Yuk, Kenalan dengan Berbagai Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya Yuk, Kenalan dengan Berbagai Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Yuk, Kenalan dengan Berbagai Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Muncul jerawat di wajah jelas mengganggu penampilan. Meskipun jerawat tidak menimbulkan risiko serius bagi kesehatan secara keseluruhan, tapi tetap saja masih bisa menyakitkan. Belum lagi bekas jerawat yang muncul dan membuat kulit jadi kusam. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengenal lebih lanjut tentang seluk beluk penyebab dan jenis jerawat yang bisa timbul di wajah. 

Yuk, Kenalan dengan Berbagai Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Setiap orang memiliki jenis kulit, warna kulit, gaya hidup, serta riwayat genetik yang berbeda, dan ini membuat mustahil untuk mengatasi permasalahan kulit yang timbul hanya dengan satu cara yang cocok untuk semua orang. Agar kamu tidak salah dalam menanggulangi masalah jerawat di wajah, yuk simak penjelasan mengenai jenis jerawat dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit Anda tersumbat oleh minyak, kulit mati, dan bakteri. Selain itu, sejumlah faktor risiko yang dapat berkontribusi atau memperburuk jerawat, seperti, perubahan hormonal karena kehamilan atau pubertas, dan kondisi endokrin lainnya. 

Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, kurang tidur, dan makan yang tidak sehat juga jadi pemicu. Selain itu, pemilihan skincare dengan kandungan minyak yang tinggi serta adanya riwayat keluarga dengan jerawat. Alergi makanan tertentu juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Adanya banyak faktor yang memicu timbulnya ini juga menjadikan jenis jerawat dan cara mengatasinya ada beragam.

Kenali Tipe Jerawat untuk Perawatan yang Tepat

Kenali Tipe Jerawat untuk Perawatan yang Tepat

Jerawat biasanya dikaitkan dengan fluktuasi hormon yang dialami selama masa remaja, tetapi orang dewasa juga dapat mengalami jerawat. Karena ada banyak jenis jerawat dan cara mengatasinya, kamu harus bisa mengidentifikasi jerawat mana yang sedang kamu alami. 

Mengidentifikasi jenis jerawat yang kamu alami adalah kunci keberhasilan dari perawatannya. Jika sudah tahu jenis jerawat dan cara mengatasinya, memilih produk perawatannya pun akan lebih mudah.  Tipe-tipe jerawat bisa dikategorikan seperti di bawah ini.

1. Jerawat Papula 

Jerawat papula merupakan benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Tipe jerawat yang satu ini terjadi akibat penyumbatan tidak sampai ke permukaan kulit dan sel kulit mati terus menumpuk. Akibatnya, folikel rambut pun mengalami tekanan yang dapat menyebabkan dinding folikel pecah. Apabila hal tersebut terjadi, sebum dan bakteri yang terperangkap akan menyebar ke jaringan sekitar. Hal ini yang akhirnya memicu kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri pada jerawat papula

2. Jerawat Pastula

Jerawat pustula juga merupakan jenis jerawat yang terjadi akibat komedo yang meradang. Jerawat pustula biasanya muncul ditandai dengan benjolan dasar yang merah dan ujung kepala yang putih. Selain itu, isi jerawat pustula dipenuhi dengan nanah. Nanah tersebut menunjuk ke satu titik di kulit atasnya yang membentuk titik putih. Pustula dan papula sering muncul bersamaan dan berkumpul dalam jumlah yang banyak. Jika hal ini terjadi, berarti jerawatmu sudah naik menjadi jerawat inflamasi yang harus mendapat penanganan serius.

3. Jerawat Nodul

Jenis jerawat yang mengalami peradangan ini termasuk kategori kondisi yang serius. Pada dasarnya, penyebab jerawat yang satu ini sama seperti jerawat lainnya. Hanya saja, tipe jerawat ini terjadi akibat peradangan yang menembus hingga ke lapisan kulit lebih dalam. Akibatnya, pembentukan lesi yang lebih padat dan lebih besar pun terjadi. Bahkan, jerawat nodul disebut menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu.

4. Jerawat Batu

Jenis jerawat yang terjadi akibat penumpukan minyak dan sel kulit mati di jaringan kulit yang jauh di dalam folikel rambut. Jika peradangan di jaringan kulit terjadi, benjolan besar pun terbentuk. Ukuran jerawat yang bengkak dapat terus bertambah karena dipengaruhi oleh infeksi bakteri di lapisan teratas kulit. Akibatnya, jerawat batu tampak memerah, lebih besar, dan berisi nanah pula.  Jerawat batu juga menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Bila tidak segera ditangani, peradangan akan memecah pori-pori yang dapat menyebar ke jaringan kulit sekitarnya.

5. Jerawat Pasir

Jerawat pasir atau beruntusan merupakan jerawat bintik kecil yang belum berkembang. Jenis jerawat yang satu ini umumnya tidak terlalu terlihat, tetapi terasa ketika disentuh. Beruntusan dapat meliputi berbagai jenis jerawat, mulai dari pustula, komedo putih, dan papula. Penyebab utama jerawat pasir adalah iritasi kulit akibat tekanan pori-pori yang berlebihan, adanya panas, dan gesekan di kulit. Bila gesekan kulit terus terjadi, permukaannya menjadi kasar dan jerawat pun berkembang.

Cara Mencegah dan Merawat Kulit Berjerawat

Seperti yang telah dibahas di atas, jenis jerawat dan cara mengatasinya sangat bervariasi. Namun ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat dan membantu perawatan kulit berjerawatmu lebih maksimal. 

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Sepanjang hari, keringat, minyak, sebum, sel kulit mati, makeup, sunscreen, dan polutan lingkungan menumpuk di kulit. Kamu perlu menghilangkan lapisan kotoran dan sisa makeup ini untuk mencegah pori-pori tersumbat, yang dapat menyebabkan jerawat. Membersihkan dan merawat kulit Anda dua kali sehari adalah cara terbaik untuk menghilangkan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari. Selain itu, kamu juga harus menghindari sering menyentuh wajah dengan tangan dan pastikan tangan kamu sudah bersih jika memang harus menyentuh wajah.

2. Menerapkan Gaya Hidup sehat

Mengatur pola hidup sehat dengan cukup istirahat, olahraga dan konsumsi makanan sehat juga bisa membantu menyeimbangkan hormon dan mencegah munculnya jerawat.

3. Ganti Sarung Bantal Secara Berkala

Ini hal sepele yang bisa kamu lupakan, tapi menjaga kebersihan sarung bantal dengan rajin menggantinya adalah cara ampuh mencegah munculnya jerawat.

4. Memilih Skincare Tepat

Selain menjaga kebersihan wajah, kamu juga harus teliti dalam memilih produk skincare untuk berbagai jenis jerawat dan cara mengatasinya. Pilih produk dengan bahan yang lembut dan tidak membuat iritasi dan mengandung bahan aktif yang sesuai kebutuhan kulitmu. Jika masih bingung kamu juga bisa mencari tahu pilihan skincare yang tepat dengan mengikuti analisa wajah online dari Garnier Skin coach

5. Kesabaran

Satu lagi yang harus kamu ingat dalam merawat untuk berbagai jenis jerawat dan cara mengatasinya adalah kesabaran dan konsistensi. Ini penting karena tidak ada perawatan yang hasilnya instan.