Cantik alami Cantik alami

Cara Merawat Wajah Agar Tampil Cantik Alami Apalagi Tanpa Makeup

Senang banget pasti kalau kamu bisa tampil percaya diri dengan kulit wajah yang terlihat cantik alami walau tanpa pakai makeup. Kamu bisa selfie dan langsung upload di social media deh, dengan #bareface.

Namun kondisi lingkungan saat ini yang tidak bersahabat dengan kulit wajah, ditambah gaya hidup yang cenderung tidak sehat, membuat sulit banget untuk dapat wajah impian ini. Kuncinya ada di cara merawat wajah yang tepat.

Kulit wajah yang cantik alami ditandai dengan kondisinya yang lembap, cerah, bening merona, serta terbebas dari permasalahan kulit.

Nah, biar wajah bisa terlihat cantik tanpa makeup, ikuti tips cara merawat wajah berikut ini.

 

1. Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Pasti kamu pernah mengalami rasa malas menghapus makeup dan membersihkan wajah sebelum tidur.

Padahal membersihkan wajah penting sekali lho, sebagai cara merawat wajah untuk mendapat kulit cantik alami, karena kotoran, sisa makeup, dan minyak yang menempel di kulit dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan timbulnya iritasi kulit, komedo, dan jerawat.

Untuk cara merawat wajah yang praktis, gunakan micellar water untuk membersihkan kotoran, sisa makeup, dan minyak, seperti Garnier Micellar Cleansing Water.

Pembersih all-in-one ini membantu mengangkat semua kotoran dan sisa makeup ringan tanpa membuat kulit iritasi karena formulanya seringan air.

Untuk makeup waterproof, kamu bisa gunakan Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water yang mengandung minyak argan untuk membersihkan dan menutrisi wajah.

Setelahnya, gunakan facial cleanser yang fokus membersihkan dan merawat kulit wajahmu.

Garnier Sakura White Pinkish Glow Whip Foam bisa jadi pilihanmu karena dapat membersihkan kulit wajah secara menyeluruh sampai ke pori-pori dengan busa pembersih yang 50% lebih padat sehingga lebih lembut di kulit.

Kandungan Ekstrak Sakura dan Hyaluronic Serum membuat kulit tampak cerah merona juga lebih lembap, elastis, glowing, serta halus seperti kulit bayi setelah 3 hari pemakaian.

Baca juga: Tips Merawat Wajah Agar Tetap Cerah Selama Berlibur di Pantai

 

2. Merawat Wajah dengan Menjaga Kelembapan Kulit

Salah satu ciri wajah cantik alami dan sehat adalah terjaga kelembapannya. Karena itu, setelah wajah dibersikan pada pagi dan malam hari, cara merawat wajah selanjutnya adalah melembapkan kulit wajah.

Ada banyak manfaat yang didapat dengan rutin melembapkan kulit wajah, di antaranya adalah memperbaiki tekstur kulit dan skin barrier, serta mengontrol produksi minyak di kulit yang berminyak. Pilih pelembap yang sesuai jenis kulitmu, ya.

Untuk pelembap pagi hari, kamu bisa gunakan Garnier Sakura White Pinkish Radiance Whitening Cream.

Memiliki kandungan 5x ekstrak sakura dan Glowing Vitamin yang mencerahkan dan memberikan rona natural, menyamarkan pori dan noda hitam, menghaluskan, serta membuat kulit tampak glowing.

Sedangkan untuk malam hari ada Garnier Sakura White Pinkish Radiance Sleeping Essence yang diperkaya dengan 2x ekstrak sakura, Vitamin B3, dan Vitamin CG yang mencerahkan dan menghasilkan rona natural di wajah serta membantu meregenerasi kulit pada malam hari.

Baca juga: Ini Cara Merawat Wajah agar Kulit Kenyal dan Lembap Terhidrasi

 

3. Lindungi Kulit dari Sinar UV dan Polusi

Salah satu kunci cara merawat wajah adalah melindunginya dari faktor eksternal, termasuk dari efek buruk sinar UV dan polusi yang dapat merusak kulit.

Kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan dapat menggelap dan memicu munculnya flek hitam.

Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV saat beraktivitas di luar ruangan dan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin untuk menangkal efek buruk polusi.

Nah, ada untungnya kamu menggunakan Garnier Sakura White Pinkish Radiance Whitening Cream karena dilengkapi juga dengan SPF 21 dan PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UV dan polusi. Praktis, kan?

 

4. Memiliki Rutinitas Perawatan Wajah Mingguan

Selain rutin merawat wajah setiap hari, kamu juga dapat menambahkan rutinitas perawatan wajah yang dilakukan 2-3 kali seminggu sebagai cara merawat wajah, di antaranya adalah:

  • Memijat wajah untuk melancarkan peredaran darah dan membuat produk skincare lebih maksimal terserap ke dalam kulit. Kamu dapat menggunakan jari, facial brush, atau face roller yang sedang trend saat ini.
  • Eksfoliasi untuk mengangkat tumpukan kotoran dan sel kulit mati yang dapat menimbulkan masalah kulit seperti kulit yang tampak kusam serta jerawat.
  • Menggunakan masker wajah sesuai kebutuhan wajahmu, bisa sheet mask, peel-off mask, atau clay mask. Lakukan pada malam hari (sebelum menggunakan pelembap) agar hasilnya maksimal.

 

5. Merawat Wajah dengan Menjaga Asupan Nutrisi

Agar selalu sehat dan terlihat cantik alami, kulit butuh asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral dari makanan.

Hal ini dikarenakan segala nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga akan berpengaruh ke kondisi kulitmu.

Ini bisa kamu dapatkan dengan banyak mengonsumsi makanan sumber vitamin dan mineral seperti tomat, jeruk, stroberi, bayam, tahu, ikan salmon, dan ikan tuna.

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan garam yang tinggi, berminyak, serta berlemak.

Tak hanya itu, mencukupi kebutuhan air putih setidaknya delapan gelas setiap hari juga jadi cara merawat wajah yang efektif.

Suplai cairan yang cukup membuat sel-sel kulit selalu lembap dan terhidrasi, sehingga kulit pun terjaga kelembapannya.

Kamu juga dapat rutin meminum teh hijau tanpa gula karena teh hijau kaya akan antioksidan yang berperan untuk regenerasi sel-sel kulit. Minumnya setelah makan ya, agar tak mengganggu pencernaan.

 

6. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga tak hanya membuat tubuhmu bugar, tapi juga jadi cara merawat wajah agar tetap sehat.

Ini karena ketika berolahraga, sirkulasi darah menjadi lancar dan juga mempercepat proses detoksifikasi pada tubuh yang membantu membersihkan pori-pori kulitmu.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat mendorong produksi kolagen yang sangat penting untuk mempertahankan kulitmu tetap elastis dan kencang.

 

7. Grooming Wajah Agar Tampil Menarik

Selain dengan merawat kulit wajah, kamu juga bisa tampil cantik tanpa makeup dengan cara grooming bagian-bagian wajahmu, seperti alis, bulu mata, dan bibir.

Wajah yang cantik dan menarik tentunya tidak lengkap tanpa bentuk alis yang sempurna, bukan?

Untuk merawatnya, pastikan untuk rutin menyikat alis agar bentuk alis terdefinisi dan tampak rapi meski tanpa bantuan pensil alis, lalu oleskan petroleum jelly tipis-tipis agar alis terlihat lebih lebat.

Untuk mendapatkan bulu mata yang lentik, kamu dapat menggunakan jepitan bulu mata tanpa bantuan maskara.

Sementara agar bibir tampak merah merona, kamu perlu rutin melakukan eksfoliasi menggunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati di bibir.

Jangan lupa untuk menggunakan lip balm setelah melakukan eksfoliasi agar bibir kamu tetap terjaga kelembapannya, ya.

Nah, mudah bukan cara merawat wajah agar mendapatkan kulit wajah yang cantik alami meski tanpa makeup?

Untuk mendapatkan Garnier Sakura White Pinkish Glow Whip Foam dan rangkaian produk Garnier lainnya, kamu bisa belanja di situs resmi Garnier Indonesia dan e-commerce/marketplace, atau bisa beli langsung di toko kosmetik, supermarket, minimarket, dan drugstore terdekat.