang penting, lho! Makanya, sebaiknya lo pakai rangkaian perawatan yang tepat yang khusus untuk pria seperti Garnier Men Acno Fight. Produk ini akan jadi solusi tepat buat lo dalam mengatasi masalah kulit wajah.

Pertama-tama, cuci muka dengan Garnier Men Acno Fight Wasabi Brightening Foam, atau gunakan Garnier Men Acno Fight 12-in-1 Scrub in Foam yang dapat membuat wajah bersih dari 12 tanda jerawat. Biar makin maksimal, lo juga bisa pakai Garnier Men Acno Fight untuk menutrisi sekaligus mencerahkan wajah. 

Gampang banget, kan? Segera dapatkan produk Garnier Men Acno Fight di www.garnier.co.id atau membelinya secara langsung di toko-toko terdekat. Habis itu, siap-siap bilang selamat tinggal pada jerawat ya, Men!

Produk Terkait