makanan-penyebab-jerawat-yang-harus-dihindari makanan-penyebab-jerawat-yang-harus-dihindari

Jangan Tergoda, Ini 5 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

Setiap perempuan pasti pernah memimpikan kulit yang bersih dan bebas dari masalah jerawat. Wajah yang bersih dari jerawat bukan hanya menandakan keadaan kulit wajah yang terawat dengan baik, tetapi juga menandakan bahwa pemiliknya peduli akan kesehatan dan penampilan wajahnya.

Setiap perempuan pasti pernah memimpikan kulit yang bersih dan bebas dari masalah jerawat. Wajah yang bersih dari jerawat bukan hanya menandakan keadaan kulit wajah yang terawat dengan baik, tetapi juga menandakan bahwa pemiliknya peduli akan kesehatan dan penampilan wajahnya.
Bicara soal jerawat, ada banyak sekali faktor penyebab kemunculan jerawat. Bukan dari faktor kebersihan kulit, stres, atau produk skin care yang digunakan saja, tetapi faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga ikut berpengaruh. Apa saja makanan penyebab jerawat dan cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Mengonsumsi Makanan Mengandung Gluten
Makanan yang mengandung gluten tinggi seperti gandum, pasta, roti, sereal, dan tepung terigu berisiko menyebabkan masalah pencernaan, meningkatkan kadar gula darah, dan peradangan pada sebagian orang yang berakibat munculnya jerawat.
Hal ini didasari, bila mengonsumsi makanan yang mengandung gluten terlalu banyak membuat produksi minyak berlebih sehingga menyumbat pori dan menyebabkan bakteri muncul di kulit. Gluten adalah protein yang ada di bahan pangan seperti gandum, gandum hitam (rye), padi-padian dan serealia. Fungsi gluten untuk menjaga bentuk makanan dan bekerja sebagai lem agar makanan tetap menempel.

Mengonsumsi Makanan Berminyak dan Tinggi Garam
Kamu terbiasa mengonsumsi makanan berminyak dan mengandung garam tinggi setiap hari? Sebaiknya kurangi, atau bahkan hentikan, ya. Sebab dua makanan ini menjadi penyebab jerawat di kulit. Alasannya, makanan berminyak mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan minyak yang dihidrogenasi. Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk dalam sel tubuh dan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga memicu komedo dan jerawat.

Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Gula
Makanan manis memang disukai hampir semua orang, tapi bagaimana jika kandungan gulanya terlalu tinggi? Dampaknya bukan hanya bisa menyebabkan diabetes, tapi juga bisa menjadi penyebab jerawat.
Hal ini disebabkan karena kadar gula yang tinggi di makanan bisa menyebabkan peningkatan hormon yang akhirnya membuat jerawat muncul. Kandungan gula tinggi juga berpengaruh pada kerusakan serat elastin dan kolagen pada kulit sehingga membuat sel kulit mati dan kotoran menumpuk dan muncul jerawat.

Mengonsumsi Makanan Pedas
Kamu termasuk pencinta makanan pedas? Sayangnya tidak boleh makan terlalu banyak karena ternyata bisa menjadi penyebab jerawat. Kok bisa? Salah satu alasannya ketika menikmati makanan pedas, apalagi secara berlebihan, adalah bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Pencernaan yang terganggu akan berdampak pada kesehatan kulit, salah satunya menimbulkan jerawat.

Mengonsumsi Makanan yang Terbuat dari Susu
Asupan seperti keju, susu, dan makanan olahan susu sapi lainnya memang memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu jerawat. Hal ini disebabkan karena hormon yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut dapat memicu kelenjar minyak terus berproduksi sehingga jumlahnya berlebihan. Akibatnya, jerawat muncul.

Cara Mengatasi Jerawat
Itulah 5 makanan penyebab jerawat. Untuk mengatasinya, kendalikan nafsu makan dengan cara menghindari atau mengurangi konsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan di atas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan wajah yang bagus, salah satunya adalah Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel. Ini merupakan pembersih wajah khusus untuk wanita berkulit sensitif dan rentan berjerawat.
Produknya memiliki tekstur gel yang mampu membersihkan kotoran, tidak menyumbat pori-pori, mengurangi minyak berlebih, tampilan jerawat, dan kemerahan pada wajah. Di dalamnya ada kandungan Purifying Zinc dan ekstrak Witch Hazel yang melembutkan, dapat membersihkan wajah dengan lembut dan mengurangi minyak berlebih, kemerahan pada wajah, dan tampilan jerawat. Ada pula Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Serum Cream yang dapat mengurangi tampilan jerawat dan juga bekas jerawat. Krim serum ini memiliki formula tanpa minyak yang baik untuk kulit sensitif yang rentan berjerawat. Kandungan di dalamnya terdiri dari kombinasi Oil Control Zinc dan ekstrak Witch Hazel yang tak hanya melembutkan, tetapi juga dapat melembapkan kulit selama 24 jam.
Kedua produk dari rangkaian Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne di atas bisa segera kamu dapatkan di situs resmi http://www.garnier.co.id/ atau langsung kamu beli di toko-toko terdekat.

Produk Terkait