penyebab munculnya jerawat penyebab munculnya jerawat

Penyebab Munculnya Jerawat Membandel Pada Pria Dewasa

Di masa pubertas, umumnya para pria mengalami masalah jerawat karena perubahan hormon. Ada yang jerawatnya wajar hanya tumbuh di beberapa area wajah, namun ada juga yang cukup parah.

Ketika beranjak dewasa, biasanya jerawat akan mulai berkurang. Tapi ternyata tidak hanya pada remaja pria, ada sebagian pria dewasa yang masih mengalami masalah jerawat pada kulitnya.

Cari tau deh, penyebab munculnya jerawat biar bisa segera kamu atasi.

 

1. Penyebab Munculnya Jerawat

Men, nggak usah galau kalau sudah dewasa tapi masih ada jerawat yang muncul di wajah kamu.

Berbeda dengan jerawat pada remaja yang umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, penyebab muncul jerawat pada pria dewasa disebabkan oleh beberapa faktor, umumnya eksternal. Baca baik-baik nih, penyebabnya.

Stres

Pekerjaan yang menumpuk, masalah keuangan, hubungan yang memburuk dengan pasangan, dan masalah lainnya bisa menyebabkan kamu stres.

Ketika stres, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon stres bernama kortisol dan menyalurkannya keluar dari dalam tubuh dalam bentuk jerawat untuk membantu tubuh mengatasi stres.

Stres juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat yang paling umum ditemui.

Kurang menjaga kebersihan

Men, kalau kamu malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, ya wajar lah kalau jerawat muncul di wajah.

Kotoran, debu, dan minyak yang menumpuk di wajah akan menyebabkan pori-pori tersumbat, yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Makanan manis

Kamu hobi mengonsumsi makanan manis yang tinggi gula? Kalau gitu, siap-siap aja jerawatan! Soalnya, makanan penyebab timbulnya jerawat adalah yang banyak mengandung gula karena dapat memicu insulin dalam tubuh.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa insulin dapat meningkatkan hormon pria yang memicu tingginya produksi minyak di kulit wajah, berisiko membuat wajah kamu jerawatan.

Terbakar matahari

Pria umumnya malas menggunakan tabir surya, padahal ini sangat penting. Paparan sinar UV dari matahari secara terus-menerus bisa memicu kelenjar minyak di kulit memproduksi minyak berlebih yang berisiko menyumbat pori-pori.

Jika terkena bakteri, pori-pori bakal meradang dan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah kamu.

Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak teratur, mengonsumsi alkohol, merokok, dan kurang tidur bisa jadi penyebab jerawat muncul terus-menerus, Men.

Biasa mengonsumsi camilan di malam hari juga termasuk gaya hidup yang jadi penyebab munculnya jerawat.

Baca juga: 5 Makanan yang Menyebabkan Jerawat Sering Muncul

 

2. Cara Mencegah Jerawat Muncul

Kalau sedang meradang, jerawat di kulit wajah pria lebih sulit ditutupi dibanding di kulit wajah wanita.

Apalagi pria juga cenderung mengabaikan jerawat yang muncul di wajahnya, sehingga tak mau repot menggunakan obat atau melakukan perawatan.

Karenanya, hal yang paling penting adalah pencegahan dan juga menghindari penyebab timbulnya jerawat.

Simak baik-baik ya, Men, cara menghindari jerawat pada pria.

Bercukur

Bulu-bulu di wajah yang tidak dirawat bisa menjadi sarang kuman yang merupakan penyebab jerawat pada pria.

Selain itu, pisau cukur yang tidak bersih juga bisa membuat kotoran masuk ke kulit dan memicu iritasi.

Jika pisau cukur ternyata menimbulkan peradangan di kulit, kamu bisa beralih ke cukuran elektrik. Cukuran tipe ini lebih aman, terutama untuk kulit sensitif.

Konsumsi Omega-3

Mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 bisa membantu mengurangi peradangan jerawat dan mengontrol kadar minyak di kulit. Omega-3 bisa ditemukan di kacang-kacangan dan minyak ikan.

Jaga kebersihan

Men, mencuci muka secara teratur sangatlah penting dan tidak cukup hanya menggunakan air saja.

Pria juga perlu menggunakan facial cleanser tiap kali mencuci muka setiap pagi dan malam hari.

Fungsinya tidak hanya menyingkirkan kotoran setelah beraktivitas seharian, tapi juga mengangkat kulit mati dan kotoran lainnya yang menyumbat pori-pori.

Gunakan pelembap

Tau nggak kamu, salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kulit yang dehidrasi. Untuk menghindari hal ini, penting banget untuk menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

Menggunakan pelembap akan menghidrasi kulit dan mencegah kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih yang memicu munculnya jerawat.

Baca juga: Cara Mencegah Jerawat Timbul Kembali di Tempat yang Sama pada Wajah Pria

 

3. Cara Mengatasi Jerawat yang Terlanjur Muncul

Jika jerawat terlanjur muncul, nggak perlu panik, Men. Sekarang sudah ada berbagai cara untuk mengatasinya, kok, seperti menggunakan produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk merawat kulit wajah pria yang berjerawat, seperti rangkaian Garnier Men AcnoFight dari Garnier Indonesia.

Garnier Men AcnoFight memiliki krim serum, facial foam, obat jerawat, hingga masker yang bisa kamu gunakan untuk atasi jerawat.

Jika kulit wajah berminyak dan berjerawat parah, kamu bisa gunakan Garnier Men AcnoFight Anti-Acne Scrub in Foam untuk membersihkan wajah.

Sabun ini merupakan sabun wajah pertama dari Garnier untuk membantu mengurangi 12 tanda penyebab munculnya jerawat di kulit wajah pria, yaitu minyak berlebih, timbulnya jerawat, komedo, bintik hitam di pori-pori besar, noda jerawat, bekas jerawat, kulit kasar dan kering, kusam, tekstur tidak merata, dan warna tidak merata.

Garnier Men AcnoFight Anti-Acne Scrub in Foam mengandung herba repair dan purifying salycilic acid untuk membantu mengatasi masalah jerawat.

Gunakan sabun pembersih wajah ini saat mandi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Nah, kalau jerawatnya masih ringan, bersihkan wajah menggunakan Garnier Men AcnoFight Wasabi Anti-Bacteria Whitening Foam.

Kandungan wasabi-nya melawan bakteri penyebab munculnya jerawat, sementara Salicylic Acid membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Pembersih wajah ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, terutama jika ingin mencerahkan kulit wajah.

Kalau jerawat muncul pada saat yang nggak tepat, misalnya saat mau nge-date bareng pacar, kamu bisa atasi dengan Garnier Men AcnoFight Acne Gel.

Mengandung 2% Salicylic Acid yang melawan kuman penyebab jerawat dengan cepat. Cuma dua jam saja setelah dioleskan, jerawat akan mengempis tanpa rasa perih karena gel ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap.

Setelah tau penyebab munculnya jerawat, saatnya kamu beraksi membasminya! Garnier Men AcnoFight Anti-Acne Scrub in Foam dan rangkaian produk Garnier Men AcnoFight lainnya bisa kamu dapatkan di situs resmi Garnier Indonesia atau di e-commerce/marketplace, pusat perbelanjaan, supermarket, mini market, dan drugstore terdekat.

Produk Terkait